Sisi Terang
Sisi Terang

10+ Trik Bersih-Bersih Jadul yang Berguna Sampai Sekarang

Saat ini kita terbiasa mencari tips bermanfaat secara online guna membuat hidup kita lebih mudah, namun nenek kita dulu terbiasa menciptakan terobosan yang cerdik dan saling menyampaikan pengalamannya secara lisan. Terobosan ini bahkan masih berguna sampai hari ini!

Kami di Sisi Terang telah menguji sendiri saran nenek kami dan memilih cara mana yang benar-benar berhasil.

1. Memakai garam untuk bersih-bersih

Jauh lebih mudah membersihkan kompor setelah memasak jika kamu menaburkan garam tipis-tipis di sekeliling kompor. Garam akan mengangkat semua noda tetesan dan percikan di permukaan kompor. Saat kompor mulai dingin, kamu hanya perlu mengelap garam dengan lap basah tanpa harus menggosok apa pun. Di dunia modern, penyedot debu bahkan bisa menghisap garam lebih baik hanya dalam hitungan detik.

2. Mengasah pisau dengan cepat

Jika kamu tidak punya pengasah pisau, kamu bisa membuat pisau semakin tajam dengan menggosokkannya pada lingkaran menonjol di bagian bawah piring porselen biasa.

3. Mengupas wortel dengan cepat

Sangat mudah mengupas wortel dengan bantuan scrub logam. Hal ini mempercepat prosesnya dan sekaligus mengurangi terbuangnya lapisan wortel.

4. Membuat remah roti

Cara termudah membuat remah roti adalah dengan membekukan sepotong roti di dalam freezer dan memarutnya.

5. Melindungi manikur

Untuk mencegah kukumu menembus sarung tangan karet serta merusak manikurmu, pastikan menaruh bola kapas di setiap jari sarung tangan karet sebelum memulai proses bersih-bersih.

6. Membersihkan telur yang pecah

Akan lebih mudah membersihkan telur yang pecah dari lantai jika kamu menaburkan garam di atas telur yang jatuh. Campuran garam tersebut akan kering dalam 5 menit dan akan lebih mudah disapu ke dalam pengki.

7. Mempertahankan cita rasa

Bawang putih tidak akan kering dan rasanya akan bertahan jika kamu menyimpannya di dalam kotak atau wadah yang dipenuhi garam kasar.

8. Melawan parasit

Menyimpan daun salam dalam mangkuk gula, kotak roti, kantong tepung, dan pot bunga akan menakuti semut, agas, dan serangga lainnya.

9. Mengeringkan pakaian wol dengan benar

Cara terbaik mengeringkan sweter wol adalah dengan memasukkan celana ketat dan mengeluarkan bagian pinggangnya melalui celah leher sweter dan kakinya melalui lengan sweter. Gantung di jemuran atau pengering udara seperti tampak pada gambar di atas. Ini akan mencegah sweter menjadi melar dan membantunya lebih cepat kering.

10. Memakai barang lama dengan cara baru

Jika kamu punya teko kecil yang sudah tua (boleh juga yang retak dan sudah dilem), kamu masih bisa memakainya. Misalnya, kamu bisa memasukkan tali atau benang ke dalam teko dan tarik bagian ujungnya melalui “hidung teko” kapan pun kamu butuh. Hal ini akan mencegah tali menjadi kusut sekaligus berada di tempat yang mudah dijangkau.

11. Mengurai simpul

Tuangkan sedikit bedak halus (talk) pada simpul tali sepatu yang sangat kusut. Ini akan membantu tali lebih mudah terurai.

Bisakah kamu mengingat kembali rekomendasi yang berfaedah dari nenekmu? Tolong beri tahu kami di kolom komentar!

Sisi Terang/Rumah/10+ Trik Bersih-Bersih Jadul yang Berguna Sampai Sekarang
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya