Sisi Terang
Sisi Terang

10+ Trik yang Bisa Membantu Rumahmu Beraroma Seperti Hotel Mewah

Setelah bersih-bersih, rumah kita terlihat seperti baru. Namun, setelah menghabiskan seluruh akhir pekan dengan bersih-bersih rumah, kita terkadang tidak bisa menyingkirkan perasaan bahwa rumah kita masih jauh dari sempurna. Penyebabnya mungkin berbagai aroma yang terserap ke dinding, perabot, dan peralatan rumah.

Kami di Sisi Terang menemukan banyak trik mudah yang akan membantumu menetralkan sumber utama aroma tidak sedap di rumah.

Rempah-rempah favoritmu bisa menjadi pengharum untuk sepatu.

Rak sepatu jelas bukan tempat yang harum. Sepatu, bot, dan sepatu kets sering kali mulai bau karena terkena keringat. Namun, jika menggunakan cengkih, kita bisa menyingkirkan masalah itu. Kamu hanya perlu meletakkan beberapa kantong, bisa terbuat dari saputangan, yang berisi rempah ini ke dalam masing-masing sepatu atau bot. Cengkih butuh beberapa jam untuk menyerap kelembapan berlebih dan menyebarkan aromanya ke dalam sepatu.

Lilin menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi.

Lilin di kamar mandi tidak hanya bisa menciptakan suasana nyaman, tapi juga menghilangkan bau tidak sedap. Dan tidak perlu menggunakan lilin beraroma untuk ini. Asap dari lilin tanpa aroma yang sedikit tercium bisa menghilangkan bau dengan ampuh juga. Itu sebabnya, menyalakan lilin saat menikmati aktivitas kebersihanmu bisa bermanfaat untukmu—tapi jangan lupa matikan lilinnya sebelum meninggalkan kamar mandi.

Pengharum mobil bisa menyingkirkan aroma kamar mandi yang tidak sedap.

Agar kamar mandimu harum, kamu bisa coba menggunakan pengharum mobil. Pengharum itu biasanya memiliki tali yang bisa kamu ikat ke kabin mobil. Kamu bisa mengikatkannya ke tempat sampah untuk menyamarkan aroma dari sampah.

Detergen pakaian akan menyegarkan udara di kamar mandi.

Satu lagi cara bagus untuk membuat kamar mandi harum adalah membuat pengharum sendiri. Letakkan beberapa kapas ke dalam mangkuk, tuangkan 2-3 sendok makan detergen cair ke dalam mangkuk itu, lalu simpan di sudut kamar mandi. Aromanya akan bertahan sampai 3 hari—setelah itu, pengharum buatanmu harus diganti.

Sekantong sabun bisa menghilangkan aroma apak di lemari.

Aroma apak di lemari disebabkan oleh kelembapan dan kurangnya ventilasi. Oleh karena itu, sebelum memasukkan baju ke lemari, kamu harus memastikan bajumu benar-benar kering. Selain itu, kamu juga bisa membuat lemarimu harum. Untuk melakukannya, bungkus sabun wangi dengan sehelai kain, lalu letakkan di dekat pakaian. Kamu bisa menggunakan kaus kaki bersih sebagai kantong untuk sabun itu.

Selain itu, coba ganti gantungan plastik dan kawat dengan gantungan kayu. Kamu bisa memilih gantungan dari kayu cedar yang bisa menyerap kelembapan berlebih dan memberikan aroma harum.

Kulit jeruk bisa membuat microwave harum.

Terkadang, setelah membuka pintu oven microwave, kita tidak jadi ingin memasukkan makanan ke sana. Sebaliknya, kita malah ingin menutup hidung dan menjauhinya karena aroma tidak sedap sering kali muncul di sana. Untungnya, masalah ini cukup mudah dibereskan.

Kamu hanya perlu mengambil kulit jeruk dan memanaskannya pada suhu rendah agar tidak gosong. Aroma tidak sedap akan hilang. Kamu bisa membuat ovenmu menjadi harum menggunakan cara yang sama.

Roti dan kentang memastikan aroma sedap di kulkas.

Kamu bisa membuat pengharum kulkas sendiri. Untuk melakukannya, ambil selembar roti, panggang sampai hangus, lalu haluskan. Tuangkan remah roti gosong ke dalam kantong kasa dan letakkan di rak bersama produk lain.

Kentang kupas dan potong juga bisa bantu menghilangkan bau tidak sedap di kulkas, dan berfungsi sebagai penyerap aroma. “Filter” kentang harus diganti 2-3 hari sekali.

Cuka dan apel akan bantu menghilangkan bau tidak sedap pada talenan.

Talenan kayu menyerap aroma makanan yang kita potong di atasnya. Untuk mencegah barang ini menjadi sumber aroma tidak sedap di dapur, coba gunakan cuka. Talenan harus dicuci dengan air panas dan sabun cuci piring, lalu lap dengan cuka dan bilas sampai bersih.

Apel bisa bantu menghilangkan aroma bawang putih yang membandel. Untuk melakukan ini, parut buahnya, ratakan di atas permukaan talenan, lalu diamkan selama 10 menit.

Pasta gigi dan koran mencegah bau tak sedap dari kotak makan plastik.

Banyak dari kita menggunakan kotak plastik untuk membawa makan siang, dan seiring waktu, kotak itu akan mulai berbau tidak sedap. Untuk mengatasi masalah ini, ambil spons dan cuci kotak itu dengan sedikit pasta gigi.

Kamu juga bisa menggunakan koran. Masukkan beberapa koran yang sudah diremas ke dalam kotak kering, tutup, lalu diamkan semalaman. Bau tidak sedap akan hilang.

Memanaskan spons di oven microwave bisa mencegah munculnya bau tidak sedap.

Bakteri berkembang biak dengan baik di tempat lembap. Jadi, spons cuci piring adalah tempat sempurna untuk perkembangbiakan bakteri. Itu sebabnya, seiring waktu, spons kita mulai berbau menjijikkan dan kita membuangnya.

Spons akan lebih awet jika dibersihkan setiap setelah mencuci piring. Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu menghangatkan spons basah di dalam microwave selama 1 menit. Cara ini menghilangkan bakteri sampai 99%. Artinya, spons tidak akan berbau tidak sedap untuk waktu lama.

Diffuser buatan sendiri untuk menghilangkan bau masakan

Aroma masakan memang sedap di hidung kita, tapi hanya saat kita lapar. Setelah makan, kita biasanya ingin menyingkirkan semua bau dapur yang ditangkap pengisap asap. Slow cooker dan soda kue akan membantu mengatasi masalah itu.

Kamu hanya perlu menuangkan beberapa sendok makan soda kue ke dalam mangkuk slow cooker dan menambahkan air. Setelahnya, tutup slow cooker dan nyalakan mode “panaskan”. Uap yang dikeluarkan oleh alat ini akan menghilangkan bau tidak sedap.

Lemon dan kentang akan mencegah aroma ikan menyebar ke seluruh rumah.

Meskipun kita sangat suka makan ikan, aromanya bukan sesuatu yang ingin kita hirup lama-lama. Sayangnya, memasak ikan berarti menyebarkan aroma tidak sedap ke seluruh dapur atau bahkan seluruh rumah.

Untuk meminimalkan bau ini, gosok ikan dengan air lemon sebelum memasaknya. Jika kamu harus menggorengnya di wajan, sebaiknya tambahkan beberapa potong kentang. Sayuran ini bisa menyerap sebagian bau.

Apa kamu tahu trik lain yang bisa bantu menghilangkan bau tidak sedap di rumah?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Sisi Terang/Rumah/10+ Trik yang Bisa Membantu Rumahmu Beraroma Seperti Hotel Mewah
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya