12 Benda yang Sudah Saatnya Dibuang atau Diganti Demi Kesehatanmu

Emosi kita memengaruhi jumlah barang yang kita miliki. Misalnya, sebuah penelitian telah menemukan kaitan antara rasa takut mengambil keputusan dan kecenderungan mengumpulkan barang. Tapi, meskipun kamu termasuk orang beruntung yang hanya memiliki benda-benda yang membuat bahagia, mengetahui kapan harus mengganti barang keseharian tertentu demi kesehatanmu adalah bagus.

Kami di Sisi Terang ingin membantu memastikan bahwa rumahmu aman, karena itulah kami telah menemukan ke-12 benda yang harus kamu buang ini.

1. Lampu-lampu dengan cahaya dingin

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Umum Amerika menyimpulkan bahwa memakai bohlam lampu pendar menyebabkan masalah penglihatan karena radiasi UV-nya. Ini menimbulkan berbagai penyakit mata, seperti katarak, pterigium, dan lain-lain. Untuk menghindarinya, kamu bisa memilih bohlam dengan cahaya lebih hangat atau pencahayaan spektrum penuh, yang menyerupai sinar matahari alami.

2. Wadah lensa

Kita seharusnya mengganti wadah lensa setelah pemakaian 3 bulan agar lensa nyaman dan aman dipakai. Di samping itu, para spesialis menyarankan untuk membersihkannya setelah tiap kali pemakaian dan menyimpan wadah lensa itu dalam keadaan terbuka dan kering.

3. Sabun antibakteri

Sabun antibakteri sering mengandung triklosan, bahan yang dipercaya bisa mengubah cara kerja hormon. Triklosan juga bisa berkontribusi terhadap makin tahannya bakteri terhadap antibiotik. Kinerja sabun biasa sama baiknya dalam melawan bakteri, jadi dianjurkan untuk memakai sabun biasa saja.

4. Lip gloss

Meskipun kecil kemungkinannya jenis produk ini menjadi lingkungan yang baik bagi pertumbuhan bakteri dibanding maskara atau alas bedak cair, tapi yang paling baik adalah tidak menyimpan produk riasan bibir lebih lama dari 6-12 bulan.

5. Talenan plastik

Talenan plastik lebih mudah dibersihkan dibanding yang kayu, itu sebabnya talenan plastik dianggap lebih aman. Tapi ternyata, bakteri jahat cenderung bersembunyi di celah-celah pada talenan plastik. Jadi, untuk menghindari keracunan makanan, lebih baik mengganti talenan yang retak-retak, lecet, atau terdapat noda yang susah dibersihkan.

6. Penyegar udara berbahaya

Banyak penyegar udara mengandung ftalat, bahan kimia yang bisa menyebabkan cacat lahir, kelainan hormonal, juga masalah reproduksi. Menurut sebuah penelitian, bahan kimia ini ditemukan dalam beberapa produk yang diiklankan sebagai bahan yang “seluruhnya alami.”

7. Filter air dalam kulkas

Jika kamu tidak mengganti filter kulkas pada waktunya, rasa air bisa menjadi tidak enak, kulkas bisa lebih cepat rusak, atau yang paling parah, bahan kimia berbahaya bisa mencemari airmu. Daya tahan suatu filter tergantung pada banyak faktor, jadi sebaiknya lihat petunjuk pemakaian kulkasmu.

8. Filter penyedot debu

Penyedot debu bisa cukup memperbaiki kualitas udara rumahmu, karena tidak hanya menangkap debu, tapi juga serbuk sari, cendawan, dan beberapa partikel lain. Tapi, agar penyedot debu bekerja dengan baik, kamu harus mengganti filternya dengan teratur. Frekuensinya tergantung pada jenis penyedot yang kamu miliki dan sesering apa kamu memakainya, tapi umumnya, harus diganti tiap 3-6 bulan.

9. Sisir rambut

Menurut para ahli, paling baik mengganti sisir rambut setelah pemakaian kurang lebih 6 bulan. Kalau kamu kurang teratur menggantinya, bulu-bulunya bisa patah atau bengkok, sehingga bisa merusak rambutmu.

Penting diingat bahwa kamu harus membersihkan sisir rambut secara teratur—tiap 2-3 minggu sekali atau bahkan lebih sering kalau kamu memakai banyak produk kosmetik rambut. Kalau tidak, timbunan dari produk kosmetik rambut, debu, dan berbagai partikel lain bisa berpindah ke rambut dan kulit kepala.

10. Wadah plastik

Terkadang, wadah plastik terbuat dari bahan kimia berbahaya yang bisa masuk ke dalam makananmu, lebih-lebih lagi kalau kamu masukkan ke dalam microwave. Mengonsumsi bahan-bahan kimia itu bisa menyebabkan gangguan metabolisme, berkurangnya fertilitas, dsb. Jadi sepertinya sudah saatnya menyingkirkan wadah-wadah plastik dan beralih ke wadah kaca.

11. Filter kepala shower

Filter kepala shower sangat bagus untuk menurunkan kadar logam berat, klorin, dan sedimen keras dalam air yang kamu gunakan, yang terutama penting bagi mereka yang berkulit sensitif. Agar bekerja dengan baik, kita tentu perlu menggantinya dengan teratur. Frekuensinya tergantung pada berapa banyak air yang kamu pakai, biasanya dianjurkan menggantinya sekali tiap 6 bulan.

12. Kasur

Kualitas kasur berdampak terhadap tidurmu. Di samping itu, kasur bisa mengakumulasi debu dan alergen, yang bisa memperparah gejala penderita asma, alergi, dan lebih banyak lagi. Daya tahan kasur terutama tergantung pada bahannya, misalnya, kasur innerspring bisa bertahan sampai 10 tahun, dan kasur memory foam 10 sampai 15 tahun.

Apa kamu punya barang di rumah yang seharusnya dibuang tapi kamu tidak pernah melakukannya?

Bagikan Artikel Ini