12 Hal Sederhana yang Bisa Mengubah Rumah Biasa Menjadi Istana

Tidak mudah mewujudkan kerapian dan kenyamanan seperti yang ditunjukkan pada banyak sampul majalah arsitektur dan interior. Meskipun dikelilingi barang-barang cantik dan bergaya, ada kalanya kita sering merasa ada yang salah dengan rumah kita. Rumah kita tampak lebih mirip gudang atau toko yang dipenuhi berbagai barang.

Sisi Terang mencari tahu kesalahan desain rumah apa saja yang menghalanginya untuk terlihat seindah surga.

1. Rak-rak terbuka yang berantakan

Rak terbuka memang tempat sempurna untuk menyimpan buku-buku dan berbagai hiasan berukuran kecil. Tetapi harus kita ingat bahwa tidak seharusnya rak-rak ini menjadi terlalu penuh dengan berbagai benda. Interior tampak lapang saat rak-rak bisa “bernapas lega” dan benda-benda di dalamnya diatur sedemikian rupa sehingga ada ruang di antara benda-benda tersebut.

2. Buku-buku lama

Hampir semua orang mencoba memamerkan setiap buku yang mereka miliki di rumah, tapi ini adalah kesalahan besar. Pertama, buku-buku bersampul tipis tidak seharusnya dipajang. Kedua, kamu harus mempertimbangkan untuk menyingkirkan buku-buku yang sudah usang.

Agar rak buku tampak seelegan yang ada di majalah, pastikan kamu tidak meletakkan buku-buku terlalu berdekatan satu sama lain atau memenuhi semua tempat kosong dalam rak dengan buku. Sebaiknya letakkan 2-3 tumpukan buku di satu rak dan sisakan ruang kosong untuk berbagai unsur dekorasi di antara tumpukan buku. Rak dianggap penuh kalau sudah terisi 80%.

3. Bantal sofa

Bantal-bantal hiasan adalah unsur dekorasi yang elegan, tapi hanya kalau dalam jumlah kecil. Kira-kira, jumlah yang sempurna adalah 2-3 buah untuk setiap ujung sofa. Selain itu, kalau kamu meletakkan setumpuk bantal di atas sofamu dan menatanya berderet, secara keseluruhan sofamu akan tampak aneh.

4. Perabotan yang diletakkan sepanjang dinding

Kalau setiap perabotan diletakkan sepanjang dinding, ruanganmu akan tampak sempit dan muncullah kesan berantakan. Agar rumah kita tampak rapi, lebih baik hindari cara klasik menempatkan perabotan seperti ini. Misalnya, meja di ruang makan atau ruang duduk akan tampak lebih baik jika diletakkan di tengah ruangan, bukan di sudut.

5. Foto dalam bingkai dan lukisan

Banyak foto dengan bingkai berbeda akan mengganggu kenyamanan karena membuat ruangan tampak tidak rapi. Memajang beberapa foto dengan bingkai serupa mungkin merupakan ide bagus, tapi sisanya harus disimpan dalam album foto. Lebih dari itu, foto dan lukisan juga harus diletakkan sedemikian rupa. Misalnya, komposisi foto yang diletakkan di dinding di atas furnitur akan tampak sangat manis.

Ada satu aturan lagi: semua lukisan dan foto dalam ruangan harus dipajang di satu tempat saja. Jika kamu memasang dua buah lukisan/foto di dekat pintu masuk dan meletakkan 4 foto lagi di atas meja, maka rumahmu akan tampak berantakan. Oh ya, kalau interiormu benuansa terang, memajang foto hitam putih adalah ide yang bagus. Dengan begitu, keberadaannya tidak akan mengalihkan perhatian tamu dari dekorasi utama ruangan.

6. Kabel

Jika kamu menyembunyikan semua kabel (kabel sambungan, TV, internet, dan charger), kamu akan terkejut betapa lebih rapinya tampilan rumahmu.

Pertama, kamu perlu memindahkan semua perabot dan menguraikan kabel yang ada dengan hati-hati. Setelah itu, kamu harus merapikan dan mengamankannya dengan klem khusus atau velcro. Lebih baik memakai klem/velcro yang berbeda warna untuk setiap kabel.

7. Perabotan besar

Ketika memilih perabot, kamu perlu mempertimbangkan ukuran ruangan di rumahmu. Barang yang terlalu besar atau kecil akan merusak suasana nyaman dan membuat rumahmu tampak berantakan atau justru tampak kosong. Seringnya, kamu hanya perlu memindahkan beberapa kursi berlengan besar atau meja mini dari ruanganmu agar tampak lebih rapi.

8. Tirai yang terlalu memakan tempat di jendela

Ada aturan bahwa tidak seharusnya terdapat lebih dari 2 tirai di jendelamu. Itu artinya, satu tirai ringan dari kain tulle dan tirai yang lebih berat di kedua sisi jendela sudah cukup. Tambahan seperti tirai tebal yang tergantung di bagian atas jendela, akan menghalangi sinar Matahari memasuki ruangan dan membuat jendela tampak terlalu besar. Rumah yang paling berantakan sekali pun akan tampak jauh lebih baik jika diterangi sinar Matahari.

9. Dekorasi berwarna gelap

Warna putih dan pastel akan selalu tampak lebih rapi dibanding warna gelap. Ruangan apa pun dengan banyak perabot kusam dan suram akan tampak lebih kotor daripada yang sebenarnya. Persepsi ini karena, menurut alam bawah sadar kita, makin putih suatu ruangan, makin bersih pula pandangan kita terhadap ruangan tersebut, dan sebaliknya.

Tentu, ini tidak berarti kita harus buru-buru mengecat semua dinding rumah kita dengan warna putih dan langsung membeli perabotan berwarna pastel. Kita bisa mengakalinya dengan menambahkan aksen terang pada ruangan berwarna gelap.

10. Penerangan yang tidak cukup

Terlalu banyak warna, sudut ruangan yang gelap, dan bayangan menambah kesan berantakan terhadap suatu ruangan. Jika ruanganmu kurang mendapat cahaya alami, maka kamu butuh penerangan buatan.

Ada beberapa trik desainer yang berguna:

  • Catlah langit-langit dengan warna putih. Dengan begini, ruangan bukan hanya akan tampak lebih bersih, tetapi juga akan tampak lebih luas.

  • Gunakan dinding dan langit-langit sebagai pemantul cahaya. Untuk itu, letakkan lampu di dekatnya sehingga cahaya akan mengarah ke dinding atau langit-langit.

  • Gantung 1 atau 2 cermin besar dengan bingkai tipis. Dengan begini, cahaya juga akan memantul dan cermin tidak akan tampak besar berkat bingkainya.

11. Motif

Perpaduan dari berbagai motif dalam desain jelas bukan ide yang bagus. Tren yang pernah populer di tahun ’90-an ini sekarang dianggap kuno. Alasannya, terlalu banyak motif di satu tempat menimbulkan kesan berantakan. Kadang, untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mengganti 2 bantal sofa yang cerah mencolok dengan yang berwarna solid. Cobalah sendiri dan akan kamu lihat bagaimana perubahannya.

12. Perabot yang rendah

Biasanya, ada lebih sedikit barang di ruangan yang besar dibanding ruangan yang kecil. Agar ruangan tampak lebih besar, perabot yang berada di sepanjang dinding atau menempel pada dinding (seperti lemari dapur) ukurannya harus setinggi langit-langit. Kalau tidak, dinding akan tampak terpotong dan terlihat pendek.

Kamu juga harus secara khusus memperhatikan tirai. Desainer menganjurkan untuk memasang tirai setinggi, sepanjang, dan selebar mungkin. Itu sebabnya lebih baik tidak hanya memasangnya mengikuti lubang jendela, tapi beberapa sentimeter lebih lebar. Ini akan menimbulkan ilusi jendela yang lebih besar, yang pada akhirnya akan membuat ruangan terkesan lebih lapang dan lebih rapi.

Apa kamu pernah mempunyai masalah rumah berantakan meskipun sudah dibersihkan secara berkala? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

Bagikan Artikel Ini