12 Kebiasaan Berbahaya yang Diam-Diam Mencemari Rumahmu

Secara umum, setiap orang mencoba membuat rumahnya terlihat seindah dan sewangi mungkin. Kita ingin semua ruangan bersih dan aman. Namun, meskipun sudah berupaya untuk melakukannya, ternyata kita menggunakan berbagai benda yang ternyata, alih-alih membantu, malah mencemari rumah.

Karena itu, di Sisi Terang, kami melakukan berbagai penelitian online untuk mencari tahu benda paling umum apa yang kita miliki di rumah yang berpotensi membahayakan kesehatan, dan kami menemukan beberapa solusi yang kami pikir akan bermanfaat.

1. Perapian dan tungku

Perapian dan tungku dapat mencemari udara di dalam rumah, yang bisa memengaruhi sistem pernapasan kita. Menurut ahli imunologi Sheila Cain, asap yang diproduksi dari tempat nyaman ini mengandung partikel yang bisa masuk ke mata dan paru-paru, yang akan mengakibatkan alergi, iritasi, batuk, dan bahkan bronkitis.

2. Kasur

Meskipun merupakan sahabat kita saat beristirahat, kasur juga menjadi jalur utama masuknya polusi ke dalam rumah tanpa kamu sadari. Selama proses produksinya, elemen tahan api ditambahkan ke kasur agar tidak mudah terbakar; artinya, kandungan bahan kimia di dalamnya sangat tinggi namun tanpa aroma, sehingga tidak banyak yang tahu bahwa mereka menghirup bahan ini selama beberapa jam sehari. Untuk menetralkan efek ini, dianjurkan menganginkan tempat tidurmu setiap pagi.

3. Pakaian yang dicuci kering (dry cleaning)

Membawa pakaian ke penatu untuk di-dry cleaning mungkin merupakan salah satu sensasi terbaik bagi orang yang suka pakaian bersih. Pasti lega sekali rasanya tidak perlu mencuci sendiri pakaian yang segunung. Namun, terlalu sering menggunakan layanan ini bisa membahayakan kesehatanmu. Zat yang disebut perchloroethylene, yang sangat berbahaya bagi kesehatan, digunakan selama proses pencucian, sehingga disarankan untuk menjemur pakaian yang baru di-dry cleaning sebelum menyimpannya di dalam lemari.

4. Produk perawatan pribadi

Semua losion, pasta gigi, sampo, deodoran, gel, dan produk kebersihan lain yang sering kita lihat dan gunakan setiap hari dibuat dengan bahan kimia dan pengawet dalam jumlah besar yang dapat memengaruhi rumah dan tubuh kita. Hal ideal yang perlu dilakukan adalah mengganti produk ini dengan produk yang lebih alami dan tidak mengandung bahan pengawet.

5. Karpet dan permadani

Elemen dekorasi ini sangat populer karena bisa mengubah ruangan mana pun menjadi ruangan yang elegan dan nyaman untuk ditinggali. Tapi siapa sangka, karpet dan permadani bisa sangat berbahaya jika tidak dibersihkan dengan baik. Karpet jenis tertentu bisa melepas gas beracun yang berbahaya dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, beberapa kuman dan kontaminan juga dapat ditemukan pada karpet, seperti: tungau debu, alergen dari kecoa, jamur, debu, dan lainnya.

6. Sikat gigi

Meskipun ini adalah benda penting dari ritual kebersihan sehari-hari, sikat gigi bisa jadi sarang kuman dan bakteri. Karena kondisinya yang selalu lembap, berada di kamar mandi, dan jarang diganti, benda ini adalah tempat yang sempurna untuk tumbuhnya kuman dan bakteri. Selain itu, tidak disarankan untuk menyimpan sikat gigi di kontainer tertutup. Sebaliknya, hal terbaik yang perlu dilakukan adalah selalu menyimpannya dalam posisi berdiri di dalam ruangan dengan ventilasi yang baik, sehingga akan tetap kering saat akan digunakan.

7. Pendingin ruangan

Kebanyakan orang menyalakan pendingin ruangan dan menutup semua jendela sehingga “udara dingin tidak bisa keluar dan udara panas tidak bisa masuk”. Hanya sedikit yang tahu bahwa hal ini sebenarnya bisa memberikan dampak negatif pada kualitas udara yang kamu hirup. Itu karena berada di dalam ruangan tertutup berarti kamu menghirup udara yang telah terkontaminasi terus menerus. Selain itu, membersihkan alat ini sangatlah penting, karena debu dan bakteri sering mengendap di pendingin ruangan dan terembus bersama udara yang keluar.

8. Dupa dan penyegar udara

Dupa, lilin beraroma, dan penyegar udara menghasilkan asap yang mengisi rumah dengan aroma yang menyenangkan. Kemudian, asap yang menutupi bau tidak sedap di rumahmu ini masuk ke paru-paru, dan bisa merusak tubuh. Menghirup bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat memicu memburuknya kondisi kesehatan, seperti asma, di masa yang akan datang.

9. Kosmetik

Rata-rata, wanita menggunakan 12 produk yang mengandung 168 komposisi unik setiap hari. Pria, sebaliknya, menggunakan 6 produk dengan 85 komposisi unik setiap hari. Meskipun studi yang mengeklaim hal ini memperhitungkan produk perawatan dan produk kecantikan, perlu diingat bahwa sebagian besar produk kecantikan mengandung bahan kimia yang kuat, seperti merkuri, yang dapat memicu penyakit berbahaya.

10. Insektisida dan pestisida

Tidak diragukan lagi bahwa salah satu hal yang paling mengganggu saat piknik di dekat kebun atau mungkin saat berjalan kaki di sekitar rumah adalah diganggu serangga. Namun, perlu diketahui bahwa produk industri yang digunakan untuk mengusir serangga mengandung bahan kimia yang sangat agresif, yang bisa saja terhirup manusia. Meskipun tidak memengaruhi kita secara langsung, bahan ini perlahan bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh.

11. Handuk

Keluar dari kamar mandi dan mengeringkan badan dengan handuk yang lembut dan bersih adalah salah satu hal paling menyenangkan dalam hidup. Tetapi, hanya beberapa orang yang tahu bahwa benda sehari-hari yang simpel ini biasanya penuh dengan kuman dan mungkin bahkan bakteri tinja. Karena selalu disimpan di dalam kamar mandi, handuk bisa saja lembap, atau terkena tungau dan mikroorganisme. Serpihan kulit mati, air liur, dan sekresi dari tubuh juga bisa menempel pada handuk. Idealnya, handuk harus dicuci secara rutin dan, jika memungkinkan, keringkan di bawah sinar matahari.

12. Sepatu

Sebagian besar orang pulang ke rumah setelah seharian bekerja dan tidak peduli jika mereka masuk rumah tanpa melepas sepatu. Ini berarti semua bakteri yang mungkin menempel dari jalanan ke sepatu kini menyebar di seluruh lantai rumah, tempat kamu lalu lalang tanpa alas kaki juga tempat anakmu merangkak. Jangan kaget jika bakteri tersebut kemudian menempel pada tubuhmu.

Meskipun sehari-hari kita sering menggunakan benda-benda di atas dan beberapa di antaranya tidak tergantikan, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mencari solusi yang dapat mengurangi dampak negatif dari benda-benda tersebut pada lingkungan sekitar kita. Berikut beberapa saran yang mungkin perlu dipertimbangkan:

  • Menjaga sirkulasi udara di semua area rumah.
  • Jangan menumpuk sampah.
  • Membersihkan debu dengan kain basah atau gunakan pembersih vakum.
  • Memanfaatkan tanaman sebagai pembersih udara alami di dalam rumah.

Tidak diragukan lagi, sering kali kitalah yang membuat rumah kita tercemar, dan itu hanya karena kita tidak menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan dari benda sehari-hari. Namun, setelah mengetahuinya, lebih baik mencegah daripada mengobati dan menghindari setiap masalah kesehatan yang bisa muncul karena salah menggunakan benda-benda di atas. Benda apa lagi yang menurutmu selama ini salah penggunaannya dan akhirnya malah mencemarkan ruangan di rumahmu?

Bagikan Artikel Ini