13 Hal di Rumahmu yang Akan Membuat Tamu Senang atau Terganggu

Apa kamu pernah mengalami situasi di mana akan ada tamu yang datang tapi rumahmu masih berantakan, sampai-sampai harus membersihkan rumah dengan buru-buru? Ini sangat melelahkan, berat, dan sering kali tidak ada seorang pun yang memperhatikan hasil kerja kerasmu. Sangat melelahkan untuk membersihkan rumah dengan cepat setelah seharian bekerja, menyambut tamu, dan berusaha untuk tidak kelelahan.

Para penulis di Sisi Terang pernah berada dalam situasi ini juga, sehingga membuat kami berpikir: apakah benar-benar penting untuk membersihkan seluruh rumah? Untuk mengetahui apa yang paling diperhatikan tamu saat berkunjung, kami telah membaca ratusan opini dan membuat daftar yang paling populer. (Peringatan spoiler: kamu tidak perlu mengepel lantai dan membersihkan semuanya). Dan di bagian bonusnya, ada 5 cara bersih-bersih dengan cepat dan mudah.

Pintu depan

Tampaknya pintu depan adalah hal yang paling dianggap tidak penting. Tidak ada yang pernah diajarkan untuk mengelap pintu depan. Tapi pintu adalah hal pertama yang dilihat tamu ketika mereka datang. Mereka bahkan belum masuk ke rumah, tapi sudah bisa merasakan kesan pertama.

Lebih baik bersihkan debu, noda, serta bekas telapak tangan, dan jangan abaikan keset di pintu masuk. Di sinilah sebagian besar kotoran berada, terutama jika cuaca hujan.

Rak sepatu

Tamumu sudah melihat pintu yang sangat bersih dan sekarang mereka berada di dalam. Hal pertama yang mereka lihat adalah lorong. Di sinilah kita meninggalkan kacamata hitam, kunci, tas, parfum, kwitansi, dan banyak sepatu yang bahkan dapat membingungkan tamu soal berapa jumlah orang yang sebenarnya tinggal di rumahmu.

Martha Stewart, yang terkenal di seluruh dunia karena rekomendasinya tentang penataan rumah, menyarankan untuk mengeluarkan semua barang ekstra dari lorong. Ini akan bantu menciptakan kesan yang baik, meskipun para tamu tidak akan banyak menghabiskan waktu di sini..

Bau tak sedap

Ini sangat penting dan rumit karena ketika seseorang berada di suatu tempat untuk waktu yang lama, dia mungkin tidak menyadari baunya. Kamu mungkin memperhatikan saat baru masuk ke rumah, kamu merasa tidak ada cukup udara untuk bernapas. Inilah yang akan dirasakan oleh tamumu.

  • Suatu kali, aku berada di lift dengan 4 gadis kecil. Mereka berusia sekitar 8 atau 9 tahun. Mereka berdebat tentang tempat yang akan mereka tuju. Salah satu dari mereka berkata, “Rumahku wangi,” lalu mereka pergi ke rumahnya. Menurutku itu adalah poin yang sangat bagus. Sulit untuk mendebatnya. © DarkEnergyinc / Pikabu

Keran dan wastafel

Kamar mandi adalah tempat lain di rumah yang membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Karena kita berada di rumah setiap hari, kita berhenti memperhatikan noda air di keran. Hanya butuh beberapa menit untuk membersihkan wastafel. Kamu bahkan bisa mengelap memakai tisu basah jika perlu bersih-bersih dengan cepat.

  • “Aku tidak pernah peduli dengan barang-barang yang tergeletak di sana-sini atau piring kotor. Tapi aku selalu memperhatikan seberapa bersih toilet dan kamar mandinya.”

Sabun

Ternyata, sabun sangat penting bagi banyak orang. Pertama-tama, lebih baik mengganti sabun yang lama dan sudah kecil dengan sabun batangan baru. Selain itu, jangan lupa dengan wadah sabun cair. Botolnya harus bersih dan menyenangkan untuk digunakan.

  • “Aku selalu memperhatikan kekacauan di kamar mandi: sisir yang penuh dengan rambut, sabun batangan lama, dan hal-hal lain semacamnya.”

Handuk

Mengganti handuk lama dengan yang baru hanya butuh beberapa detik. Dan tidak butuh waktu lama untuk menunjukkan kepada tamu handuk yang bisa mereka pakai. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, tapi banyak juga yang masih mengatakan bahwa handuk bersih dan baru dicuci sangat penting dalam hal kenyamanan bagi mereka.

  • “Aku sering melihat pakaian dikeringkan di kamar mandi dan beberapa handuk tergantung di dinding, tapi tidak tahu yang mana yang bisa kugunakan.”
  • “Aku sangat suka jika ada tisu dan dispenser sabun otomatis di kamar mandi. Sangat menyenangkan saat kamu datang ke rumah seseorang dan dia langsung memberitahumu di mana kamu bisa mencuci tangan dan letak kamar mandinya.”

Sisir

Ini hal lain yang sering diabaikan. Sisir tidak selalu memiliki tempat khusus. Terkadang kita perlu merapikan rambut tepat sebelum pergi, sebelum tidur, atau setelah mandi—jadi, sisir bisa diletakkan di mana saja. Yang penting bukanlah tempatnya, tapi kondisi sisirnya. Tidak boleh ada rambut, kotoran, atau debu yang menempel pada sisir.

  • “Rambutku panjang dan sebelumnya sisirku diletakkan sembarang, jadi aku tidak pernah bisa menemukannya. Tapi suatu kali, aku mengunjungi rumah teman dan melihat sisirnya dipenuhi rambut. Itu tampak sangat mengganggu, jadi sekarang aku selalu memastikan sisirku tidak pernah tergeletak begitu saja, terutama ketika seseorang akan datang ke rumahku.”

Meja dapur

Sering kali, dapur menjadi tempat pesta diadakan. Meja dapur adalah objek utamanya. Seharusnya tidak ada sesuatu yang tidak berguna tergeletak di atasnya dan permukaannya harus benar-benar bersih. Selain itu, jangan lupa soal kursi yang nyaman.

  • “Aku sangat tidak suka kalau harus duduk di sofa rendah atau kursi yang sangat keras.”

Gelas dan cangkir

Tidak peduli minuman apa yang kamu tawarkan kepada tamu, penting sekali untuk memastikan cangkir dan gelasnya bersih. Terkadang ada noda air pada gelas bening, bahkan setelah dicuci. Ini bisa membuat tamu kecewa. Mereka mungkin tidak akan bilang apa-apa, tapi mereka tidak akan suka.

Jadi, sebelum kamu menyajikan makanan dan minuman di meja, pastikan semuanya sangat bersih. Omong-omong, noda bekas air sangat mudah dibersihkan hanya dengan lap bersih, lho. Inilah yang dilakukan oleh para bartender di saloon dalam setiap film koboi.

  • Aku tidak suka gelas dengan noda air atau cangkir berpola yang berminyak. Selain itu, peralatan dapur yang berminyak juga tidak enak dilihat."

Cermin

Ini hal lain yang sangat mungkin terlewat. Cermin sangat mudah dibersihkan dari sidik jari dan percikan air dengan kain microfiber basah. Jangan lupa untuk memeriksa semua cermin yang kamu punya—yang ada di lorong dan di kamar mandi.

  • “Aku selalu memperhatikan cermin kotor di kamar mandi, tempat sampah, dan semua kekacauannya. Aku suka yang minimalis, misalnya kamar mandi yang terang dan bersih. Kalau rumahmu bersih, berarti pikiranmu juga jernih.”

Sofa

Di rumah yang memiliki anak-anak atau hewan peliharaan, sofa bisa jadi bukanlah tempat yang paling bersih. Untuk membuatnya lebih baik, pastikan kamu menggunakan penyedot debu dan singkirkan semua yang tidak seharusnya ada di sana. Penting untuk membersihkan remahan makanan, rambut, dan bulu anabulmu.

Rak buku

Rak buku, terutama yang terbuka, adalah tempat lain yang membutuhkan banyak perhatian. Untuk membersihkannya, bersihkan debu di tempat-tempat yang terlihat. Selain itu, singkirkan semua barang yang seharusnya tidak ada di rak ini, karena membuatnya terlihat semakin berantakan. Beberapa tamu memperhatikan buku-buku yang kamu miliki, jadi pastikan kamu menaruh semua buku terbaik di depan.

  • “Aku selalu memperhatikan apakah ada buku di rak dan melihat buku-bukunya jika ada. Kalau bertamu ke rumah teman, aku selalu memeriksa buku baru apa yang mereka punya. Aku bisa memahami seseorang dan minatnya berdasarkan buku yang dia baca.”

Detail kecil

Saat sedang menunggu tamu, kamu harus ingat bahwa beberapa hal kecil dapat merusak kesan keseluruhan rumahmu dan kamu sebagai pemiliknya. Tidak peduli apa gayamu, tidak boleh ada obat-obatan, barang-barang pribadi, kwitansi, kabel, atau cangkir yang berceceran.

  • Aku selalu memperhatikan banyak detail. Misalnya, ketika ada banyak magnet atau banyak barang di lemari es. Hal yang sama berlaku untuk wastafel kamar mandi yang dipenuhi berbagai botol dan krim. Aku merasa ini malah membuat wastafel terlihat sangat berantakan, meskipun sebenarnya tidak. Banyak pemilik rumah yang mengepel lantai sebelum tamu tiba. Aku tidak bisa melihat lantai yang kotor, karena penglihatanku buruk. Tapi aku bisa melihat barang-barang yang berantakan."

Bonus: 5 kiat berguna untuk membersihkan tempat tinggalmu sebelum tamu datang hanya dalam 15 menit

  1. Sembunyikan piring kotor di oven atau mesin pencuci piring. Masukkan saja semuanya ke dalam sebisa mungkin, bagaimana pun caranya. Tidak ada yang akan mengintip ke dalam.
  2. Tutup pintu kamar tidur. Pakaian dan tempat tidurmu yang belum dirapikan tidak akan terlihat.
  3. Barang-barang yang tergeletak di dalam rumah dapat dimasukkan ke keranjang cucian kosong. Bukan cuma baju kotormu, tapi semuanya. Pastikan saja kamu tidak lupa setelahnya.
  4. Spons melamin dapat menghilangkan banyak noda dalam hitungan detik. Ini akan berguna di kamar mandi dan pada permukaan apa pun yang tidak dicat.
  5. Untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur, ambil panci, campur 3 sendok makan cuka dengan segelas air, dan didihkan di oven. Cuka akan menyingkirkan semua bau di udara. Kemudian, tuangkan cairan ke dalam wastafel untuk mencegah bau dari saluran pembuangan. Bahkan kalau kamu memasak ikan sehari sebelumnya, tidak ada yang akan tahu.
  6. “Aku tidak akan peduli soal debu di furnitur, sarang laba-laba, atau pakaian yang tergeletak di mana-mana. Aku juga tidak peduli apakah tempat tidur seseorang dirapikan atau tidak. Yang kupedulikan adalah kotoran yang sepertinya sudah lama menempel. Bisa di sakelar lampu, kenop pintu, atau bahkan piring.”

Apa yang kamu perhatikan saat bertamu ke rumah orang?

Bagikan Artikel Ini