14 Benda yang Membuat Kamar Mandimu Tampak Berantakan

Hal pertama yang kita lakukan tiap pagi adalah pergi ke kamar mandi. Tapi keadaan tiap kamar mandi pasti berbeda. Kamu ingin berlama-lama dan menikmati waktu di satu kamar mandi, sedang di kamar mandi lain kamu akan berusaha segera menyelesaikan urusanmu dan keluar secepat mungkin. Semua ini ada kaitannya dengan suasana dan kebersihan kamar mandimu.

Di Sisi Terang, kami yakin kamar mandi adalah area terpenting dalam rumah. Karena itu, kami menyusun daftar benda-benda yang bisa membuat kamar mandi kita tampak berantakan dan menjadikan suasana hati siapa pun yang memakainya jadi kurang nyaman.

Rak sudut dari baja krom

Karena harganya yang murah, rak seperti ini banyak ditemukan di kamar mandi. Tapi di tempat berkadar kelembapan tinggi, karat cepat terbentuk karena lapisan kromnya bisa aus seiring waktu, hingga logamnya berkarat. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih rak dari kaca, stainless steel, atau kuningan yang tampak lebih mahal dan bergaya.

Produk-produk kecantikan yang disimpan di atas mesin cuci

Coba singkirkan semua benda yang tidak perlu dari mesin cuci, dan kamu akan terkejut dengan perubahan tampilan kamar mandimu. Berbagai bahan kimia rumah tangga dan produk kecantikan secara visual bisa membuat berantakan kamar mandi yang sudah sempit. Jadi, jangan lupa bersihkan “kekacauan” ini tepat pada waktunya.

Spons dapur alih-alih tempat sabun

Spons dapur tidak tampak indah dan jelas menambah rasa tidak nyaman saat mencuci tangan. Sabun menjadi lunak dan licin, dan sponsnya bisa menjadi penuh air sabun mirip lendir. Jika digunakan sementara memang tidak masalah, tapi untuk pemakaian permanen, lebih baik gunakan tempat sabun yang berkualitas dan bergaya.

Banyak rak dan permukaan lain yang terbuka

Ada banyak benda yang disimpan di kamar mandi, meskipun faktanya ruangan itu sudah begitu sempit. Tidak mengejutkan bahwa dalam ruangan terbatas seperti itu, kita mencoba memasukkan barang sebanyak mungkin untuk memenuhi semua permukaan yang kosong. Tapi botol-botol dan benda-benda kecil lain dengan bentuk berlainan menjadi tidak sedap dipandang. Jika memungkinkan, buatlah tempat penyimpanan yang nyaman, sembunyikan sebagian barang di balik pintu lemari, rapikan barang-barangmu tepat pada waktunya, dan singkirkan sampah tak berguna.

Jubah-jubah mandi yang bergelantungan di pintu

Kamar mandi adalah tempat dengan kadar kelembapan tinggi, jadi jubah-jubah mandimu yang tergantung di pintu bisa menjadi lingkungan ideal bagi pertumbuhan bakteri, hingga mengeluarkan bau tak sedap. Jubah mandi (juga handuk bersih) harus disimpan di bagian rumah yang lain.

Tumpukan kemasan tisu toilet

Kemasan tisu toilet yang terbuka dan robek hingga bisa dilihat semua orang takkan membuat kamar mandimu tampak bagus. Kalau kamu tidak punya tempat khusus untuk menyimpan tisu toilet, buang kemasannya dan simpan gulungan-gulungan tisu itu dalam wadah, keranjang, atau rak khusus. Ini akan tampak cukup indah.

Kain-kain lap bergelantungan di jemuran handuk atau ember

Tidak diragukan lagi, mengeringkan kain lap rumah tangga itu penting dan diperlukan, tapi menyimpannya secara permanen dengan cara ini bukan ide yang bagus. Setelah benar-benar kering, ingat, jauhkan kain lap dari pandangan dan simpan di lemari atau tempat terpisah.

Pemanas air besar di dinding

Pemanas air besar jelas tidak akan menambah kenyamanan bagi kamar mandimu. Meskipun alat ini diperlukan, letaknya harus tersembunyi. Bukan hanya menjadikan tempat tampak berantakan dan posisinya yang riskan menjulang di atas kepala, tapi juga memberi kesan kamu berada di bengkel atau ruang teknis lainnya. Kamu bisa menyediakan tempat tersendiri untuk pemanas dengan memakai kerai, ceruk, lemari dinding, atau struktur lain.

Cat retak atau berwarna kuning pada radiator

Radiator dari besi cor standar yang tertutup cat putih butuh lebih banyak perhatian. Periksa secara berkala untuk menemukan noda dan karat, bersihkan dari debu dan perbarui lapisan catnya. Sejalan dengan waktu, memang cat putih akan menjadi kekuningan karena suhu yang tinggi.

Sabun cair dalam kemasan aslinya

Melimpahnya botol warna-warni di wastafel bisa merusak pemandangan. Kami sarankan untuk menuang sabun cair ke dalam wadah khusus yang cocok dengan desain kamar mandimu. Dispenser dengan sensor otomatis juga pilihan bagus, karena tidak meninggalkan noda dan tampak sangat bergaya.

Spons mandi bergelantungan di keran

Lebih baik mencari tempat terpisah di dekat pancuran atau bak mandi untuk spons mandi dan loofah warna-warni. Misalnya, kamu bisa menggantungnya pada pengait atau menyimpannya dalam kontainer plastik atau di rak.

Unsur-unsur kreativitas

Menambahkan unsur kreatif pada desain kamar mandi cukup berisiko. Ada kemungkinan justru akan tampak konyol dan berseberangan dengan keseluruhan konsepnya. Stiker hias, lukisan, poster dan bunga tiruan—semua unsur ini hanya akan membuat kamar kecilmu tampak jorok.

Jika kamu masih ingin menambahkan sentuhan kreatif di kamar mandimu, coba ganti unsur dekoratif yang membosankan dengan yang cerah dan tidak biasa, atau tambahkan aksen cerah dalam bentuk mosaik atau ubin berwarna.

Karpet microfiber jenis high pile

Karpet ini tampak murah, menumpuk debu dan rambut, dan teraliri listrik. Karpet microfiber tidak tahan suhu tinggi, sehingga tidak bisa dikeringkan pada radiator, dan diletakkan di lantai yang hangat. Seiring waktu, bahan ini menjadi pipih, tidak lagi menyerap kelembapan, dan secara umum tampak tidak menyenangkan.

Gelas berisi sikat gigi

Mungkin kamu sudah lebih dari satu kali melihat noda hitam pada gagang sikat gigi. Ini adalah jamur yang terbentuk di bagian dasar gelas akibat kelembapan dan lendir yang terakumulasi. Gelas ini meninggalkan bekas pada wastafel yang harus dibersihkan dari waktu ke waktu dan juga harus dicuci dan didisinfeksi secara berkala. Tidak dianjurkan untuk meletakkan sikat gigi semua anggota keluarga dalam satu gelas. Alasannya, bakteri bisa dengan mudah berpindah dari satu sikat gigi ke sikat gigi yang lain ketika bersentuhan.

Apa hal pertama yang kamu perhatikan dalam kamar mandimu? Barang mana yang bisa merusak suasana hatimu? Beri tahu kami di kolom komentar, ya.

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini