15 Persembunyian di Rumahmu yang Tak Pernah Diperiksa Pencuri

Saat membobol rumah, perampok berniat mendapatkan barang berharga sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin. Karena alasan inilah, mereka mencari uang tunai, perhiasan, atau benda-benda yang ada di tempat yang sudah tidak asing lagi, seperti dalam laci kaus kaki atau vas, dan menurut ahli keamanan, benda-benda ini harus diamankan.

Sisi Terang ingin membantu menjaga barang-barang berhargamu di rumah agar tetap aman. Jadi, kami membagikan 15 persembunyian yang akan menipu pencuri. Mungkin kamu sudah memikirkan cara untuk melindungi barangmu, tapi ide-ide dalam artikel ini jelas tak akan membuang-buang waktu dan usahamu.

1. Buat wadah penyimpananmu sendiri.

Wadah mayones jelas tak mencurigakan. Kamu bisa membuat ’wadah mayones’ versimu sendiri, masukkan uangmu ke dalam kantong plastik kecil, lalu masukkan kantong tersebut ke dalam wadah. Tentu saja, kamu bisa mengecat wadah penyimpanan tersebut agar membuatnya terlihat lebih meyakinkan. Sungguh sangat ampuh!

2. Simpan uang di tanamanmu di luar rumah atau di pot tanaman.

Pencuri tak mau memeriksa bagian dalam tanaman di dalam dan di luar ruangan, terutama jika kamu punya banyak tanaman di rumah. Masukkan saja uangmu ke dalam botol atau kantong plastik, lalu kubur di bawah tanaman.

3. Gunakan kembali penyedot debu lamamu.

Daripada membuang penyedot debu lamamu, kamu bisa melepaskan kantongnya dan menggantinya dengan kantong plastik yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan tersembunyi yang sempurna. Kamu bisa menaruhnya di mana pun di rumah dan perampok pasti tak akan pernah berpikir untuk memeriksa bagian dalamnya.

4. Gunakan jam dinding.

Ya, jam dinding bisa menyembunyikan uang tunaimu! Pencuri tak akan masuk ke rumahmu dan curiga bahwa jam dinding biasa bisa menyembunyikan kejutan. Buka saja jam dindingmu, buat area penyimpanan untuk barang apa pun, lalu gantung kembali.

5. Gunakan bagian belakang laci.

Biasanya, pencuri akan memeriksa bagian dalam laci, tapi mereka tak akan berpikir untuk memeriksa bagian bawah atau belakang furnitur. Ambil amplop tempat kamu menyembunyikan semua surat berhargamu, lalu tempelkan di bagian belakang laci di rumahmu. Ini persembunyian yang sempurna!

6. Buat ruang untuk kaset VHS atau kartun VHS palsu.

Jelas, kini tak ada lagi yang menggunakan kaset VHS — pencuri pun tak akan meliriknya! Pastikan kamu menumpuk sejumlah kaset ini di rak buku dan selipkan uangmu di antara kaset-kaset itu.

7. Jangan buang sepatu lamamu.

Apa sepatumu memiliki sock liner yang bisa dilepas? Tentu saja pencuri tak akan mau melirik sepatu lama dan bau. Jadi, itu tempat yang bagus untuk menyembunyikan uang. Namun, jangan gunakan trik ini pada sepatu mahal. Jika tidak, mereka akan mengambilnya juga.

8. Ubah sedikit album foto keluargamu.

Ini satu lagi persembunyian yang bagus! Bagaimanapun, tak akan ada yang memeriksa album foto keluargamu — barang ini hanya akan dibuka-buka pada saat tertentu. Masukkan uang tunai ke sebuah tempat di samping beberapa foto keluarga dan selesai.

9. Gunakan saku jaket tebalmu.

Kamu bisa tetap menggunakan jaket tebal bahkan saat digantung di lemari. Lebih baik jika kamu menaruh barangmu di saku jaket yang tidak kamu pakai lagi. Dengan begitu, kamu tak akan membawa barang berharga secara tak sengaja saat cuaca dingin.

10. Beli stopkontak dinding palsu.

Ini ide yang menakjubkan untuk mengamankan perhiasan karena ini bisa jadi wadah tersembunyi yang memungkinkan kamu menyimpan barang. Pastikan saja stopkontak palsu ini tidak tersambung ke listrik.

11. Pertimbangkan pipa palsu.

Kamu bisa dengan mudah membuat PVC untuk menyembunyikan dokumen penting. Pipa ini akan berfungsi sebagai tempat menyembunyikan uang, dokumen, dan barang berharga lain di ruang bawah tanah. Pencuri tak akan berpikir untuk memeriksa bagian dalam pipa untuk mencuri barangmu.

12. Gunakan langit-langit.

Salah satu tempat terbaik untuk menyembunyikan barang adalah di atas langit-langit. Kamu bisa memasukkan barang berharga ke dalam sebuah wadah atau kantong plastik, lalu letakkan di langit-langit. Tak akan ada yang mencoba memeriksanya karena tinggi.

13. Gunakan bantal tersembunyi yang aman.

Awalnya dibeli untuk dekorasi, bantal ternyata bisa menyembunyikan barangmu dengan sangat aman. Pilih bantal yang tidak sayang kamu bongkar, keluarkan semua isiannya, dan masukkan barang-barangmu. Ketahuilah bahwa bantal tidak akan diperiksa perampok saat mereka melakukan aksinya di rumahmu.

14. Letakkan kardus sebanyak mungkin di garasi.

Cara terbaik untuk membuat bingung pencuri adalah memiliki banyak kardus berlabel, seperti kardus dengan label “peralatan dapur” atau “alat berkebun”. Kamu hanya perlu kardus yang terlihat biasa dan normal. Di dalam kardus-kardus itu, kamu bisa menyembunyikan barang-barangmu, entah itu di dalam kantong plastik atau masukkan saja langsung. Intinya adalah mengecoh perampok.

15. Manfaatkan kamar anak.

Kita mungkin setuju tak ada orang yang meninggalkan barang berharga di kamar anak, terutama jika kita tidak ingin barang itu rusak. Pencuri tahu barang berharga tak akan diletakkan di tempat berisiko. Jadi, mereka tak akan repot-repot memeriksa kamar anak. Coba simpan barang-barangmu di sana, tapi hati-hati, letakkan di tempat yang tak bisa digapai anakmu.

Kamu pernah menggunakan salah satu tempat ini untuk menyembunyikan barang-barang berhargamu? Mana yang lebih kamu sukai?

Kredit foto pratinjau john_tartufo/Reddit, Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini