15 Tanaman Hias yang Baik bagi Kesehatanmu

Formaldehid, karbon monoksida, trikloretilen dan amonia—rata-rata rumah memiliki racun berbahaya ini, begitu menurut penelitian Udara Bersih NASA. Untungnya, kita sebenarnya punya penolong bagus di rumah, yakni tanaman indoor yang bisa menyerap sampai 90% polutan dan bahan kimia ini.

Di Sisi Terang, kami yakin bahwa tanaman hias lebih dari sekadar dekorasi hijau. Inilah lima belas tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatanmu. Peringatan: kemungkinan kamu ingin langsung membeli semua tanaman hias ini setelah membaca artikel ini.

1. Melati

Melati berdampak besar terhadap kesehatan mentalmu karena kandungan bahan kimia yang mampu meredakan kecemasan, mengatasi suasana hati yang berubah-ubah, memperbaiki kualitas tidur, dan dalam jumlah besar bisa meningkatkan imunitas, bahkan libido.

2. Lili Paris

Lili Paris adalah pejuang hebat melawan formaldehid, karbon monoksida, dan kotoran udara lain—berbagai polutan ini dibawa oleh kantong kertas, kertas lilin, serbet, panel kayu lapis, dan serat-serat sintetis. Kalau kamu tidak begitu bertangan dingin, lili paris sangat pas untukmu, karena tidak butuh banyak perawatan.

3. Lili Perdamaian (Peace Lily)

Lili perdamaian sangat bagus untuk dekorasi rumah karena saat berbunga, bunga putihnya sangat cantik, tapi tidak hanya itu. Tanaman hias ini sangat baik untuk menyingkirkan polutan udara—menyerap amonia, formaldehid, dan membuat udara dalam ruangan menjadi lebih bersih. Tanaman ini juga menghasilkan polen dan aroma flora (harap berhati-hati kalau kamu alergi terhadap serbuk sari).

4. Lidah Mertua

Lidah mertua adalah tanaman hias yang sangat bagus untuk kamar tidur, karena diketahui bisa memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Lidah mertua menghilangkan semua toksin, termasuk trikloretilen, formaldehid, toluen, benzena, dan silen. Untuk mengoptimalkan proses pembersihan udara, mungkin kamu butuh lebih dari satu tanaman. Dianggap sebagai salah satu tanaman yang paling mudah perawatannya, lidah mertua suka sinar matahari tidak langsung.

5. Rosemary

Rosemary paling banyak dikenal sebagai herba yang bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Herba ini juga digunakan untuk meredakan nyeri otot dan meningkatkan sistem imun dan peredaran darah. Sebagai bonus, kamu bisa menggunakan daunnya yang segar dalam masakan.

6. Daun Ivy

Daun ivy membersihkan hingga 90% jamur di udara yang bisa memicu alergi dan membantu penderita asma bernapas lebih baik di malam hari serta membantu tidur lebih berkualitas. Harap diperhatikan bahwa ivy sangat beracun jika tertelan oleh hewan atau anak kecil.

7. Lavender

Lavender—sebagai tanaman atau produk dalam sachet—adalah penolong bagus dalam meredakan stres dan insomnia serta menenangkan kegugupan, kegelisahan, dan kecemasan, serta depresi.

8. Aloe Vera

Aloe vera terkenal karena efek penyembuhannya, menghaluskan dan melembapkan kulit yang iritasi, serta merawat kulit yang mengalami luka bakar, tersengat matahari, radang dingin, psoriasis, dan bahkan herpes mulut.

9. Sirih Gading

Sirih gading sangat bagus untuk menghilangkan bahan-bahan kimia seperti triklorometil dari udara—yang seringnya ditemukan dalam lem, cat, dan detergen. Sirih gading sangat tahan banting, jadi jika kamu tidak bertangan dingin, ini akan menjadi tanaman awal yang cocok bagimu.

10. Karet Kebo

Karet kebo cenderung tumbuh membesar, meskipun tidak begitu sulit perawatannya. Daun-daunnya yang lebar menyerap semua kotoran dari udara. Itu sebabnya, sebaiknya kamu tidak lupa mengelap debu dari daun-daunnya.

11. Nanas-nanasan

Nanas-nanasan menyerap sampai 90% bahan kimia berbahaya seperti benzena. Tempat terang dan banyak sinar matahari sempurna untuk tanaman ini.

12. Herbras

Baru-baru ini, NASA menyebut herbras sebagai tanaman terbaik untuk menghilangkan benzena dari udara dalam ruangan dan menghasilkan oksigen di malam hari. Tanaman ini membantu mereka yang menderita gangguan tidur, begitu menurut Institut Paru-Paru.

13. Paku Boston

Paku Boston disebut sebagai pelembap alami hebat. Tanaman ini membantu membersihkan udara dan melawan formaldehid serta toksin lain yang tidak diinginkan. Paku mudah ditanam dan lebih suka sinar matahari tidak langsung, cukup periksa tanahnya tiap hari untuk memastikan kelembapannya.

14. Azalea

Di samping bunganya yang warna-warni sangat indah, Azalea memperbaiki udara dalam ruangan dengan menyerap bahan-bahan kimia. Pastikan tetap melakukan misting pada azalea, sebab bunga ini menyukai lingkungan yang lembap.

15. Philodendron

Philodendron terkenal bisa menyaring bahan-bahan kimia seperti silen dan formaldehid dari udara. Tanaman ini suka area dengan sedikit cahaya dan tidak butuh banyak perawatan. Tapi bisa berbahaya jika tertelan oleh anak-anak kecil dan binatang.

Kamu punya salah satu tanaman yang kami sebutkan di rumahmu? Apa kamu tahu tanaman bermanfaat lain yang bisa ditambahkan ke dalam daftar ini? Kami akan senang mengetahuinya di kolom komentar!

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini