15 Tanaman Pembersih Udara yang Bisa Ditanam di Rumah jika Kamu Mengalami Alergi

Data statistik mengungkap lebih dari 50 juta orang bisa menderita satu jenis alergi dalam setahun, dan para peneliti sepakat bahwa polutan udara berperan besar dalam meningkatkan angka itu. Berbagai kandungan emisi yang dikeluarkan mobil dan kegiatan industri bisa memicu asma, rhinitis alergi, dan gangguan alergi lain baik pada orang dewasa maupun anak-anak di seluruh dunia. Kabar baiknya adalah ada cara-cara alami untuk melindungi kamu dan keluargamu dari gangguan ini.

Kami percaya kita semua perlu hidup di tempat aman, karena itu Sisi Terang mengumpulkan tanaman penyaring udara terbaik yang bisa kamu tanam di rumah untuk menyingkirkan alergi yang tidak diinginkan ini.

1. Bunga Peace Lily

Dengan daunnya yang berwarna hijau tua dan bunga berwarna putih, peace lily tidak hanya cantik, tapi juga terkenal karena kemampuannya membersihkan udara. Penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini bisa secara signifikan mengurangi polutan udara yang beracun dan menyebabkan alergi.

2. Dracaena marginata

Dracaena marginata, juga dikenal sebagai “pohon naga”, bisa tumbuh hingga setinggi 2 meter dan dapat bantu mengatasi paparan benzena yang semakin parah. Bahan kimia yang utamanya digunakan untuk memproduksi plastik, resin, dan serat sintetis ini dapat menyebabkan alergi kulit yang menimbulkan gatal-gatal serta ruam.

3. Aglaonema

Aglaonema atau Sri Rejeki adalah salah satu dari sedikit tanaman rekomendasi NASA yang mampu membersihkan udara yang kita hirup. Tanaman ini bisa membersihkan benzena dan formaldehida dari udara yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

4. Karet Kebo

Dinamai “karet” karena daunnya yang keras dan mirip plastik, Ficus elastica, nama asli tanaman ini, juga merupakan pembersih formaldehida. Udara yang terpapar senyawa kimia ini dilaporkan telah meningkatkan risiko asma pada anak-anak.

5. Janet Craig

Entah kamu menyebutnya Dracaena fragrans, Janet Craig, atau Sri Gading, kamu mungkin perlu menanam jenis tumbuhan ini di rumah jika menderita alergi. Tanaman ini bisa membersihkan udara dari toluena yang diketahui bisa memperparah asma, rhinitis alergi, dan dermatitis atopik.

6. Paku gunung

Sangat baik saat ditanam di tempat-tempat lembap, tanaman ini butuh sangat sedikit perawatan. Mantan ilmuwan riset NASA menyatakan, “Paku gunung adalah salah satu tanaman yang paling efektif untuk menghilangkan polutan di udara.”

7. Lidah mertua

Berkebalikan dengan tanaman sebelumnya, snake plant atau “lidah mertua” cenderung bisa subur di tempat-tempat kering. Tanaman ini juga bisa menghilangkan 4 dari 5 racun utama yang ada di udara.

8. Lidah buaya

Kamu mungkin akrab dengan lidah buaya atau aloe vera sebagai bahan yang digunakan dalam kosmetik atau untuk tujuan kesehatan, tapi tanaman ini punya manfaat tambahan lain. Lidah buaya juga bisa memurnikan udara dari benzena dan formaldehida.

9. Anthurium

Meletakkan anthurium di dalam rumahmu bisa benar-benar menambah sentuhan warna dalam ruangan, berkat bunga merah cerahnya yang lain dari yang lain. Tanaman ini juga bisa menyaring amonia di udara, bahan kimia yang bisa menyebabkan batuk serta iritasi hidung dan tenggorokan. Tapi, karena dilaporkan telah banyak kasus alergi terhadap tanaman ini, pastikan keberadaannya dalam rumahmu aman.

10. Palem kuning

Tanaman asli dari daerah subtropis dan tropis Amerika, palem kuning menjadi populer sebagai tanaman rumah di seluruh dunia. Tanaman ini bisa tumbuh sampai setinggi 6 meter dan biasanya digunakan sebagai dekorasi. Kabar baiknya adalah selain cantik, palem kuning bisa membersihkan udara dari trikloroetilen, senyawa kimia yang dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing.

11. Ficus

Juga dikenal sebagai beringin atau ara, ficus bisa ditanam sebagai pohon di luar rumah. Tapi jika kamu memilih untuk menambahkannya dalam interior rumah, ide terbaiknya adalah memilih versi mini yang mirip bonsai. NASA juga menambahkannya ke dalam daftar tanaman pembersih racun udara.

12. Krisan

Warna bunganya bisa sangat beraneka ragam. Meski sudah ada sejak ribuan tahun lalu, bunga krisan sekarang menjadi populer karena khasiatnya. Tanaman ini bisa menyaring trikloroetilen, amonia, formaldehida, dan zat-zat kimia lain dari udara.

13. Lili Paris

Lili Paris dianggap sebagai salah satu tanaman yang paling mudah ditanam di rumah, karena bisa bertahan dalam berbagai kondisi dan jarang sekali bermasalah. Di samping itu, penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini efektif untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan.

14. Herbras atau Gerbera

Jika kamu suka bunga dan menderita alergi, tanaman herbras, atau bisa juga disebut Barberton Daisy, bisa menjadi sahabat terbaikmu. Bunganya mekar dari musim panas hingga musim gugur, dan daun-daunnya bisa membersihkan 3 polutan udara yang berbahaya.

15. English Ivy

Jika kamu biarkan, tanaman rambat English Ivy bisa tumbuh subur hingga menjalar menutupi permukaan apa pun. Dan jika kamu memilih untuk menambahkan tanaman hijau ini di rumah, ia juga bisa bantu meringankan alergi terkait pernapasan, karena dapat menyaring berbagai racun di udara yang ada di dalam rumahmu.​

Tanaman apa saja yang kamu punya? Apakah tanaman pembersih udara atau bukan? Bagikan fotonya kepada kami di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini