5 Trik Soda Kue yang Bisa Kamu Gunakan untuk Merawat Kebun

Soda kue adalah salah satu produk kuat yang sering kali diabaikan di rumah: kita menggunakannya untuk bersih-bersih, untuk mensterilkan makanan, dan bahkan untuk keindahan, tapi ternyata kita juga bisa menggunakannya untuk merawat kebun kita.

Di Sisi Terang, kami mencari semua data berguna tentang manfaat mineral ini dalam melindungi kesehatan tanaman, dan kami ingin membagikan temuan kami denganmu.

1. Soda kue membasmi jamur dengan cara alami.

Bersama sabun dan air, soda kue bisa membantu mencegah infeksi jamur dalam jenis tanaman, semak, dan pohon buah tertentu. Menyemprot tanaman dengan campuran ini bisa mencegah penyebaran jamur. Tapi kamu perlu ingat, karena ini bahan alami, efeknya mungkin akan lebih lama terlihat daripada jika kamu menggunakan bahan kimia. Rekomendasi lain: amati reaksi tiap tanaman dengan baik-baik karena jika terlalu banyak disemprot, tanaman malah bisa rusak.

2. Soda kue mengurangi kemunculan kutu daun yang menyebalkan.

Kutu daun adalah salah satu hewan kecil yang jelas tidak kita inginkan di kebun kita. Kutu daun suka makan batang tanaman yang empuk, dan dalam prosesnya, mereka mengeluarkan zat lengket manis yang menarik semut dan menyebabkan munculnya jamur hitam. Jamur ini memengaruhi proses fotosintesis. Jadi, itu semacam penyakit untuk tanamanmu. Saat ini terjadi, tunas baru menjadi cacat dan tanaman kehilangan kekuatannya. Dengan menyemprot atau me-misting kebun dengan soda kue dan sabun, kita kemungkinan besar menjauhkan serangga ini dan menghindari rasa sakit melihat tanaman kita menderita.

3. Soda kue mengusir semut.

Seperti yang sebelumnya disebutkan, soda kue yang dicampur dengan sabun membantu membasmi kutu daun dan mencegah jamur tertentu agar tidak merusak tanaman. Jika kita menambahkan pupuk mineral lain yang lebih kuat pada perawatan ini, misalnya campuran Viçosa (yang pada dasarnya adalah campuran air, tembaga sulfat, seng sulfat, magnesium sulfat, asam borat, dan kalsium hidroksida) atau campuran Bordeaux (air, tembaga sulfat, dan kalsium hidroksida), kita juga bisa mengurangi kehadiran semut. Semut menjadi tak tertarik lagi untuk menyerbu kebun atau taman kita karena mereka tak akan bisa menemukan molase yang dihasilkan oleh kutu daun yang sangat disukai semut.

4. Soda kue bisa berguna saat mengukur kualitas tanah.

Para ahli tahu bahwa tanah yang sehat adalah tanah yang tidak terlalu asam atau basa karena semakin netral pH tanah, semakin kuat dan semakin bebas hama tanaman yang tumbuh nantinya.

Untuk mengetahui jenis tanah yang dimiliki kebunmu, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini:

  • Beli kubis merah/ungu, potong, lalu masukkan ke air suling mendidih.
  • Rendam selama 10 menit, lalu saring. Air ungu menandakan pH-nya netral.
  • Tuangkan air kubis ke dalam dua cangkir berbeda: dalam salah satu cangkir, tuangkan cuka (air akan berubah menjadi merah muda karena asam) dan di cangkir lain, tambahkan soda kue (air akan menjadi biru atau hijau karena basa). Ini adalah warna “kontrol”.
  • Dalam wadah berbeda, tuangkan sedikit air kubis dan satu atau dua sendok tanah yang ingin kamu uji. Tunggu 30 menit.

Jika airnya berubah menjadi warna merah muda, berarti tanahmu bersifat asam. Jika berubah menjadi biru atau hijau, berarti bersifat basa. Jika warnanya tetap ungu, kamu punya tanah sempurna!

5. Soda kue membantumu mendapat kompos lebih baik.

Sekarang, kamu tahu bahwa pH netral adalah yang terbaik untuk tanaman. Jadi, mari buat komposmu! Isi dengan semua ampas organik dari dapur: kardus, pecahan batu, tulang, sisa pemangkasan... Dan pastikan kamu membuat saluran udara yang baik. Ingat yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya tentang cara mengetahui kondisi tanah? Alat ini yang akan membantumu memulai kebun atau taman yang sehat.

Kamu tahu manfaat lain dari soda kue di kebun? Kami ingin mendengar pendapatmu!

Bagikan Artikel Ini