6 Tanaman Indoor yang Bisa Mengharumkan Tiap Ruang di Rumahmu

Menikmati rumah yang harum butuh biaya mahal kalau kamu memakai penyegar udara, karena penelitian telah menemukan bahwa kandungan bahan kimianya bisa membahayakan kesehatan kita dengan menurunkan fungsi paru-paru. Tapi bukan berarti kita tidak bisa memperbaiki aroma dalam rumah tanpa risiko—justru inilah salah satu hal yang bisa diberikan tanaman indoor.

Kami di Sisi Terang ingin kamu menikmati keharuman di rumah dengan aman, karena itulah kami menemukan 6 tanaman rumah keren yang bisa membantu dalam hal ini.

Hoya: aroma cokelat dan butterscotch

Juga disebut tanaman lilin atau bunga porselen, hoya berbau harum. Misalnya, banyak orang menemukan bahwa Hoya carnosa beraroma seperti cokelat atau vanila, dan bau Hoya kentiana mengingatkan mereka akan butterscotch. Tanaman ini tidak sulit perawatannya: bahkan cocok bagi pemula. Pastikan tanahnya selalu lembap dan hindari sinar matahari langsung pada daun-daunnya.

Geranium berdaun harum: aroma lemon

Tanaman ini mengeluarkan aroma bervariasi ketika kamu menyentuhnya. Dan variasi wanginya benar-benar mengesankan: geranium berdaun harum bisa beraroma lemon, cokelat, mawar, jahe, dan lebih banyak lagi. Tanaman ini butuh banyak sinar matahari dan tanah lembap untuk hidup.

Melati: beraroma wangi

Di samping bunga-bunga cantiknya yang putih berbentuk bintang, tanaman ini berbau harum, yang terutama sangat tercium di malam hari. Melati tumbuh lebih cepat kalau terpapar sinar matahari, jadi keluarkan tanaman ini dari waktu ke waktu dan letakkan di dekat jendela yang menghadap ke Selatan. Tambahan, usahakan tanah tetap lembap tapi tidak basah.

Oregano Kuba: aroma mint

Oregano Kuba yang terkadang juga disebut mint Meksiko, sebenarnya bukan oregano maupun mint. Ini tanaman indah berdaun mirip beledu yang bukan hanya dinikmati keharuman mint-nya saja, tapi bisa juga bisa dipakai dalam masakan, baik dalam keadaan segar maupun kering. Oregano Kuba paling baik tumbuh di dekat jendela yang banyak sinar matahari, dan disiram sekitar seminggu sekali.

Gardenia (bunga kaca piring): aroma bunga harum

Gardenia, atau bunga kaca piring, sebagai salah satu tanaman yang paling harum dengan aroma bunga yang nyata, memiliki tempat yang layak di hati banyak pekebun. Bunga putihnya sangat indah dan berdaun hijau mengilap, tapi perawatannya agak sulit. Di antara banyak kondisi yang dibutuhkan adalah kelembapan sedang, suhu agak dingin, dan banyak sinar matahari.

Lavender: keharuman flora dengan aroma pedas

Meskipun lavender bukan tanaman indoor yang sangat umum, menanamnya di rumah bisa membawa banyak manfaat. Bunganya yang ungu tampak sangat indah dan aroma yang dipancarkan sulit untuk tidak dihargai.

Di samping itu, tanaman ini sering dipakai dalam aromaterapi dan bisa membantu mengurangi stres. Meskipun merawatnya mungkin akan membuatmu stres kembali (karena bunga ini butuh banyak sinar matahari dan jumlah air yang pas), tapi masih sepadan dengan jerih payahnya.

Apa capaian terbesarmu sebagai pekebun? Ceritakan kepada kami tanaman indoor favoritmu!

Bagikan Artikel Ini