Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

6 Tanda Rumahmu Punya Masalah Listrik yang Perlu Kamu Perbaiki Secepatnya

1---
127

Riset telah menunjukkan bahwa kebanyakan rumah tidak mengikuti langkah-langkah keselamatan yang disarankan untuk mencegah korsleting listrik dan bahaya kebakaran. Masalah yang umum ditemukan biasanya terkait instalasi listrik yang buruk dan pengawasan yang kurang. Untungnya, ada beberapa tanda yang mudah dilihat dan dapat membantu kita mengatasi potensi masalah ini sebelum semuanya terlambat.

Sisi Terang sudah membuat daftar faktor-faktor berbahaya yang wajib kamu cari di rumah sekarang juga. Kalau menemukan salah satunya, pastikan kamu segera memperbaikinya.

1. Stopkontak listrik terasa hangat saat disentuh.

Beberapa alat elektronik mungkin terasa panas saat digunakan, tapi kalau stopkontaknya juga terasa panas, ini adalah pertanda yang buruk. Saat steker atau stopkontakmu longgar, lebih banyak daya harus melewati steker ke alat yang dituju, dan daya yang naik ini berubah menjadi panas terbuang, sehingga stopkontaknya memanas. Kalau di rumahmu ada stopkontak yang panas, segera lepaskan kabel dari stopkontak dan jangan pasang kembali sampai stopkontakmu diperbaiki.

2. Bola lampumu berkedip tanpa alasan.

Tenang, kamu tidak tinggal di rumah berhantu. Lampu berkedip bisa menjadi tanda koneksi listrik longgar. Untuk menemukan sumber masalahnya, periksalah berapa lampu yang mengalami masalah serupa. Kalau kamu hanya menemukan satu lampu rusak, masalahnya berarti ada pada kabel. Tapi kalau jumlah lampu berkedip di rumahmu lebih banyak, masalahnya mungkin sampai di sirkuit, dan kamu harus mengecek panel listrik atau sambungan rumah listrik di luar.

3. Stopkontakmu tidak terpasang ke dinding.

Selain terlihat berantakan, stopkontak longgar bisa sangat berbahaya. Jika tidak dipasang cukup kencang, kabelnya bisa mencuat keluar, menyebabkan percikan api, korsleting, dan bahkan menimbulkan risiko kebakaran.

4. Ada tikus di sekitar rumah.

Meski ukurannya kecil, tikus bisa menyulitkan banyak orang. Kalau tidak ingin kabel listrikmu bermasalah, wajar jika kamu tidak mengharapkan kehadiran tikus di sekitar rumah. Hewan pengerat kecil ini bisa menggerogoti sirkuit kabelmu dan menyebabkan potensi bahaya sengatan listrik atau percikan api.

5. Sambungan kabelmu terbuat dari aluminium.

Dahulu, aluminium sering digunakan di banyak sambungan kabel listrik, kemungkinan karena jumlah tembaga yang sedikit di pertangan tahun ’60-an. Tapi sebuah survei di Amerika Serikat menunjukkan bahwa jenis instalasi ini menjadi penyebab bahaya kebakaran di banyak rumah. Oksidasi aluminium bisa terlalu panas saat kabel dihubungkan ke sambungan listrik, stopkontak, dan perangkat lampu. Oleh karena itu, arus berlebih yang muncul dapat menyebabkan kebakaran.

6. Bau gosong di sekitar rumah.

Baik kamu mengkhawatirkan sirkuit listrik atau masakanmu yang tertinggal di kompor, bau gosong biasanya adalah pertanda yang buruk. Kabel tidak boleh memanas, apalagi berpotensi melelehkan penutup plastiknya, tapi jika ini terjadi, kamu harus segera mencari sumbernya demi mencegah potensi kebakaran.

Apa kamu pernah menemukan masalah seperti ini di rumah? Kamu tahu tanda-tanda lain yang mungkin menandakan adanya masalah listrik? Tuliskan di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau Unsplash.com
1---
127
Bagikan Artikel Ini