Sisi Terang
Sisi Terang

7 Opsi Kreatif untuk Kamu yang Ingin Mengganti Gorden Biasa dengan Sentuhan Unik

Hari demi hari, kita mencoba membuat rumah kita lebih nyaman dan menghabiskan banyak waktu serta energi untuk itu, dari membeli lemari dapur baru dan mengecat ulang dinding, sampai membeli aksesori kecil untuk nakasmu. Dan di luar sana, selalu ada berbagai alternatif untuk menata interior rumahmu. Misalnya, kamu sadar kamu lebih suka dinding yang dicat daripada diberi wallpaper, atau matras simpel di lantai lebih nyaman daripada kasur besar.

Di Sisi Terang, kami memperhatikan suatu elemen interior yang bisa kamu temukan di semua rumah, yakni gorden. Dan kami terdorong untuk mengetahui apa ada opsi lain selain gorden biasa. Jadi, kami mencari tahu di internet dan menemukan beberapa ide yang sangat kreatif. Di bagian bonus, kamu akan menemukan kiat bagus tentang cara membiarkan jendelamu tetap indah dipandang tanpa gorden sama sekali.

Terkadang, sebagian orang tidak bisa menggantung gorden biasa untuk berbagai alasan. Misalnya, karena alergi debu, dan gorden yang berat, biasanya, merupakan tempat berkumpulnya debu. Ada kalanya, gorden tidak sesuai dengan interiormu, atau kamu mungkin punya kucing yang suka naik-naik ke gorden berhargamu. Tapi baguslah ada banyak pengganti keren yang juga akan terlihat bagus di jendelamu, tapi masih memberimu privasi.

1. Jendela kaca patri

Tentu saja, tidak semua jendela bisa dibuat dengan kaca patri. Namun, jika memungkinkan, kenapa tidak menggunakannya? Pilihan ini sempurna untuk jendela kecil di sisi rumah yang tersorot matahari. Jendela kaca patri membuat interior terasa nyaman dan membuat ruangan terlihat lebih luas.

2. Tanaman

Solusi ini bagus untuk orang yang suka dikelilingi oleh segarnya tanaman di dalam ruangan. Tentu saja, hanya tanaman tahan panas yang cocok untuk ditempatkan di dekat jendela. Namun, bahkan tanaman terkuat pun mungkin tidak akan tahan disinari matahari langsung. Jadi, alternatif untuk gorden ini hanya akan cocok untuk jendela di sisi teduh rumahmu.

3. String lights

Siapa bilang kamu hanya bisa menghias jendela dengan string lights saat Natal? Sebenarnya, jendela yang dihias dengan lampu bisa memanjakan mata sepanjang tahun. Kamu bisa memilih warna, kecerahan, panjang, atau jumlah talinya sesuai seleramu.

4. Kasur kucing

Semua orang tahu kucing suka memanjat ke tempat tinggi dan tidur sambil berjemur. Jadi, kenapa tidak menggabungkan dua faktor ini dan memasang kasur jendela untuk anabulmu? Kamu bisa memiliki beberapa kasur, atau mungkin lebih, jika kamu punya lebih dari satu anabul. Tidak ada kata cukup untuk kasur kucing, ya ’kan? Kamu juga tidak perlu lagi memasang gorden karena jendelamu akan terlihat bagus dengan dekorasi fungsional ini.

5. Kaca buram atau film

Solusi ini bagus untuk orang yang jendelanya menghadap rumah tetangga, misalnya. Ini juga opsi bagus untuk kamar mandi. Pada tempat-tempat ini, gorden bukan pilihan yang tepat, dan ada cukup cahaya untuk menembus kaca buram agar ruangan cukup terang. Namun, kamu tidak akan bisa melihat sekelilingmu melalui kaca ini. Dan jika kamu tidak ingin mengambil risiko dan harus mengganti kaca, kamu bisa membeli kaca film yang bisa dipasang pada kaca jendela.

6. Film dekorasi

Ini cara mudah dan murah untuk menutup kaca tanpa menggunakan gorden. Kaca film memiliki berbagai bentuk, warna, dan ukuran—dari yang kecil dan paling sederhana, yang hanya akan menutupi bagian kecil jendela, sampai yang terang dan berukuran besar. Untuk kamar anak, gambarnya bisa karakter kartun. Untuk kamar mandi, polanya bisa netral. Dan saat kamu bosan dengan polanya, kamu bisa mengganti filmnya.

7. Gorden makrame

Sepertinya tipe hiasan jendela ini sama sekali tidak ketinggalan zaman. Jika alternatif ini cocok dengan interiormu, maka kami menyarankanmu untuk mencobanya karena sangat tidak adil hanya sedikit orang yang bisa mengagumi keindahan makrame di jendela mereka dewasa ini. Kamu bisa membeli gorden makrame yang sudah jadi atau kamu bisa membuatnya sendiri—sebagai alternatif yang lebih menarik.

Bonus: Ambang jendela lebar

Jika kamu suka duduk di dekat jendela dengan secangkir teh dan buku, maka opsi ini jelas cocok untukmu. Terkadang, ada baiknya mengambil risiko membiarkan jendela tanpa menutupnya dengan gorden. Kamu bisa membuat ambang jendela yang besar dan lebar, tempat kamu bisa duduk bahkan berbaring dengan nyaman. Solusi ini akan terlihat bagus di interiormu jika jendelamu cukup besar dan menghadap patio atau kebunmu.

Kamu punya gorden di rumah atau menggunakan opsi lainnya? Bagikan di kolom komentar, kami ingin dengar ceritamu.

Sisi Terang/Rumah/7 Opsi Kreatif untuk Kamu yang Ingin Mengganti Gorden Biasa dengan Sentuhan Unik
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya