Sisi Terang
Sisi Terang

8 Pohon Buah-buahan yang Bisa Kamu Tanam Sendiri dari Biji

Menurut Departemen Pertanian AS, semua orang dewasa harus mengonsumsi sekitar 1,5-2,5 cangkir buah tiap hari. Meski kini mudah membeli semua produk yang dibutuhkan di swalayan terdekat, menanam buah sendiri tetap jauh lebih sehat.

Sisi Terang menyusun daftar 8 pohon buah yang bisa dengan mudah kamu tanam dari biji buahmu sendiri langsung di balkon atau kebunmu.

8. Jeruk tangerine

Tangerine adalah tanaman selalu hijau yang tumbuh kira-kira sampai setinggi 3-5 m. Jika ingin menanam pohon tangerine sendiri, kamu harus mempertimbangkan tips-tips berikut ini:

  • Taruh pohon di tempat dengan penerangan baik, tapi tidak disinari Matahari langsung. Gunakan tanah dengan drainase bagus dan sering-seringlah disiram, tapi jangan sampai terlalu lembek.
  • Lebih baik memakai biji yang berasal dari buah segar, karena lebih tahan, dan tanam di musim semi atau panas.

Setelah tunasnya cukup besar, pindahkan ke pot yang lebih besar dengan media tanam baru.

Tangerine yang ditanam dari biji bisa butuh antara 4 sampai 7 tahun untuk berbunga dan berbuah. Pembungaan biasanya terjadi di musim semi dengan terbentuknya buah di musim panas dan matang di awal musim gugur.

7. Lemon

Kamu bisa menanam lemon dengan mudah dari biji dengan langsung menaruhnya dalam tanah dan mengikuti aturan sederhana ini:

  • Tanam 5-10 biji sekali semai untuk berjaga-jaga kalau sebagian enggak bertunas. Lebih baik memilih biji yang kelihatan gemuk dari lemon segar.
  • Jangan lupa pohon lemon suka air, jadi jaga kelembapan tanahnya dengan menyiramnya sekitar 2-3 kali seminggu.
  • Bibit lemon butuh sinar matahari 10-14 jam sehari, sedang pohon lemon dewasa butuh setidaknya 8 jam.
  • Ketika akar bisa dilihat melalui lubang drainase pot, saatnya memindahkan bibit ke dalam pot yang lebih besar.

Pohon bisa membutuhkan waktu sekitar 5 tahun untuk berbuah, dan dalam beberapa kasus, kamu harus menunggu sampai 15 tahun.

6. Alpukat

Sebelum menanam biji alpukat di dalam tanah, kamu harus menyiapkan bibitnya. Untuk itu, ambil 3-4 tusuk gigi dan gunakan untuk menyangga biji itu (ujung biji yang lebar di bawah) di atas segelas air. Air harus merendam sekitar 2,5 cm biji. Taruh gelas di tempat hangat dengan menghindari sinar matahari langsung selama 2-6 minggu sampai akar tumbuh.

  • Ketika menanam bibit, pastikan setengah dari biji terpapar udara.
  • Lebih baik menanam pohonmu antara bulan Maret sampai Juni.
  • Pohon alpukat paling baik tumbuh dengan kelembapan sedang dan harus disiram 2-3 kali seminggu.

Agar pohon menjadi cukup dewasa dan berbuah, tanaman ini butuh waktu antara 5-13 tahun. Jangan takut jika kamu lihat banyak bunga berjatuhan dari pohon, ini adalah proses alami.

5. Pir

Agar proses pengecambahan lebih mudah, lebih baik biji pirmu distratifikasi dulu. Untuk tujuan ini, masukkan biji-bijimu ke dalam kantong plastik berisi lumut lembap. Taruh kantong di kulkas dan simpan di sana selama 60-90 hari. Setelah itu, masukkan biji-biji itu ke dalam segelas air hangat selama 2 hari. Lalu, kamu bisa menanamnya di tanah dengan mengikuti rekomendasi berikut:

  • Pohon pir butuh tanah dengan drainase yang baik dan setidaknya 6 jam sinar Matahari. Ingat, bahwa makin banyak sinar Matahari yang didapat tanaman itu, makin banyak air yang dibutuhkannya.
  • Siram tanaman setidaknya sekali sepekan, lebih baik melakukannya di pagi atau malam hari.

Pohonmu butuh setidaknya 3 atau maksimal 10 tahun untuk berbuah. Petik buah pir ketika mulai berubah warna dan masih keras, buah akan menyelesaikan proses masaknya sendiri setelah itu.

4. Apel

Jika kamu ingin menanam pohon apel dari bijimu sendiri, ingat bahwa jenis pohon apelmu pada akhirnya mungkin tidak sama dengan apel yang bijinya kamu tanam. Juga jangan lupa bahwa pohonmu akan tumbuh sampai ketinggian maksimal kecuali kamu memilih jenis pohon yang kerdil. Inilah beberapa tips untuk meningkatkan peluang kesuksesanmu menanam apel:

  • Kumpulkan 2 jenis biji yang berbeda jika kamu ingin pohonmu berbuah. Taruh di atas kertas tisu lembap dalam kantong plastik yang bisa ditutup. Lalu simpan kantong di kulkas selama 70-80 hari.
  • Tanam kecambah apel di awal musim semi.
  • Taruh pot berisi biji-bijimu di ambang jendela hingga memperoleh cukup sinar matahari.
  • Ketika pohon apel masih rendah, maka harus disiram tiap 10-12 hari. Setelah tumbuh, kamu bisa menyiramnya lebih jarang.

Pohon-pohon yang ditanam dari biji mungkin butuh sekitar 8 sampai 10 tahun untuk berbuah.

3. Plum

Menanam pohon plum butuh beberapa persiapan awal dari pihakmu. Pertama, taruh biji buah plum di ambang jendela selama beberapa hari sampai kering, lalu gunakan alat pemecah biji keras untuk memperoleh bijinya. Setelah itu, ambil segelas air dan rendam bijimu semalam. Lalu ambil stoples berisi kompos, taruh biji di dalamnya dan tutup. Masukkan stoples ke dalam kulkas selama 6-8 minggu sampai tumbuh akarnya.

  • Tanam kecambah ke dalam media tanam yang terdiri dari 2 bagian tanah dan 1 bagian kompos.
  • Tanaman plum setidaknya butuh 6 jam sinar matahari langsung tiap hari.
  • Selama masa perkecambahan, jaga agar tanah agak lembap tapi jangan terlalu lembek.

Pohon plum-mu seharusnya mulai berbuah dalam 3-5 tahun.

2. Ceri

Agar bisa berbuah, biji ceri harus melalui periode stratifikasi. Untuk ini, taruh biji-biji kering dalam kontainer plastik kedap udara dan simpan dalam kulkas selama 10 minggu. Ketika tunasnya siap, tanam di tanah, sambil tetap mengingat rekomendasi berikut ini:

  • Tanaman ceri butuh banyak sinar Matahari dan sirkulasi udara yang baik; tanaman ini lebih suka tanah berpasir yang subur dengan drainase yang sangat baik.
  • Jaga agar tanah agak lembap dan siram tiap terasa kering.

Kamu harus menunggu selama sekitar 7-10 tahun untuk mencicipi buah hasil tanaman rumahmu sendiri.

1. Persik

Untuk melakukan stratifikasi biji persikmu, bungkus dalam tisu lembap dan taruh di kulkas selama 8 minggu. Setelah itu, kamu bisa menanamnya di tanah.

  • Untuk memudahkan proses stratifikasi, keluarkan biji dari cangkangnya dan taruh tiap biji di dalam kantong plastik terpisah. Juga lebih baik menanam lebih dari sebiji sekali semai, karena banyak di antara biji-biji itu mungkin tidak bertahan di tahun pertama.
  • Tanah harus dalam, berpasir, dan berkisar antara berpasir sampai lempung berpasir. Ingat bahwa drainase buruk pada media tanam bisa mematikan sistem akar dari pohon persik yang sedang tumbuh.
  • Pertahankan tanah agar lembap tapi tidak basah, atau, akan terjadi pembusukan. Pohonmu juga butuh banyak sinar matahari.

Pohonmu mungkin butuh waktu 3-5 tahun untuk berbuah.

Apa kamu pernah mencoba menanam pohon buah dari biji? Bagikan pengalamanmu dalam kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau depositphotos.com
Sisi Terang/Rumah/8 Pohon Buah-buahan yang Bisa Kamu Tanam Sendiri dari Biji
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya