Sisi Terang
Sisi Terang

8 Tanaman Hias Tangguh yang Bisa Bertahan dalam Cuaca Apa pun

Tanaman bisa membuat kita merasa sehat baik secara mental maupun secara fisik dan bisa menambah sentuhan kenyamanan bagi rumahmu. Akan tetapi, tidak banyak di antara kita yang bisa meluangkan cukup waktu untuk memberikan perawatan berkualitas bagi tanaman. Syukurlah, di luar sana, ada sejumlah tanaman yang cuma butuh sedikit perawatan. Jenis-jenis tanaman ini tahan hama, tidak terlalu terpengaruh oleh sinar matahari, dan tampilannya sempurna.

Sisi Terang akan memperkenalkan delapan sobat hijau yang mungkin akan menemukan tempat di rumahmu.

1. Philodendron erubescens

Meskipun tanaman ini dikenal sebagai “pink princess”, syarat pertumbuhannya bisa jauh dari kata mewah. Kamu tidak perlu sering menyiramnya karena tanaman hias ini tahan musim kering. Selain itu, tanaman ini juga sensitif terhadap sinar matahari sehingga aman menaruhnya di tempat dengan pencahayaan redup, yang tidak langsung terkena sinar matahari. Selain itu, kamu tidak harus berkeliling mencari obat karena Philodendron tahan hama dan penyakit.

2. Lili perdamaian

Tanaman ini adalah penggemar berat bahan organik. Jadi, kamu tidak perlu membeli pupuk mahal karena kamu bisa membuatnya sendiri. Lili perdamaian juga mudah dipindah pot dan tidak perlu memupuknya selama 6 bulan setelahnya. Bahkan, kamu tidak perlu memupuknya sejak awal. Yang menarik, lili perdamaian bisa tumbuh tanpa tanah juga, air saja cukup.

3. Dragon tree

Pohon ini bisa hidup selama berabad-abad dan juga merupakan salah satu tanaman termurah. Meskipun tidak butuh pemupukan, kamu tetap bisa menambahkan sedikit pupuk dua kali setahun—di musim panas dan musim semi. Akan tetapi, jangan berharap tanaman ini akan tumbuh dan berkembang dengan cepat, dragon tree bisa tetap menjadi batang tunggal selama sekitar 10-15 tahun. Setidaknya, aman kalau kamu secara tidak sengaja mengabaikannya, toh pohon itu akan tetap bertahan.

4. Asparaga

Tanaman yang selalu hijau ini harus disiram sekali saja dalam sepekan atau ketika lapisan atas tanahnya sudah sangat kering. Selain itu, asparaga adalah tanaman yang cepat tumbuh. Jadi, pastikan kamu sering memangkasnya. Jauhkan dari sinar matahari langsung. Jika tidak, tanah dan daun-daunnya akan mengering. Paku asparaga juga cuek terhadap pemindahan pot, tanaman ini bisa tetap berada di pot yang sama untuk jangka waktu yang lama dan tetap baik-baik saja.

5. Palem jari

Meskipun tanaman ini bisa bertahan menghadapi kekeringan sesekali, lebih baik kamu sering menyiramnya. Palem jari tidak butuh banyak dipangkas dan tanaman palem baru bisa diperbanyak dengan pembagian atau pemotongan batang. Sinar matahari penuh takkan membahayakannya meskipun daunnya akan berubah warna pada awalnya. Kemudian, daun yang terbakar akan hilang dan tanaman itu cuma akan menyesuaikan diri.

6. Cocor bebek dayung

Karena termasuk sukulen, tanaman ini lebih suka tanah kering. Ia memiliki risiko membusuk dan mati lebih tinggi jika tanahnya lembap. Pemindahan pot tidak direkomendasikan, sinar matahari tidak masalah dan cuma pemupukan minimal yang dibutuhkan di musim panas dan semi. Hal yang harus kamu ingat adalah terlalu banyak menyiramnya akan merusak tanaman—akar bisa membusuk dan kutu putih bisa muncul.

7. Pohon ara menangis

Tanaman hias ini tidak butuh tanah dengan nutrisi tinggi, hanya pastikan drainasenya bagus. Ara menangis tumbuh dengan cepat dan menjadi sangat besar di luar ruangan (tergantung jenis yang kamu miliki). Jangan pindahkan atau ganti pot tanaman ini karena akan menyebabkan daunnya berguguran. Akan tetapi, jika hal itu terjadi, tanaman ini bisa dengan cepat pulih seperti keadaan sebelumnya dalam beberapa minggu. Ara menangis menyukai suhu rata-rata di dalam rumah, tetapi pastikan posisinya jauh dari radiator panas dan unit AC.

8. Tanaman uang cina

Yang satu ini adalah tanaman tangguh yang biasa tumbuh di bebatuan pegunungan Asia Timur. Tanaman uang cina dianggap sebagai salah satu tanaman yang perawatannya mudah. Ia butuh banyak sinar matahari tidak langsung untuk pertumbuhan yang cepat. Tanaman ini juga sangat mudah diperbanyak—ia membentuk akar-akar dan menumbuhkan daun-daun baru dalam beberapa minggu.

Apa kamu tahu tanaman lain yang perawatannya mudah? Berapa tanaman yang kamu miliki di rumah?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com, Shutterstock.com
Sisi Terang/Rumah/8 Tanaman Hias Tangguh yang Bisa Bertahan dalam Cuaca Apa pun
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya