9 Barang di Rumah yang Bisa Menjadi Racun jika Salah Digunakan

Pemutih mungkin barang rumah berbahaya yang paling dikenal, tapi ada banyak barang lain yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Barang-barang yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari mungkin terbukti tidak sehat untuk kita, seperti pengharum ruangan dan printer laser.

Di Sisi Terang, kami membuat daftar produk rumah tangga yang bisa berbahaya dan tidak sehat jika digunakan dengan salah.

1. Foil aluminium

Barang rumah tangga yang berguna ini bisa memiliki dampak kesehatan buruk karena partikel aluminium bisa berpindah ke makananmu. Menurut sebuah penelitian, terutama saat kamu memasak makanan yang dibungkus foil aluminium, kamu bisa mengonsumsi kadar alum yang lebih tinggi daripada yang direkomendasikan.

Dampak kesehatan mengonsumsi terlalu banyak alum di dalam makananmu mungkin menyebabkan penyakit dan memperparah penyakit lain seperti penyakit Crohn. Dampak penggunaan foil aluminium bisa membuat hidupmu tidak nyaman dengan memperparah kondisi yang sudah ada.

2. Wajan antilengket

Alat dapur berguna ini menghemat banyak waktu kita saat dibersihkan, tapi wajan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Karena dilapisi polyfluoroalkyl chemicals (PFC), wajan bisa melepaskan gas dan zat kimia beracun saat dipanaskan.

Penelitian menemukan bahwa PFC bisa masuk ke makanan dari wajan antilengket, juga dari kemasan makanan. Sebenarnya, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa terdapat PFC dalam darah 98% populasi AS saat dites.

3. Pembersih saluran pembuangan dan oven

Karena diracik untuk menghilangkan kotoran dan sumbatan, pembersih saluran pembuangan dan oven bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Pembersih oven mengandung alkali korosif, yang artinya itu bisa menyebabkan luka bakar, masalah pernapasan, dan masih banyak lagi jika terhirup atau terkena kulit.

Pembersih saluran pembuangan juga memiliki risiko kesehatan jika terhirup, tertelan, atau jika terkena mata dan bisa menyebabkan keracunan karena pembersih ini mengandung belerang trioksida dan asam sulfat, bahan yang bisa sangat berbahaya untuk kesehatan.

4. Wadah plastik

Wadah plastik berguna untuk membawa makan siang ke kantor, tapi itu juga bisa menempelkan zat kimia berbahaya ke dalam makananmu jika kamu menggunakan microwave untuk memanaskannya. Zat kimia ini disebut BPA dan kita bisa saja mengonsumsinya dari plastik, seperti kotak dan botol plastik.

Memanaskan makanan dengan wadah plastik dalam microwave memungkinkan kamu mengonsumsi lebih banyak BPA, yang tampaknya menyebabkan masalah kesehatan serius seperti kanker, kemandulan, diabetes, dan obesitas.

5. Pengharum ruangan

Kita semua suka pengharum ruangan yang membuat kita semakin nyaman di rumah, entah itu untuk menutup bau dari hewan atau untuk menyegarkan rumah saat ada tamu. Namun, menurut beberapa penelitian, semprotan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Satu penelitian menyatakan bahwa pengharum ruangan bisa memengaruhi perkembangan reproduksi, dan penelitian lain mengatakan bahwa pengharum ruangan bisa menyebabkan migrain dan masalah pernapasan.

6. Kamper

Kamper sangat praktis untuk menjaga pakaian tetap segar dan terlindungi dari ngengat, tapi itu juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Kamper mengandung naftalena — yang menguap dan memberi aroma — dan juga bisa membahayakan sel darah merahmu.

Menghirup kamper bisa berbahaya dan menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti katarak dan komplikasi hati. Jika digunakan tidak benar, barang ini bisa buruk untuk kesehatanmu dan orang-orang rumah.

7. Printer laser

Mesin yang diperlukan di setiap kantor dan kebanyakan rumah ini sebenarnya bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu. Satu penelitian menyebutkan bahwa printer laser bisa melepaskan partikel ke udara, jumlahnya hampir sama dengan asap rokok. Karena sangat kecil, partikel itu bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang parah saat terhirup ke dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian, karena potensi risiko kesehatan printer laser, kamu harus meninggalkan ruangan dan membuka jendela saat mencetak dalam jumlah banyak.

8. Baterai

Baterai adalah benda yang kita punya dan butuhkan, tapi itu juga bisa membahayakan kesehatan kita jika salah digunakan. Ini karena banyak baterai dibuat dengan asam sulfat yang berbahaya untuk kulit jika bocor.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa baterai ion litium (yang kita gunakan di ponsel) bisa berbahaya jika rusak. Ini karena baterai tersebut melepaskan gas fluorida, yang berbahaya bagi kesehatan, terutama jika baterai terbakar.

9. Pemutih

Hampir semua rumah punya pemutih, zat kimia yang menjamin rumahmu bersih bersinar. Bahaya pemutih sudah banyak diketahui karena bisa menyebabkan luka bakar, kebutaan, dan masalah pernapasan. Sebuah penelitian juga mengatakan pemutih bisa menyebabkan gejala asma saat digunakan selagi bersih-bersih.

Untuk soal bersih-bersih, mencampur pemutih dengan produk kebersihan lain bisa sangat berbahaya karena menyebabkan reaksi kimia dengan uap dan gas berbahaya, seperti gas klorin.

Apa ada barang rumah tangga yang kamu hindari? Kamu menggunakan pengganti barang-barang yang kami sebutkan di sini? Jika begitu, kami ingin tahu barang apa yang kamu gunakan sebagai penggantinya.

Kredit foto pratinjau Science Photo Library / East News
Bagikan Artikel Ini