9 Barang yang Tidak Seharusnya Dibuang ke Saluran Pembuangan Air

Orang sering membuang sesuatu ke dalam lubang saluran pembuangan air tanpa memikirkan konsekuensinya. Apa kamu tahu barang-barang apa yang seharusnya tidak boleh dibuang ke sana? Kami anjurkan untuk membaca daftar ini dan mengingatnya untuk selamanya.

Dalam artikel ini, Sisi Terang akan menyampaikan barang-barang apa yang seharusnya tidak boleh kamu buang melalui lubang saluran pembuangan air dan konsekuensi yang mungkin akan ditimbulkannya jika kamu melakukannya.

Beras dan pasta

Pasta dan beras menyerap air seiring waktu dan menjadi jauh lebih besar daripada sebelumnya. Dan butuh waktu bagi kedua benda ini untuk larut dalam air, sehingga bisa menyebabkan saluran pembuangan air tersumbat.

Cangkang telur

Orang mengira kalau cangkang telur yang sudah dihancurkan menjadi kecil-kecil tidak akan menyumbat saluran, tapi itu tidak sepenuhnya benar. Pecahan cangkang telur yang kecil-kecil bisa saling menempel yang menghasilkan timbunan besar seiring waktu dan menyebabkan sumbatan.

Tepung

Bayangkan tepung dan air bercampur di dalam saluran pembuangan airmu dan membentuk campuran mirip lem. Campuran ini bisa menarik limbah lain dan membentuk sumbatan besar.

Obat-obatan

Sebagian orang mengira bahwa obat-obatan mudah larut dalam air, sehingga mereka membuangnya melalui lubang saluran pembuangan air. Pada kenyataannya, obat-obatan tidak larut dalam air, justru mencemarinya. Filter air memang bisa menyaring sebagian mikroorganisme, tapi tidak ada filter yang bisa membersihkan kontaminasi obat-obatan dari air.

Rambut

Rambut adalah salah satu alasan paling umum kenapa pipa-pipa saluran pembuangan air tersumbat di kamar mandi. Ini terutama berlaku kalau rambutmu panjang. Ketika memasuki saluran pembuangan air, rambut akan terjebak di dalamnya dan membentuk bola yang bekerja seperti jaring bagi limbah lain. Jadi, lain kali kalau kamu membersihkan rambut dari sisirmu, pastikan untuk membuangnya ke dalam bak sampah dan coba sisir rambutmu sebelum mandi. Ini akan mengurangi jumlah rambut yang masuk ke dalam saluran pembuangan air.

Stiker buah dan stoples

Meskipun stikernya sangat kecil, kamu harus membuangnya di bak sampah alih-alih melalui lubang pembuangan air. Dan stiker itu sendiri terbuat dari bahan yang butuh waktu yang sangat lama untuk terurai.

Limbah bangunan

Dari mana pun asal limbah bangunan itu, seharusnya tidak pernah kamu buang melalui lubang saluran pembuangan air. Ini juga berlaku bagi limbah yang sangat kecil dan bahkan puing-puing yang mirip serbuk. Bongkah-bongkah besar membentuk sumbatan dan yang kecil-kecil akhirnya bisa menempel di pinggiran saluran pembuangan air dan menimbulkan masalah yang lebih parah lagi.

Puntung rokok

Masalah dengan puntung rokok adalah karena filternya terbuat dari bahan sintetis yang menyerap air dan mengembang. Bagian terburuknya adalah filter ini tidak pernah larut dalam air. Puntung rokok juga mengandung berbagai bahan kimia berbahaya, seperti nikotin, yang bisa mencemari pasokan air.

Produk kewanitaan

Semua orang tahu bahwa benda ini didesain untuk menyerap kelembapan, sehingga bisa membesar secara dramatis dan menyebabkan sumbatan yang sangat parah.

Apa kamu pernah membuang salah satu bahan ini melalui lubang pembuangan air? Apa kamu terkejut oleh salah satu barang yang terdapat dalam daftar di atas? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah, ya!

Bagikan Artikel Ini