Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Sesering Apa Sebaiknya Kamu Mengganti 20 Barang di Rumahmu Ini

-1--
477

Kebanyakan orang menunggu sampai bagian dasar sisir mereka retak sebelum membeli yang baru, tapi sebenarnya sisir harus diganti setiap 6 bulan sampai 1 tahun, lho. Semua itu tergantung pada kualitas sisirmu, seberapa sering kamu memakainya, dan berapa banyak produk yang kamu pakai sebelum menyisir rambut. Seperti halnya sisir, banyak produk rumah tangga lain yang juga punya masa pakainya tersendiri, tapi cenderung kita abaikan.

Sisi Terang telah mencari tahu kapan sebaiknya kita mengganti 20 barang yang kita gunakan di rumah dengan yang baru, agar kita bisa mendapatkan manfaat maksimal dari barang-barang tersebut.

1. Alas yoga—setiap tahun

Mengganti alas yoga tergantung pada seberapa sering kamu memakainya, digunakan untuk apa, dan kualitas alas yoga tersebut. Sebenarnya, alas yoga bisa digunakan sampai aus, tapi biasanya alas ini bisa bertahan sampai kira-kira satu tahun. Adapun tanda-tanda bahwa kamu butuh alas yoga baru adalah saat alasnya menipis, muncul bau tak sedap, dan alas yoga menjadi licin saat digunakan.

2. Bra—setiap 6-9 bulan

Masa pakai bra berakhir ketika talinya mengendur, kainnya aus, dan kawatnya mengenai payudaramu. Tapi meskipun bra milikmu belum menunjukkan ciri-ciri tersebut, sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru setelah 6-9 bulan.

3. Sikat toilet—setiap 6 bulan

Sikat toilet harus dibersihkan sesering kamu membersihkan toiletmu dan diganti paling tidak setiap 6 bulan. Sikat toilet dari kayu mungkin sedikit lebih awet, tapi tetap harus diganti secara teratur.

4. Wadah lensa kontak—setiap 3 bulan

Wadah lensa kontak harus dibersihkan setelah setiap pemakaian dan dibiarkan terbuka agar kering di antara waktu pembersihan. Wadah ini juga harus diganti setiap 3 bulan.

5. Kasur—setiap 8-10 tahun

Meskipun tergantung pada tipe dan kualitas kasur yang kamu pakai, prinsipnya adalah membeli kasur baru setelah 8-10 tahun. Kamu mungkin juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti alergi, otot kaku di pagi hari, dan pegas yang berisik, untuk memutuskan apa kasurmu yang sekarang perlu diganti.

6. Filter shower—setiap 2-6 bulan

Seberapa sering kamu memakai shower, filter jenis apa yang kamu pakai, dan berapa orang yang memakainya, menentukan seberapa sering filter shower-mu harus diganti. Namun, secara umum, setidaknya filter shower harus diganti setelah 6 bulan atau setelah pemakaian air sebanyak ~37.850 liter.

7. Menstrual cup—setiap 6 bulan sampai 10 tahun

Cangkir menstruasi yang bisa dipakai berulang-ulang tetap harus dicuci dan dilap sampai bersih sebelum dipakai, serta dikosongkan paling tidak dua kali sehari. Alat ini cukup awet dan masa pakainya bisa mencapai 6 bulan sampai 10 tahun, tergantung merek yang kamu pakai.

8. Mesin cuci—setiap10 tahun

Rata-rata, mesin cuci dapat dipakai sampai 10 tahun. Tapi itu tergantung pada merek, seberapa sering digunakan dalam sehari, dan beban setiap pemakaian.

9. Keset kamar mandi—setiap 2 tahun

Keset kamar mandi seharusnya dicuci setiap dua minggu sekali. Tapi jika kamu berbagi kamar mandi dengan orang lain, maka keset harus dicuci setiap minggu. Selain itu, kamu tetap harus menggantinya, dan umumnya hal ini dilakukan setiap 2 tahun.

10. Bra olahraga—setiap 6 bulan sampai 1 tahun

Jika kamu mencuci dan memakainya 3 sampai 4 kali seminggu, bra olahraga milikmu mungkin perlu diganti dalam 6 bulan, karena sudah tidak akan mampu lagi menyangga payudaramu dengan baik. Tapi kalau ingin bra-mu lebih awet, kamu bisa menghindari memakai mesin cuci dan pengering, dan sebagai gantinya, cucilah dengan tangan.

11. Spons dapur—setiap minggu

Jika tidak memakai mesin cuci piring, mungkin kamu akan memakai spons dapur berkali-kali dalam sehari. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menyediakan satu pak besar spons dan menggantinya dengan yang baru setiap minggu.

12. Pemanggang roti—setiap 6-8 tahun

Masa pakai rata-rata toaster adalah 6-8 tahun, tapi bisa dipakai lebih lama dengan membersihkannya secara teratur untuk membuang sisa remah-remah roti.

13. Karpet—setiap 10 tahun

Meskipun dirawat dengan benar, karpet tetap harus diganti. Kebanyakan produsen karpet memperkirakan kamu perlu karpet pengganti setelah sekitar 10 tahun.

14. Botol air stainless steel yang bisa dipakai berulang kali—12 tahun

Meskipun bisa dipakai berulang-ulang dan awet, botol ini tidak bisa dipakai selamanya. Umumnya, botol ini bisa bertahan hingga lebih dari 12 tahun dan dapat didaur ulang saat kamu membuangnya.

15. Detektor asap—setiap 10 tahun

Baterai alarm asapmu perlu diganti setiap tahun, tapi alarmnya sendiri bisa berfungsi dengan baik hingga 10 tahun. Oh ya, penting untuk memeriksa tanggal pembuatan di belakang alarm.

16. Mesin cuci piring—setiap 10 tahun

Kamu harus mengistirahatkan mesin cuci piringmu jika umurnya sudah satu dekade. Namun, ada alasan lain yang mengharuskan kamu mengganti mesin cuci piring meskipun umurnya belum sampai 10 tahun, yaitu jika mesin sudah tidak berfungsi dengan baik dan jika biaya perbaikannya melebihi 50% dari harga mesin cuci piring yang baru.

17. Keset sabut kelapa—setiap 6-10 tahun

Keset yang terbuat dari kulit kelapa memang tahan lama dan mudah dibersihkan. Kamu bisa saja memilih keset yang lebih tebal agar lebih tahan lama, terutama jika diletakkan di tempat orang sering menggunakannya.

18. Sepatu lari—setiap ~725 km sampai ~885 km

Penting untuk memikirkan apakah sepatu larimu cukup mendukung gaya larimu. Biasanya, sepatu lari harus diganti dengan yang baru setiap ~725 sampai 885 km. Tapi jika tidak tampak terlalu aus, mungkin kamu bisa memakainya lebih lama tanpa menimbulkan risiko cedera.

19. Kulkas—setiap 15 tahun

Jika usia kulkas kurang dari 8 tahun, mungkin kamu bisa memperbaikinya saat rusak. Tapi jika sudah lebih dari 15 tahun, lebih baik diganti saja. Saat umurnya mencapai antara 8 sampai 15 tahun, kamu juga harus mempertimbangkan tipe kulkasnya, dan apakah efisien dari segi lingkungan.

20. Sofa—setiap 7-15 tahun

Mungkin kamu enggan mengganti sofa, kecuali kalau pindah rumah. Namun, sebenarnya masa pakai sofa adalah antara 7-15 tahun. Jika kainnya sudah berjumbai, saatnya mencari sofa baru. Mungkin kamu bisa melapisi ulang kalau sofa tersebut mempunyai kenangan tersendiri dan strukturnya masih bagus.

Seberapa sering kamu mengganti barang-barang di rumahmu dengan yang baru? Apa kamu bisa menyebutkan barang-barang lain yang kita cenderung lupa menggantinya?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, depositphotos.com
-1--
477
Bagikan Artikel Ini