Sisi Terang
Sisi Terang

5 Detail Tersembunyi yang Tak Terduga pada Lukisan Terkenal

Pelukis suka meninggalkan pesan rahasia dan makna tersembunyi dalam karya mereka. Sering kali kita bahkan tak menyadarinya. Sebagai contoh, kamu ingat lukisan terkenal The Girl with a Pearl Earring? Ternyata mungkin saja itu bukan anting sama sekali. Bagaimana dengan dua lukisan dari Salvador Dali yang terkait erat dengan adiknya?

Sisi Terang memberimu kesempatan untuk mengintip dunia seni dan ingin memberitahumu beberapa kisah menarik yang tersembunyi di balik kanvas terkenal di dunia.

1. Di mana Icarus dalam lukisan Landscape with the Fall of Icarus?

Lukisan terkenal karya Pieter Bruegel the Elder memiliki banyak rahasia tersembunyi dan bahkan banyak yang belum terungkap. Lukisan ini memiliki dua penjelasan kontroversial. Penjelasan pertama mengatakan bahwa kematian seseorang tak bisa menghentikan aliran kehidupan, bahkan kematian karakter tangguh dan berani seperti Icarus. Itu sebabnya di latar depan lukisan, kita melihat pembajak tanah yang bekerja, sementara Icarus tersembunyi di sudut kanan bawah lukisan. Tak ada yang menyadari dia jatuh. Hidup itu kejam dan terus berjalan. Penjelasan kedua mengatakan bahwa kematian Icarus sebagai orang yang memperjuangkan pencapaian dan penemuan baru adalah kekalahan bagi mereka yang tertarik pada cahaya dan kesempurnaan.

Ahli sejarah seni berhasil menemukan bahwa ada gambar yang tak ada hubungannya dengan teknik seniman di balik kanvas. Itu berarti, lukisan ini mungkin salinan, sementara yang asli tak disimpan sama sekali. Ahli sejarah lain percaya bahwa lukisan itu asli dan digambar oleh Bruegel pada dasar kayu yang setelahnya dipindahkan ke kanvas. Sayangnya, saat ini tak ada yang bisa menanyakan kepada seniman lukisan itu, tapi semua orang bisa menikmati pemandangan mahakarya ini di Royal Museum of Fine Arts of Belgium di Brussels.

2. Young Woman Powdering Herself karya Georges Seurat dan potret diri pelukis tersembunyi dalam lukisan

Lukisan ini menggambarkan kekasih pelukis yang bernama Madeleine Knobloch. Genre potret ini tak biasa bagi Seurat—mungkin cinta yang menginspirasinya melakukan percobaan ini. Sampai dia meninggal, tak ada yang menduga bahwa wanita ini adalah kekasih sang pelukis. Seurat sangat tertutup dan tak membicarakan kehidupan pribadinya, bahkan kepada teman-teman dekatnya.

Awalnya, pelukis menggambar potret dirinya di jendela yang menunjukkan dia sedang menatap wanita itu dengan cinta, tapi atas saran salah satu temannya, dia mengganti potretnya dengan bunga di dalam vas. Sayang sekali!

3. Misteri Woman at a Window karya seniman tak dikenal

Di kiri adalah foto lukisan saat restorasi di mana primer coat-nya bisa terlihat. Di sisi kanan adalah kanvas setelah restorasi.

Lukisan Woman at a Window karya pelukis tak dikenal yang disimpan di Galeri Nasional London memiliki cerita yang sangat menarik. Pada tahun 1978, lukisan ini dikirim untuk restorasi, yang merupakan prosedur rutin untuk mahakarya seni. Namun, pada saat prosedur tersebut, para ahli menemukan bahwa ada satu lagi lapisan di bawah primer coat dan wanita dalam lukisan itu ternyata bukan berambut cokelat, melainkan pirang. Selain itu, wanita itu memiliki mata dan pakaian yang berbeda.

Lukisan itu bisa saja diperbaiki agar sesuai dengan nilai-nilai abad ke-19. Payudara besarnya, lirikannya ke samping, dan beberapa detail lain bisa menunjukkan bahwa wanita di potret pertama adalah wanita penghibur.

4. Bagaimana Raffaello Santi menyembunyikan dirinya dan teman-temannya di dalam fresko

Salah satu mahakarya Renaissance paling terkenal, sebuah fresko terkenal karya Raffaello Santi, School of Athens, menyembunyikan beberapa kejutan di dalamnya. Pelukis memasukkan citra para pemikir hebat dan ilmuwan. Dia juga memutuskan untuk mengabadikan beberapa teman terkenalnya di dalam lukisan. Sebagai contoh, dia meniru penampilan Herakleitos, filsuf Yunani kuno, dari Michelangelo Buonarroti (1), filsuf Plato menyerupai Leonardo da Vinci (2), sementara fitur wajah Raphael sendiri bisa terlihat dalam citra Apelles, pelukis Yunani kuno.

5. The Girl with a Pearl Earring mungkin tak memakai anting sama sekali.

Sebuah penelitian terbaru tentang lukisan paling terkenal karya Johannes Vermeer menemukan bahwa mutiara yang tergambar di lukisan itu terlalu besar untuk terlihat alami. Mungkin ini mutiara buatan dari kaca Venesia, timah, atau giwang. Para ilmuwan tak bisa menemukan citra anting dalam lukisan itu. Tak ada lubang yang menghubungkan telinga dan anting. Dekorasi apa itu sebenarnya dan bagaimana penampilan awalnya tampaknya seperti pertanyaan yang tak akan bisa ditemukan jawabannya oleh siapa pun.

Kamu menyadari rahasia lain yang tersembunyi dalam lukisan terkenal? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau wikiart.org
Sisi Terang/Seni/5 Detail Tersembunyi yang Tak Terduga pada Lukisan Terkenal
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya