Sisi Terang
Sisi Terang

5 Misteri Lukisan Terkenal Leonardo da Vinci

Misteri apa lagi yang disembunyikan master legendaris ini dalam karya-karyanya?

Sisi Terang menawarkanmu kesempatan untuk menemukan dunia mengagumkan dari sang seniman yang luar biasa. Jangan lupa klik pada gambar untuk mengungkap misterinya.

5. Kesalahan dalam lukisan Salvator Mundi

Ketuk untuk melihat jawabannya
Ketuk untuk melihat jawabannya

Jika kamu perhatikan lukisan tersebut dengan teliti, kamu akan melihat bahwa bola di tangan Yesus tampak transparan. Namun Leonardo, yang mengkaji hukum optik dengan cermat, seharusnya tahu bahwa latar belakang bola kristal tidak bisa terlihat dengan cara seperti ini. Latar belakang seharusnya diperbesar dan tampak tidak fokus.

4. Fakta mengejutkan tentang The Last Supper

Ketuk untuk melihat jawabannya
Ketuk untuk melihat jawabannya

Apa yang bisa menyatukan Yesus dan Yudas di atas kanvas ini? Ada sebuah legenda yang menyatakan bahwa model Yesus dan Yudas diperankan oleh orang yang sama. Sayangnya, tidak diketahui siapa orang ini.

Menurut legenda, da Vinci menemukan model Yesusnya saat menjadi anggota paduan suara di sebuah gereja. Lalu, ketika lukisan itu hampir selesai, sang master tidak bisa menemukan siapa pun untuk peran Yudas dan saat itulah dia menemukan seorang pria mabuk yang terbaring di selokan. Ketika da Vinci selesai melukis gambar Yudas, model itu mengaku bahwa dia mengenali lukisan itu karena dia berpose sebagai Yesus 3 tahun yang lalu.

3. Fakta mengejutkan lainnya tentang The Last Supper

Ketuk untuk melihat jawabannya
Ketuk untuk melihat jawabannya

Rincian menarik lainnya dalam lukisan ini adalah wadah garam tumpah yang tergeletak di sebelah Yudas. Ada kemungkinan hal ini dapat mendukung kepercayaan bahwa garam yang tumpah menyebabkan masalah, karena kanvas tersebut menggambarkan momen ketika Yesus mengungkapkan bahwa salah satu orang yang berkumpul akan mengkhianatinya.

2. Berita terbaru tentang The Portrait of Isabella d’Este

Ketuk untuk melihat jawabannya
Ketuk untuk melihat jawabannya

The Portrait of Isabella d’Este ditemukan baru-baru ini dan menurut para ilmuwan, lukisan tersebut merupakan karya milik Leonardo da Vinci. Hal ini ditunjukkan oleh pigmen dan cat dasar yang identik dengan yang dipakai oleh sang seniman, serta gambaran wanita yang benar-benar mirip dengan Mona Lisa, terutama senyumnya.

1. Berbagai versi Lady with an Ermine

Ketuk untuk melihat jawabannya
Ketuk untuk melihat jawabannya

Lady with an Ermine melewati tes dengan teknik pemindaian baru dan mengejutkan para ilmuwan dengan fakta bahwa cerpelai tidak selalu ada dalam lukisan sebagaimana yang digambarkan. Setidaknya ada 2 versi potret dilukis di kanvas yang sama sebelum berbentuk seperti yang kita kenal sekarang. Versi pertama adalah tanpa cerpelai dan yang kedua menggambarkan hewan yang benar-benar berbeda.

Manakah dari misteri di atas yang paling mengejutkanmu? Beri tahu kami di kolom komentar!

Kredit foto pratinjau wikipedia
Sisi Terang/Seni/5 Misteri Lukisan Terkenal Leonardo da Vinci
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya