Sisi Terang
Sisi Terang

10 Kejadian yang Aneh tapi Nyata (Layaknya Cerita di Film)

Tidak semua hal bisa dijelaskan secara logika, pada kenyataannya, ada beberapa kejadian dan situasi nyata yang tak bisa dipahami akal sehat. Sebuah utas di Reddit mengajak orang-orang untuk menceritakan pengalaman aneh yang tak bisa dijelaskan. Membaca cerita-cerita ini rasanya seperti menonton film detektif yang menegangkan, dan beberapa cukup mengerikan. Misalnya, mengetahui rahasia seorang teman lewat mimpi, membaca surat dari masa depan, atau hilang ingatan tentang kejadian di satu hari penuh. Terdengar layaknya cerita di film ya, padahal semuanya benar-benar nyata terjadi, lo.

Tim Sisi Terang telah memilihkan 10 cerita untukmu. Ayo siapkan secangkir kopi atau teh, dan bersiaplah untuk terkejut.

Surat dari masa depan

Beberapa tahun yang lalu, saat istriku hamil anak kedua kami dan mendekati hari lahiran, ibuku sengaja tinggal sementara dengan kami selama beberapa hari. Suatu malam, Ibu minta pena, kertas, dan amplop. Ibu menulis sesuatu di kertas, memasukannya ke dalam amplop, dan memberikannya kepadaku. “Simpan di dalam sakumu dan jangan dibuka. Nanti kamu akan mengerti,” katanya.

30 menit kemudian istriku bilang dia akan segera melahirkan dan perlu segera dibawa ke rumah sakit. 9 jam setelah sampai di rumah sakit, putri kedua kami lahir pada pukul 3:45 pagi. Beratnya 3,6 kg, 311 gram, dan panjang 50,8 cm.

Karena waktu itu belum ada ponsel, aku menelepon ibu lewat telepon rumah sakit untuk mengabarinya. Ibu mengangkat telepon dengan cepat dan langsung berkata, “Sebelum kamu bicara, buka amplopnya.” Jadi, aku membuka amplop yang dia berikan. Tertulis:

“Perempuan 3:45 AM, 3,6 kg, 311 gram, 50,8 cm”

Aku menyimpan surat ini selama bertahun-tahun. Waktu ibu meninggal, aku mengecek brankas dokumen tempat kami menyimpan suratnya, tapi suratnya hilang. @GullyF

Wanita tak kasatmata

Saat usia putraku belum sampai 3 tahun, dia selalu datang ke kamarku dan bilang ada “wanita” di dalam kamarnya dan kamar saudarinya. Karena waktu itu aku masih setengah tidur, aku tidak memikirkan perkataannya dan menyuruhnya tidur di sebelahku.

Jadi, putraku naik ke atas kasur, tapi setiap beberapa menit selalu membangunkanku dan mengatakan sesuatu tentang “si wanita”. Lalu, putraku bilang “si wanita” ada di depan pintu kamarku. Untuk membuktikan bahwa “si wanita” tidak nyata dan agar kami bisa tidur, aku mengajak putraku keluar dari kamar dalam keadaan gelap.

Kami berdiri di lorong dan aku bilang, “Lihat, enggak ada siapa pun.” Putraku menunjuk ke arah bawah lorong yang kosong dan bilang, “Mama, si wanita ada di situ. Itu wanita yang aku bilang! Rumah ini MILIKNYA.”

Aku tidak bisa melihat apa yang berusaha ditunjuk oleh putraku, tapi tidak ada apa pun di situ. Aku berusaha untuk tidak terlihat panik dan bilang, “Oke, pasti dia wanita yang baik” dan langsung mengajak putraku kembali ke kasur. Dia tertidur pulas sedangkan aku tidak bisa tidur selama berjam-jam memikirkan “si wanita” yang gentayangan dan memandangiku tidur di dalam apartemen berusia 100 tahun lebih ini. @kookenhaken

Peramal kehamilan

Aku pernah memimpikan teman kerjaku dulu hamil (sebut saja si A) dan dia jarang berbicara denganku. Di dalam mimpi, aku kembali datang ke kantor lamaku dan teman-teman kerjaku di sana memintaku menggantikan si A. Aku menjawab, “Oh, maaf, aku sudah berhenti sejak tahun lalu dan sudah bekerja di kantor baru.” Si A lalu muncul dengan perut yang sangat besar dan bilang, “Ayolah, cuma pas aku cuti.”

Aku menceritakan mimpiku ke suamiku dan kami mentertawakan mimpi ini sambil bercanda tentang aku yang kembali bekerja di kantor lamaku.

Kira-kira sekitar seminggu kemudian, aku bermimpi tentang temanku yang berbeda (sebut saja si B) yang jarang berbicara denganku, sedang hamil juga.

Seminggu kemudian aku dan si A tak sengaja bertemu di suatu tempat dan kami mentertawakan cerita kehamilannya di dalam mimpiku. Si A bilang, dia belum memberi tahu SIAPA PUN kalau dia sedang hamil. Aku hanya tertawa, dan menceritakan hal ini ke suamiku yang bilang, “Kamu mimpi si B hamil juga, ‘kan? Coba telepon dia.” Karena si B seumuran denganku, dan sama sepertiku yang sudah punya anak-anak yang beranjak dewasa, kami terlalu tua untuk hamil lagi. Aku cuma bisa tertawa.

Besok harinya, aku menelepon si B dan menceritakan mimpiku. Ternyata, si B memang hamil dan mereka belum memberi tahu siapa pun. Sangat tidak masuk akal! @Whohead12

Mobil hantu

Saat mengendarai mobil dari kantor menuju rumah, di depanku ada mobil yang sama persis dengan mobilku, cuma beda warna. Di perjalanan, kami sama-sama belok ke kiri, ke arah jalan yang panjang dan lurus dengan lapangan luas di kanan-kiri. Mobil di depanku lalu berbelok, sedangkan aku harus menunggu satu mobil lewat, baru setelahnya ikut berbelok. Tidak sampai 5 detik, tapi saat aku belok, mobil di depanku tadi tiba-tiba menghilang. Jalan ini tidak punya belokan dan hanya lurus saja sehingga aku bisa melihat jelas apa yang ada di depanku dalam rentang yang jauh. Mobil itu seolah-olah lenyap di udara dan sampai hari ini aku masih memikiran kejadian ini.

Aku yakin 100% mobil itu tidak berputar balik. Kondisi jalanan terlalu sempit, tidak mungkin mobil bisa putar balik tanpa paling tidak 3 kali maju mundur atau sedikit melintasi lapangan.

Waktu sadar mobil itu hilang, aku langsung memperhatikan sekelilingku dan bisa melihat ada mobil lain di belakangku, tapi tidak ada yang mirip dengan mobilku. Mobil itu tidak mungkin berhenti di pinggir jalan karena kalau iya, aku pasti bisa melihatnya. @omglookawhale

Aku tahu siapa namamu.

Pernah sekali, aku mengantre di kasir Target (toko serba ada). Yang mengantre di depanku adalah seorang ibu dan anaknya yang (menurutku) berusia 3 tahun. Aku belum pernah bertemu dengan mereka. Anaknya duduk di keranjang belanjaan, sedangkan ibunya dengan hati-hati memindahkan barang belanjaan ke meja kasir dari sisi depan. Anaknya menatapku, tersenyum, tertawa, dan menyebutkan nama depanku, dengan sangat jelas, sebanyak dua kali. Karena nama depanku unik, kejadian ini terasa sangat aneh. @mycenea1961

Ingatan yang luar biasa

Sebagai orang dewasa, aku menceritakan tentang rumah yang ada di dalam mimpiku kepada ibuku. Rumah berwarna cokeat dengan 2 kamar tidur, 2 lantai, dan tangga berbentuk L. Aku menceritakan rumah ini secara detail.

Ternyata, rumah yang ada di dalam mimpiku adalah rumah di mana aku dilahirkan. Maksudnya, aku lahir di rumah sakit, tapi keluargaku tinggal di rumah ini selama 2 tahun sebelum aku dilahirkan dan pindah ke rumah baru saat aku berumur 7 atau 8 bulan.

Awalnya, aku kira otakku secara tidak langsung merekam rumah ini dari foto yang pernah kulihat, meskipun detail yang aku lihat tidak ada di dalam foto lamaku yang masih sangat belia. Hampir semua foto diambil dari jarak dekat, sehingga rumah yang menjadi latar belakang tidak terlalu kelihatan. Sejauh ini, aku yakin otakku mengingat kenangan masa kecilku yang sudah sangat lama, karena aku sendiri tidak tahu bagaimana aku bisa tahu tentang denah, furnitur, dan detail rumah itu. @AnxiousRiddle

Pesan yang dipanggil

Mungkin cuma kebetulan, tapi tetap sangat aneh.

Aku bisa memanggil/menyuruh (aku enggak tahu kata yang tepat) seorang laki-laki mengirimkan pesan untukku. Ada satu laki-laki yang dulu sempat bersahabat denganku waktu kami masih berumur 12-13 tahun, tapi setelah masuk SMA, kami hilang kontak. Terkadang aku ingin mengirimkan pesan untuknya dan biasanya dalam waktu 10 menit, dia yang mengirim pesan untukku. Hal yang sangat aneh dan cuma terjadi padanya. Pernah sekali, setelah tidak berkomunikasi selama setahun, tiba-tiba dia mengirim pesan selang beberapa menit setelah aku kepikiran untuk menghubunginya. Aku pernah bertanya kenapa dia mengirimkan pesan untukku dan dia bilang, ada semacam perasaan aneh yang membuatnya melakukannya, seolah-olah aku bisa menyuruhnya untuk mengirimkan pesan. Hal yang sangat aneh, meskipun mungkin cuma kebetulan. @imwhittling

Hari yang tidak kuingat

Saat berusia sekitar 6 tahun, di hari Rabu malam, aku berbaring di atas kasur. Aku terbangun dan sudah hari Jumat. Aku bertanya ke ibuku kenapa tiba-tiba sudah hari Jumat padahal kemarin masih hari Rabu. Ibu bilang, kemarin hari Kamis. Aku bertanya lagi, apa saja yang aku lakukan di hari Kamis karena yang terakhir aku ingat adalah tidur di hari Rabu. Ibu menjawab beberapa kegiatan yang aku lakukan, tapi aku tidak ingat sama sekali. Sampai sekarang aku tidak tahu kenapa aku sama sekali tidak mengingat hari Kamis itu. @simavok

Kado dari dunia lain

Waktu itu ibuku sedang dalam masa sulit dan gajinya sedikit. Sebagai ibu tunggal dengan dua anak, dia stres karena tagihan yang menumpuk, padahal uangnya pas-pasan. Kami benar-benar kehabisan uang. Ibuku sudah bekerja keras di rumah sakit tempatnya bekerja, bahkan sampai menambah sif, tapi bulan itu kami masih mengalami kesulitan. Saat menyapu, Ibu berdoa. Waktu Ibu berjalan ke arah tong sampah untuk dikosongkan, di dalamnya ada selembar uang kertas $100 (senilai Rp1,4 juta) tergeletak tepat di atas tumpukan sampah. Tidak ada orang lain yang tinggal di rumah kami. Sampai sekarang tidak ada yang bisa menjelaskan kejadian ini. @poshfiend

Tersembunyi di depan mata

Aku kehilangan selembar kertas yang baru saja aku bawa ke rumah. Aku mencari kertas ini di mana-mana. Setelah 2 minggu berlalu, akhirnya aku memutuskan untuk menelepon perusahaan dan meminta mereka mengirimkan salinan kertas ini untukku.

Hari itu, sebelum menelepon, aku berjalan ke dapur dan mengeluarkan wadah makan siang dari kulkas. Aku lalu berjalan ke ruang tamu untuk mengambil ponselku dan kembali ke dapur untuk menghangatkan makan siangku menggunakan mircowave. Ternyata, kertas yang hilang itu tegeletak tepat di atas wadah makan siangku.

Menuliskan cerita ini masih membuatku merinding dan gemetaran. @__B***Pudding__

Pernah mengalami kejadian aneh yang tak masuk akal seperti mereka? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar!

Kredit foto pratinjau GullyF / Reddit
Sisi Terang/Aku & Kamu/10 Kejadian yang Aneh tapi Nyata (Layaknya Cerita di Film)
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya