12 Kisah Romantis Pertemuan Pasangan Kerajaan dan Bagaimana Mereka Meresmikan Hubungannya

Jika memikirkan dongeng dengan akhir bahagia, sulit untuk tidak membayangkan para putri kesayangan kita dari serial animasi yang dulu kita tonton saat kecil. Kehidupan mereka tampak dipenuhi pesta dansa dan akhir yang bahagia, tapi perjalanan mereka untuk mencapai itu tidaklah mulus. Pada kebanyakan kasus, para pangeran dan putri di kehidupan nyata juga memiliki cerita unik sendiri. Meskipun bagi kebanyakan dari mereka menemukan cinta adalah hal mudah, kenyataannya tidak semuanya demikian.

Sisi Terang memutuskan membuat kompilasi yang menjelaskan cerita nyata di balik bagaimana anggota keluarga kerajaan menemukan cinta. Untuk melakukan itu, kami mencari tahu kisah 12 pasangan dari monarki Inggris, dan kami bisa katakan, tidak semuanya adalah dongeng dengan akhir yang bahagia.

1. Pangeran William dan Kate Middleton

Pasangan ikonis dari keluarga kerajaan Inggris ini bertemu pada tahun 2001 saat mereka masih menjadi mahasiswa Universitas St. Andreas di Skotlandia. Namun, konon mereka sebenarnya baru mulai berpacaran pada tahun 2003. Meskipun mereka tak pernah mengungkapkan hubungan mereka kepada media mainstream, semua orang tahu mereka adalah pasangan. Itu juga alasan perpisahan sesaat mereka di tahun 2007 menjadi gempar di media. Terutama karena pada saat itu, mereka menghadiri acara yang sama, tapi saling menjaga jarak. Pada tahun 2008-lah pasangan ini mulai dekat lagi karena Kate terlihat menghadiri beberapa acara keluarga Kerajaan meskipun William sebenarnya tidak menghadiri semuanya sama sekali.

Pada akhirnya, pasangan ini mengatasi perbedaan mereka dan bertunangan pada tahun 2010. William sebenarnya memberikan cincin safir Putri Diana kepada Kate sebagai simbol hubungan abadi mereka, dan semua orang pasti tahu kelanjutan ceritanya. Mereka menikah pada 29 April 2011 di Westminster Abbey. William dan Kate menyambut kelahiran ketiga anak mereka, George, Charlotte, dan Louise pada tahun 2013, 2015, dan 2018. Katanya, Duchess of Cambridge sudah bersiap memenuhi perannya kelak sebagai Permaisuri Inggris.

2. Pangeran Harry dan Meghan Markle

Putra bungsu Charles dan Diana menemukan cinta sejatinya saat dia bertemu Meghan Markle di London. Itu pada tahun 2016, dan mereka sebenarnya melakukan kencan buta yang diatur seorang teman mereka. Identitas teman itu tak diketahui sampai sekarang. Kemudian, Meghan mengaku bahwa mereka diam-diam berpacaran selama beberapa bulan sebelum muncul di depan publik untuk kali pertama: mereka biasanya berwisata bersama ke tempat eksotis seperti Botswana, atau bertemu di Oxfordshire, di Istana Kensington, atau terkadang di Toronto, tempat Meghan masih bekerja sebagai aktris untuk serial Suits.

Lalu suatu hari, mereka akhirnya memutuskan untuk membungkam rumor dan menghadiri Invictus Games di Toronto pada tahun 2017 bersama sambil berpegangan tangan di depan umum. Menjelang akhir tahun itu, pasangan itu mengumumkan pertunangan mereka di taman Istana Kensington dan menikah tak lama setelahnya pada 19 Mei 2018 di Kapel St. George. Duke dan Duchess of Sussex ini menyambut putra mereka, Archie, setahun kemudian. Setelah banyak spekulasi, Harry dan Meghan mengumumkan bahwa mereka pensiun dari tugas mereka sebagai anggota senior keluarga kerajaan dan saat ini tinggal di Amerika Serikat setelah sempat tinggal di Kanada sebentar.

3. Pangeran Charles dan Putri Diana

Konon, Pangeran Charles bertemu dengan Lady Diana Spencer pada tahun 1977 saat Lady Diana baru berumur 16 tahun, dan Pangeran Charles sebenarnya sedang berpacaran dengan kakak Diana, Sarah, pada saat itu. Mengingat seringnya dia mengunjungi rumah keluarga Spencer, mustahil Charles tidak mulai tertarik dengan Diana. Anggap saja ini yang terjadi, dia pasti perlahan mulai berhubungan dengan Diana, mengajaknya berlayar atau makan bersama. Pada akhirnya, Charles memperkenalkan Diana kepada keluarganya pada tahun 1980 di Balmoral, kediaman keluarga kerajaan di Skotlandia.

Setelah mendapat restu dari keluarga Diana, sang pangeran terus mengejarnya di London sampai melamarnya pada tahun 1981. Pernikahan mereka dilangsungkan pada 29 Juli 1981 di Katedral St. Paul, upacara yang disaksikan lebih dari 750 juta orang dari seluruh dunia. Setahun kemudian, Pangeran William lahir, diikuti oleh adiknya, Harry, dua tahun kemudian. Pasangan itu mengumumkan perpisahan mereka pada tahun 1992 dan resmi bercerai pada tahun 1996.

4. Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip

Ratu Elizabeth, yang pada saat itu adalah seorang putri, baru berumur delapan tahun saat pertama kali bertemu dengan Pangeran Philip di pernikahan Pangeran George. Pada saat itu tahun 1934 dan mereka tak bisa membayangkan perjalanan panjang yang harus mereka alami. Lima tahun kemudian, mereka bertemu lagi dan mulai berkirim surat. Lalu pada tahun 1946, Philip meminta restu Raja George untuk melamar sang putri. Raja setuju, tapi dia meminta Philip menunda pengumuman dan menunggu Elizabeth berumur 21 tahun. Pasangan itu menikah pada 20 November 1947 di Westminster Abbey dan Elizabeth dinobatkan sebagai Ratu pada tahun 1952 hingga menjadi ratu yang paling lama berkuasa dalam sejarah Inggris. Kemudian, pasangan itu menyambut kelahiran anak mereka, Charles, Anne, Andrew, dan Edward pada tahun 1948, 1950, 1960, dan 1964.

5. Anne, Princess Royal, dan Sir Timothy Laurence

Kisah cinta antara Putri Anne dan suami keduanya, Timothy, adalah salah satu kisah cinta paling kontroversial pada saat itu. Saat mereka mulai berpacaran, dia belum bercerai dengan Kapten Mark Phillips. Pasangan itu memulai hubungan tak lama setelah pertemuan pertama mereka, yang berakhir dalam skandal memalukan untuk Kerajaan saat korespondensinya dengan Putri Anne bocor ke publik pada tahun 1989. Hubungan Anne dengan suami pertamanya secara resmi berakhir pada tahun 1992 dan pada tahun itu juga, sang putri menikahi Sir Timothy, sampai sekarang.

6. Pangeran Andrew dan Duchess Sarah

Sedikit orang menyadari fakta bahwa Putri Diana memainkan peran penting dalam hubungan antara Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson. Lady Di sudah bertahun-tahun mengenal Sarah dan mereka berteman baik. Tampaknya wajar Lady Di memasukkannya ke dalam lingkaran sosial kerajaan dengan mengundang Ferguson untuk makan malam di Istana Windsor pada tahun 1985. Tapi itu bukan sekadar mengundang teman baik untuk makan malam. Putri Diana memastikan Ferguson duduk di samping Pangeran Andrew. Seperti yang kita tahu, rencananya berhasil.

Andrew dan Sarah langsung cocok, seperti ada percikan di antara mereka berdua. Setelah beberapa bulan berhubungan, sang pangeran melamarnya di Skotlandia pada tahun 1986 dan pada tahun yang sama, mereka menikah di Westminster Abbey. Pada tahun 1988, sang Duke dan Duchess menyambut kelahiran putri mereka, Beatrice, sementara Eugenie lahir pada tahun 1990. Namun, pasangan itu berpisah pada tahun 1992 dan mereka resmi bercerai pada tahun 1996. Tapi sampai sekarang, mereka tetap berteman baik. Mereka menghadiri banyak acara bersama dan sebenarnya masih ada orang yang berharap bahwa suatu hari, mereka akan menikah lagi.

7. Zara dan Mike Tindall

Zara tidak mendapat gelar bangsawan meskipun dia anak Putri Anne. Tentu saja, tidak ada yang bisa menghentikan wanita muda ini untuk berteman dengan sosialita London dan anggota kerajaan lain. Namun, Zara bertemu dengan calon suaminya, Mike Tindall, pada tahun 2003 di Sydney, Australia. Semua itu terjadi berkat sepupunya, Pangeran Harry. Wanita muda ini sedang cuti panjang saat Mike ada di sana karena timnya sedang bertanding dalam kejuaraan dunia rugbi. Setelah bertemu, keduanya menjalin hubungan pada tahun 2004, lalu lamaran pernikahan dilangsungkan enam tahun kemudian, pada tahun 2010. Pasangan ini menikah dalam upacara yang sangat sederhana tapi menarik pada 30 Juli 2011. Mereka menyambut kelahiran putri pertama mereka pada tahun 2014. Pada tahun 2018, putri kedua mereka lahir.

8. Pangeran Edward dan Countess Sophie

Putra bungsu Ratu Elizabeth, juga yang terakhir menikah. Pangeran Edward bertemu dengan istrinya, Sophie Rhys-Jones, pada tahun 1987. Tapi baru pada 1993, saat mereka bertemu lagi pada pertandingan tenis, Pangeran Edward menyadari bahwa Sophie adalah jodohnya. Mereka menjalin hubungan secara diam-diam selama sekitar enam tahun sampai akhirnya mengumumkan pertunangan mereka pada tahun 1999. Mereka menikah pada tahun yang sama di Kapel St. George. Pasangan itu memiliki dua anak, Louise dan James, yang lahir pada tahun 2003 dan 2007. Perlu diingat, Pangeran Edward, sampai sekarang, adalah satu-satunya putra Ratu Elizabeth yang membawa pernikahan pertamanya menuju akhir yang bahagia.

9. Peter dan Autumn Phillips

Cucu tertua Ratu Elizabeth, dan anak Putri Anne dengan Kapten Mark Phillips, bertemu dengan calon istrinya, Autumn Kelly, di Montreal saat Formula One Grand Prix. Awalnya, wanita muda itu tidak sadar bahwa Peter adalah anggota keluarga kerajaan Inggris dan seiring berjalannya cerita, dia baru tahu setelah enam minggu berpacaran dengan Peter. Setelah bertahun-tahun berpacaran, pasangan itu bertunangan pada tahun 2007 dan menikah pada 17 Mei 2008 di Kapel St. George. Mereka menyambut kelahiran anak perempuan pertama mereka, Savannah, pada tahun 2010 dan anak kedua mereka, Isla, pada tahun 2012. Pada Februari 2020, pasangan itu mengumumkan perpisahan mereka, tapi menjelaskan bahwa mereka akan berbagi hak asuh atas kedua anak mereka.

10. Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi

Putri Beatrice, anak sulung Andrew dan Sarah, telah lama mengenal Edoardo Mapelli Mozzi. Itu bukan hal mengejutkan karena pemuda ini teman dekat keluarga dan mereka selalu bersama di lingkaran sosial yang sama. Meskipun ada rumor bahwa mereka sudah berpacaran sejak 2018, baru pada 2019, mereka berdua tampil bersama di depan publik di gala tahunan National Portrait Gallery. Pasangan itu bertunangan pada September tahun yang sama dan menikah pada Juli 2020, dalam upacara privat di Windsor Lodge.

11. Putri Eugenie dan Jack Brooksbank

Putri Eugenie, anak bungsu Andrew dan Sarah, bertemu dengan Jack Brooksbank, saat dia berlibur dan Jack bekerja di Verbier, resor ski terkenal di Swiss. Eugenie berumur 20 tahun saat itu dan Jack berumur 24 tahun, tapi seiring berjalannya cerita, begitu mereka bertemu, mereka langsung jatuh cinta. Pada tahun 2018, setelah tujuh tahun bersama, pasangan itu mengumumkan pertunangan mereka dan menikah pada tahun yang sama di Kapel St. George. Pada tahun 2020, mereka mengumumkan bahwa mereka akan memiliki anak pertama yang lahir pada awal 2021.

12. Pangeran Charles dan Duchess Camilla

Katanya, Pangeran Charles bertemu dengan Camilla Parker Bowles pada tahun 1970 karena mereka berada dalam lingkaran sosial yang sama dan sering menghadiri acara yang sama, termasuk pertandingan polo, misalnya. Kesamaan selera humor dan hobi mereka membuat mereka jatuh cinta. Jadi, mereka berpacaran selama beberapa bulan. Namun, Charles diutus pada misi Angkatan Laut Kerajaan selama delapan bulan, dan pada saat dia kembali, Camilla sudah bertunangan dengan Andrew Parker Bowles.

Setelah banyak spekulasi dan skandal, Charles dan Camilla bercerai dari pasangan masing-masing, dan diam-diam untuk menghindari cibiran publik setelah kematian Lady Di, sang pangeran terdorong untuk mencoba lagi berhubungan dengan cinta pertamanya. Pada tahun 2005, pasangan itu secara resmi mengumumkan pertunangan mereka, 35 tahun setelah mereka bertemu. Mereka menikah pada 9 April di tahun yang sama. Karena kontroversialnya hubungan mereka dan kenangan abadi Lady Di yang tertanam di benak rakyat Inggris, Kerajaan mengumumkan bahwa Camilla tak akan menyandang gelar queen consort atau permaisuri, melainkan princess consort atau pendamping raja saat Pangeran Charles naik takhta nanti setelah kekuasaan Ratu Elizabeth berakhir.

Kalau kamu, bagaimana kamu bertemu pasanganmu? Apa menurutmu dia akan menjadi belahan jiwamu?

Bagikan Artikel Ini