Sisi Terang
Sisi Terang

14 Selebritas Ini Punya Latar Belakang Akademis yang Melampaui Kemampuan Akting

Kebanyakan orang mungkin berpikir jika sudah terkenal, kita tidak perlu mempelajari hal lain lagi, dan kalau kamu adalah seorang selebritas, maka kamu sudah berhasil. Namun, ada beberapa selebritas yang berpikir sebaliknya, dan bagi mereka, pertumbuhan profesional tidak berakhir di akting. Banyak selebritas telah mendapatkan gelar PhD di berbagai bidang, dan beberapa bahkan berhasil lulus dengan status magna cumlaude dari Harvard.

Sisi Terang ingin membahas tentang sejumlah selebritas yang berpikir bahwa memiliki ketenaran dan uang saja tidaklah cukup, jadi, mereka juga memutuskan untuk mengejar kesuksesan akademik.

1. Lisa Kudrow, ahli biologi

Lisa Kudrow dikenal lewat perannya sebagai Phoebe Buffay di sitkom tahun ’90-an, Friends, dan muncul dalam beberapa garapan film seperti The Comeback dan Web Therapy. Tapi selain menjadi aktris, Lisa juga lulus dari Vassar College di Poughkeepsie, New York. Di sana, dia mendapatkan gelar sarjana biologi. Bersama dengan ayahnya dan peneliti lainnya, dia menerbitkan penelitian ilmiah tentang korelasi antara orang kidal dan sakit kepala kluster.

2. Kristen Stewart, rekan penulis artikel tentang neural style transfer

Aktris Kristen Stewart mulai tenar saat memerankan Bella Swan dalam saga Twilight pada tahun 2008. Selain menjalani karier berakting, dia juga lulus dari sekolah rumah. Kemudian, lewat Universitas Cornell, Stewart menjadi rekan penulis sebuah makalah ilmiah tentang cara menggunakan neural style transfer atau transfer gaya saraf. NST adalah sejenis perangkat lunak algoritma yang dapat memanipulasi gambar digital atau video untuk meniru penampilan atau bentuk visual gambar lain dalam konteks produksi film.

3. Nolan Gould, punya IQ 150

Nolan Gould dikenal karena perannya sebagai Luke Dunphy, anak bungsu dari salah satu keluarga di sitkom populer, Modern Family. Selama hidupnya sebagai seorang siswa, dia sangat terampil sehingga melompat 4 tingkat. Bahkan, pada usia 13 tahun, dia sudah siap memasuki perguruan tinggi. Dalam wawancaranya di The Ellen DeGeneres Show, dia mengatakan dirinya punya IQ 150. Selain itu, dia juga menjadi anggota Mensa, komunitas IQ tertinggi, tertua, dan terbesar di dunia.

4. Mayim Bialik, ahli ilmu saraf

Mayim Bialik adalah seorang aktris, ahli ilmu saraf, dan penulis. Dia memerankan Amy Farrah Fowler dalam The Big Bang Theory dari tahun 2010 sampai 2019. Untuk perannya di sitkom, dia memenangkan penghargaan Critics’ Choice Television Award untuk “Aktris Pendukung Terbaik dalam Seri Komedi”. Namun, selain itu, dia juga masuk ke Universitas California Los Angeles (UCLA). Pada tahun 2007 dan mendapatkan gelar Ph.D. dalam ilmu saraf dan dikenal karena mempromosikan partisipasi perempuan dalam sains.

5. James Franco, Ph.D. dalam bahasa Inggris

James Franco mulai dikenal khalayak dunia setelah memainkan karakter Harry Osborne dalam film Spider-Man pertama. Sejak itu, peran yang telah dia lakoni menjadi sangat beragam, seperti garapannya sendiri. Bahkan, pada tahun 2006, dia memutuskan untuk mendaftar dalam program bahasa Inggris UCLA, lalu mengambil jurusan penulisan kreatif. Kemudian, dia pindah ke New York, di sana, dia mengejar gelar sarjana dalam bidang menulis di Universitas Columbia dan gelar sarjana film di Universitas New York. Franco juga memegang gelar Ph.D. dalam bidang bahasa Inggris dari Universitas Yale.

6. Steve Martin, filsuf

Steve Martin membintangi film, The Pink Panther. Setelah lulus dari SMA, dia berkuliah di Santa Ana College, di sana, dia mengambil kelas drama dan puisi dalam bahasa Inggris. Kemudian, dia masuk ke Universitas California State Long Beach dan mengambil jurusan filsafat. Terinspirasi oleh kelas filsafatnya, Martin mempertimbangkan untuk menjadi guru alih-alih menjadi aktor atau komedian. Dia adalah bagian dari organisasi Mensa, yang merupakan komunitas IQ tertinggi, tertua, dan terbesar di dunia. Dia membahas topik khusus ini dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The New Yorker.

7. Ken Jeong, dokter medis

Ken Jeong, yang paling dikenal lewat perannya yang sombong, namun berkesan, Leslie Chow, dalam film komedi populer, The Hangover, mengemban pendidikan di SMA Walter Hines. Di sana, dia menjadi bagian dari tim mahasiswa berbakat dan lulus pada usia 16 tahun. Dia melanjutkan studinya di Universitas Duke dan mendapatkan gelar doktor untuk jurusan kedokteran di Universitas North Carolina, Chapel Hill, sambil mengejar karier sebagai komedian.

8. Conan O’Brien, lulus dengan gelar tertinggi dalam bidang sejarah dan sastra

Conan O’Brien ambil bagian dalam Late Night with Conan O’Brien dan acara larut malam NBC yang paling banyak ditonton, The Tonight Show. Tapi dia jauh dari “sekadar” pembawa acara TV yang super sukses. Dia juga belajar budaya Amerika Hispanik dan mendapatkan gelar Ph.D. dalam bidang sejarah seni dan gelar M.A. dari Universitas Yale.

Dia juga masuk ke universitas terkenal dunia, Universitas Harvard. Di sana, dia belajar sejarah dan sastra. Seolah belum cukup, dia juga lulus dengan penghargaan tertinggi (magna cumlaude).

9. Shaquille O’Neal, gelar doktor dalam bidang pendidikan

Shaquille O’Neal adalah salah satu pensiunan pebasket paling terkenal di dunia. Dia bahkan memenangkan 4 kejuaraan NBA. Selain itu, dia berkuliah di Universitas Negeri Louisiana, tempat dia lulus dengan gelar sarjana seni dalam studi umum dan minor dalam ilmu politik. Dia melanjutkan studinya lagi sampai memperoleh gelar doktor dalam pendidikan dari Universitas Barry di Miami. Dia juga punya gelar MBA dari Universitas Phoenix.

10. Gerard Butler, pengacara

Gerard Butler membintangi beberapa film populer, seperti Lara Croft: Tomb Raider — The Cradle of Life, The Phantom of the Opera, dan mengisi suara Stoick the Vast dalam film How to Train Your Dragon. Dia belajar di SMA St Mirin’s & St. Margaret’s di Paisley, dengan nilai yang sangat baik. Hal ini memungkinkan dia untuk memasuki Universitas Glasgow dan mengambil jurusan hukum. Setelah lulus, dia mendapatkan posisi di dalam firma hukum Edinburgh sebagai pengacara magang, tapi sepertinya, hidup punya rencana lain untuknya.

11. Ben Stein, gelar di bidang ekonomi dan hukum

Ben Stein ikut ambil bagian dalam film populer, seperti The Mask dan Son of the Mask, serta mengisi suara berbagai karakter dari serial animasi, seperti Rugrats, Fairy Odd Parents, dan Family Guy. Dia sempat belajar di SMA Montgomery Blair. Dia lulus dari Universitas Columbia dengan gelar di bidang ekonomi dan membawakan pidato perpisahan di Sekolah Tinggi Hukum Yale.

12. Kal Penn, sosiologi dengan spesialisasi teater, film, dan televisi

Kal Penn dikenal karena perannya dalam The Big Bang Theory, How I Met Your Mother, dan House M.D. tempat dia berperan sebagai dr. Lawrence Kutner. Dia lulus dari SMA Freehold Township dan kemudian mempelajari sosiologi dengan spesialisasi dalam teater, film, dan televisi di Universitas California, Los Angeles.

13. Karlie Kloss, pengembang perangkat lunak

Karlie Kloss merupakan salah satu supermodel Amerika paling terkenal. Dia bahkan pernah bekerja sebagai Victoria’s Secret Angel. Dia bersekolah di SMA Webster Groves dan kemudian melanjutkan studinya di Gallatin School of Individualized Study di Universitas New York. Dia bergabung dengan Flatiron School dan Code.org untuk membuat beasiswa bagi anak perempuan agar bisa mengemban pendidikan dan belajar tentang pemrograman komputer.

14. Jodie Foster, lulus dengan status magna cumlaude dalam sastra Afrika-Amerika

Jodie Foster sudah memiliki karier film yang panjang dan luas. Dia paling dikenal lewat peran utamanya dalam film Panic Room dan untuk peran pengisi suaranya sebagai Maggie untuk acara animasi populer FOX, The Simpsons. Dia lulus dengan status magna cumlaude dalam bidang Sastra Afrika-Amerika dari Universitas Yale. Dia mampu berbicara dan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Prancis hingga dapat memerankan dan mengisi suara dengan bahasa tersebut dalam berbagai film. Dia juga mengetahui bahasa Jerman, Italia, dan Spanyol.

Karier selebritas mana yang menurutmu paling menarik? Apakah kamu tahu selebritas lain yang punya profesi di luar berakting?

Sisi Terang/Aku & Kamu/14 Selebritas Ini Punya Latar Belakang Akademis yang Melampaui Kemampuan Akting
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya