Sisi Terang
Sisi Terang

15 Pria Rupawan dalam Sejarah yang Menyihir Kita dengan Ketampanannya

Tidak semua orang suka belajar sejarah, dan ini sama sekali bukan berarti sejarah tidak menarik—bagaimanapun juga, sejarah merupakan rangkaian peristiwa yang mengubah perkembangan dunia. Dan jika ditelusuri lebih dalam, banyak dari peristiwa yang kita pelajari di sekolah telah menginspirasi ratusan film dan dokumenter yang kita gemari. Jadi, ketidaktertarikan ini mungkin disebabkan oleh kebanyakan tokoh sejarah yang sering digambarkan sebagai orang-orang serius dengan janggut panjang yang tampak membosankan. Atau, barangkali kita saja yang tidak melihat foto yang tepat karena, di masa muda mereka, kebanyakan para intelektual paling terkenal dalam sejarah ternyata memang panutan yang luar biasa... dalam hal ketampanan.

Sisi Terang ingin mengajarimu sedikit tentang “sejarah ketampanan pria”. Jadi, kami telah memilih foto 15 model klasik yang bikin kami berpikir bahwa kami dilahirkan di waktu dan tempat yang salah.

1. Johannes Brahms

Meskipun banyak yang menganggap sosok Brahms sangat menarik, dia bukanlah seorang model maupun aktor, melainkan seorang pianis asal Jerman di tahun 1800-an. Dia seorang perfeksionis dalam pekerjaannya dan juga seorang pencinta alam, sehingga dia terkadang suka berjalan menelusuri hutan sendirian. Kepribadiannya mungkin agak kasar, tetapi dia baik kepada anak-anak dan suka memberi permen untuk menyenangkan mereka.

Dia tidak pernah menikah, tetapi dia pernah jatuh cinta teramat dalam kepada seorang pianis bernama Clara Schumann. Meski begitu, Clara menikah dengan pria lain sampai-sampai membuat Johannes patah hati dan menulis: “Aku tak bisa melakukan apa pun selain memikirkanmu... Apa yang telah kamu perbuat kepadaku? Tak bisakah kamu batalkan mantra yang telah kamu gunakan kepadaku?”

2. Charles Chaplin

Sering kali, orang-orang mengingat Chaplin karena topi khas, riasan wajah, serta kumisnya yang lucu. Namun, yang tidak mereka ketahui adalah ternyata di balik penyamarannya itu tersembunyi seorang pria tampan yang penuh dengan karisma. Bisakah kamu bayangkan melihatnya di layar lebar tanpa penampilan khasnya? Dia mungkin tidak akan menjadi ikonis, tetapi bagi kebanyakan orang, penampilannya benar-benar sedap dipandang.

3. Rupert Brooke

Rupert Brooke merupakan seorang penyair yang selain mampu berpose sebagai dewa Yunani Comus tanpa cela, juga sempat menulis soneta yang sangat indah. Ketampanannya diakui secara luas pada zamannya. Penyair William Butler Yeats menggambarkannya sebagai “pria tertampan di Inggris”, dan bahkan John Gillespie Magee, Jr. sempat menulis sebuah puisi tentangnya yang berjudul Sonnet to Rupert Brooke.

Dia memiliki sejarah panjang dalam hal menjalin cinta dengan orang-orang dari berbagai negara dan profesi, tetapi layaknya dewa Comus yang dilambangkan sebagai wujud anak muda, Rupert meninggalkan dunia ini pada usia dini karena gigitan nyamuk menular saat ia berusia 27 tahun.

4. Thomas Edison

Dia adalah penemu yang telah merancang bola lampu listrik dan kamera film. Dia juga memainkan peran penting dalam industri film: laboratoriumnya di New Jersey memiliki salah satu studio film pertama di dunia yang dijuluki “Black Maria”. Di masa mudanya, seperti yang bisa kita lihat, dia pastinya telah memikat lebih dari satu hati manusia dengan sorot mata dan wajahnya yang memesona.

5. Jack Kerouac

Jack Kerouac merupakan seorang novelis kelahiran tahun 1922, yang mampu memamerkan ketampanan sebaik otaknya. Sayangnya, karena gaya hidup ceroboh yang berlebihan, dia meninggal akibat pendarahan internal yang disebabkan oleh sirosis. Untungnya, dia meninggalkan banyak karya yang bisa kita nikmati sekarang. Siapa tahu, mungkin potret wajahnya disertakan dalam beberapa karyanya.

6. Mike Tiernan

Tidak, dia tidak sedang berpose sebagai model yang berbaring di lantai! Dia sedang berlatih olahraga. Mike Tiernan merupakan seorang pemain bisbol terkenal, dan tentu saja, dia mampu membuat kita terpana hanya dengan menonton permainannya! Dia salah satu pemukul hebat di abad kesembilan belas dalam olahraga tersebut, dan bahkan di abad kedua puluh satu sekalipun, foto-fotonya mampu mencuri hati kita.

7. Hermann Rorschach

Hermann Rorschach tipikal orang yang suka berbicara dan didengarkan. Dia merupakan seorang psikoanalis dan psikiater pada zamannya, di masa sekarang ia dikenal karena rancangan Tes Rorschach. Dengan wajah setampan itu, tidak heran kalau banyak pasien yang jatuh cinta kepadanya—dan tentu saja kami tidak akan menghakimi mereka.

8. Almanzo Wilder

Pria ini dikenal luas sebagai suami penulis Laura Ingalls, pria yang menginspirasi Ingalls untuk menulis buku yang berjudul Farmer Boy. Dan siapa sih yang tidak akan terinspirasi jika memandang mata yang cerah itu? Almanzo Wilder adalah seorang petani sekaligus seorang ayah yang akhirnya berhasil membangun “rumah impian” untuk istrinya setelah 20 tahun bekerja keras. Alangkah romantisnya! Dia bahkan menemani Ingalls ke berbagai acara penulisnya, jadi kita bisa bilang kalau Wilder bukan hanya seorang pria yang sangat rendah hati, tetapi juga berhati tulus yang tahu bagaimana membahagiakan seorang wanita.

9. James Stark

James Stark dikenal sebagai aktor terkemuka dari abad ke-19. Dia melakoni peran di teater secara eksklusif, jadi kami cuma punya foto ini untuk mengapresiasi wajahnya. Bukankah menyenangkan jika bisa melihat senyumnya di layar lebar di masa sekarang?

10. Andrew Irvine

Andrew merupakan seorang pendaki gunung asal Inggris yang menyukai petualangan dan olahraga ekstrem. Sungguh paduan yang sempurna untuk jiwa petualang seperti dirinya. Sayangnya, ia dikabarkan hilang pada ekspedisi Inggris ketiga saat menaklukkan Gunung Everest. Tidak ada yang tahu apakah dia berhasil mencapai puncaknya atau tidak.

Teman-temannya berkata, “Irvine memang enggak berumur panjang, tapi dia hidup dengan baik. Dalam hidupnya yang singkat, ia melakukan berbagai aktivitas hingga mencapai puncaknya di tahun terakhirnya yang indah, tahun ketika ia memenangkan kompetisi mendayung bersama tim Oxford, menjelajahi Spitsbergen, jatuh cinta dengan dunia ski, dan—mungkin—menaklukkan Everest. Sosok kesayangan orang Inggris ini lebih suka hidup dengan baik daripada hidup lama.”

11. Yonejirō Noguchi

Dengan pembawaannya yang lembut, Noguchi Yonejirō mampu menaklukkan hati kita, baik dengan wajah maupun kata-katanya. Dia merupakan seorang penulis populer asal Jepang yang juga tinggal di Amerika Serikat dan sempat berkeliling dunia demi melihat berbagai tempat seperti Inggris dan Prancis. Pasti menyenangkan menjadi teman perjalanan pria ini.

12. Josef Waitzer

Bukan, ini bukan patung Yunani yang terpahat sempurna dari The Discobolus. Pria ini benar-benar ada dan ia merupakan atlet Jerman yang sempat berlaga di Olimpiade 1912. Dia berbakat dalam bidang lempar lembing dan lempar cakram—dan tentunya dalam menaklukkan hati setiap orang dengan penampilannya.

13. Francis Parkman

Akhirnya, kita bisa melihat dengan jelas wajah muda Francis Parkman, tidakkah dia sekilas mengingatkanmu kepada Joaquin Phoenix? Namun, dia bukanlah seorang aktor, apalagi pemenang Oscar. Faktanya, dia adalah seorang sejarawan dan ahli hortikultura (seseorang yang mendedikasikan waktu untuk kebun beririgasi) yang lahir dari keluarga kaya raya.

Terlepas dari kemewahan, dan godaan untuk menghambur-hamburkan harta warisannya, dia memilih hidup sederhana dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya untuk penelitian. Dia menjadi duda pada usia muda, sehingga dia pun mendedikasikan dirinya untuk membesarkan putrinya sendiri. Dan, seolah belum cukup, dia pun menderita penyakit saraf yang memengaruhi penglihatan dan caranya berjalan sepanjang hidupnya. Meski begitu, ia mencintai pekerjaannya, sehingga ia berhasil terus berkembang secara profesional.

14. Anthony Fokker

Pembuat pesawat ini benar-benar membuat kita terbang menembus awan hanya dengan melihat fotonya saja. Pada usia 20 tahun, ia membuat pesawat pertamanya, dan bertahun-tahun kemudian, ia bahkan memiliki perusahaan pesawat sendiri. Tidak diragukan lagi, dengan wajah yang dimilikinya, pasti banyak gadis yang mendambakan untuk menjadi co-pilotnya.

15. Ernest Hemingway

Ernest Hemingway tidak hanya berwajah rupawan, tetapi dia juga seorang jurnalis, novelis, dan penulis cerita pendek yang sukses di abad kedua puluh. Meskipun dia sangat berdedikasi untuk profesinya, kenyataannya, sebagai seorang suami, dia ternyata kebalikan dari Almanzo Wilder, yang membangun rumah untuk Laura Ingalls. Hemingway tidak menemukan kebahagiaan dengan istri pertamanya, begitu juga dengan istri keduanya, apalagi yang ketiga. Dia menjalani hari-hari terakhirnya dengan istri keempatnya, sosok yang menemaninya menghabiskan waktu bersama selama 15 tahun hingga mengembuskan napas terakhirnya pada tahun 1961.

Manakah dari pria-pria di atas yang menurutmu paling menarik? Apakah kamu tahu karakter pria lain yang harus ada di daftar ini? Kelebihan seperti apa yang harus dimiliki seorang pria untuk menjadi pria ideal bagi dirimu? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Sisi Terang/Aku & Kamu/15 Pria Rupawan dalam Sejarah yang Menyihir Kita dengan Ketampanannya
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya