Sisi Terang
Sisi Terang

17 Orang yang Memutuskan untuk Memperbaiki Hidup Mereka dan Memulai dari Nol

Terkadang orang bisa sangat tidak mudah diprediksi. Kita semua dibimbing oleh dorongan atau intuisi serta melakukan hal-hal yang mungkin tidak akan pernah kita lakukan sebelumnya. Kita butuh keragaman pengalaman, petualangan untuk menjelajah, serta untuk mencari dan mempelajari hal-hal baru. Mungkin itu sebabnya meskipun ada ketidakpastian dan rasa takut terhadap hal-hal yang tidak kita ketahui, adakalanya dalam hidup saat kita harus melakukan perubahan tiba-tiba dan tak terduga.

Beberapa pengguna Reddit menceritakan kisah perubahan dan perbaikan mereka dan Sisi Terang ingin menghadirkan sebagian yang paling menginspirasi dan menarik.

  • 4 tahun lalu, akhirnya harus kuakui pekerjaanku sebagai jalan buntu dan serta-merta berhenti dari pekerjaan yang telah kugeluti selama 7,5 tahun itu. Lalu aku dapat pekerjaan memasak burger di suatu pondok di sebuah taman nasional dengan upah minimal. Ketika pindah, aku enggak kenal seorang pun di sana. Tapi dengan cepat pekerjaan ini membawaku bepergian ke tempat-tempat seru kayak Alaska dan berteman dengan banyak orang dari seluruh dunia. Pengalaman itu memberiku rasa percaya diri untuk berangsur-angsur benar-benar mengejar tujuan karierku dan akhirnya aku memperoleh pekerjaan impianku! Enggak ada hal baik yang terjadi di zona nyamanmu! Enggak ada yang salah sama sekali untuk merasa bahagia dengan apa yang kamu miliki, dan memiliki eksistensi yang lebih stabil. Ini pilihan yang tepat bagiku, tapi mungkin enggak bagi semua orang! © tikimoose / Reddit
  • Aku melakukannya tahun lalu. Memang aku tinggal di negara bagian yang sama, tapi situasi menakutkan sekaligus menarik berbaur menjadi satu. Aku berhenti bekerja tanpa punya pekerjaan lain. Menjual rumah tanpa punya rumah lain. Mengemas semua yang aku dan putraku miliki dan pindah ke tempat sejauh 3 jam dari tempat semula. Keputusan. Terbaik. Dalam hidup. Ini membuatku merasa kayak bisa melakukannya lagi kalau aku mau. Dunia begitu luas, jadi, hal ini menguatkan. Aku tumbuh di pedesaan, tinggal di desa yang sama selama 31 tahun dan pindah ke kota. Jarak 3 jam kelihatannya mungkin enggak jauh, tapi ini perubahan besar. © Hopeful_1130 / Reddit
  • Aku melakukannya 3 bulan lalu, pindah dari Delhi, kampung halamanku tempat aku tinggal dengan orang tua dan saudara laki-lakiku, ke Bangalore. Aku telah mengalami depresi selama 3 tahun sebelumnya. Lalu aku dapat pekerjaan yang sangat enggak memuaskan dan hampir enggak melakukan apa pun. Kemudian, di bulan Maret tahun ini, aku nyaris menikahi wanita yang hampir tak kukenal dan berhenti bekerja. Aku pengangguran dan tanpa uang serta merasa panik tiap hari. Berbulan-bulan kemudian, aku benar-benar dapat kerjaan, tapi dengan gaji minimal.

    Suatu hari, 8 bulan kemudian, aku berselisih dengan saudara lelakiku dan merasa sudah cukup. Jadi, kemudian di malam itu, kukemas sebagian barangku, pesan tiket pesawat ke Bangalore dan berhenti bekerja. Setelah 2 bulan berjuang, aku mendapat kerjaan baru dengan pemasukan hampir tiga kali lipat. Menyewa apartemen 2 kamar tidur untukku sendiri. Membuang semua pakaian lamaku dan membeli pakaian baru. Mulai belajar tinju dan banyak lagi.

    Rasanya kayak mimpi. Aku enggak tahu akan kayak apa bagi orang lain, tapi kurasa layak dicoba. © ishan28mkip / Reddit
  • Aku melakukannya satu setengah tahun lalu. Hal terbaik yang pernah kulakukan. Pindah dari New York Barat ke Arizona! Pada awalnya, mencoba bangkit kembali terasa sulit. Tapi lebih mudah dilakukan daripada perkiraan kebanyakan orang. Aku percaya, kebanyakan orang enggak melakukannya karena “hal-hal yang tak pasti” dan karena mereka takut perubahan.

    Bagiku, aku lebih bahagia daripada yang sudah-sudah. Aku memiliki pekerjaan dengan gaji yang sangat bagus. Sebenarnya justru pekerjaan dengan gaji terbaik yang pernah kumiliki. Dan pekerjaan pertama yang aku suka mendatanginya. Aku berumur 34, sehingga itu luar biasa. Dan hidup di tempat aku tinggal, pemandangan pegunungan, cuaca indah... Kayak mimpi menjadi kenyataan. © ibjimig / Reddit

  • Ya ampun, setelah membaca sebagian komentar, ini persis dengan yang pernah kulakukan! Umurku saat itu 24 tahun, menyia-nyiakan kuliah untuk memperoleh gelar yang enggak pernah kugunakan, melakukan pekerjaan tanpa harapan di toko kelontong, dan tinggal dengan orang tuaku. Mulai pacaran sama wanita umur 30 tahun dengan anak berumur 9 tahun, adalah hal yang gila bagiku, bahkan sekarang. Setelah pacaran selama sekitar 6 bulan, dia bilang akan pindah ke Arizona untuk kerja di sana dan dia ingin aku pergi dengannya.

    Melihat kehidupanku saat itu, kuputuskan untuk bilang iya dan di sinilah aku 15 tahun kemudian, menikah, 2 anak, karier bagus, dan punya rumah. Tentu kadang ada beberapa bagian sulit, tapi aku enggak akan mengubah apa pun, kecuali mungkin kalau bisa bertemu dengan istriku lebih awal dalam hidupku! © denn2842 / Reddit

  • Aku dan mantan pasanganku mengemas semua yang bisa kami muat ke dalam Jeep kami, ditambah anjing-anjing kami, dan meninggalkan Florida meuju Maine. Prosesnya simpel saja... Hei, aku benci di sini, kamu enggak? Yuk, pindah yang jauuuh banget. Setelah perjalanan sampingan mengunjungi orang tuaku, dan sekitar 35 jam berkendara, kemudian kami sampai di pesisir Maine.

    Tidak lama, aku dan mantanku putus... dan hidup jadi benar-benar sulit dan sepi. Aku berada di tengah krisis dan gegar budaya, setelah pindah dari Miami ke Maine. Aku enggak punya seorang pun di sini. Aku pindah pekerjaan beberapa kali, dan kadang aku pulang serta menangis di depan anjingku sebab aku benar-benar sendiri. Tiap hari, kutanya diriku apa ini keputusan yang tepat.

    Suatu hari, kuputuskan untuk tidak sedih lagi. Aku telah melupakan mantanku, dan dapat kerjaan baru. Kerjaan itu mengerikan, tapi di sana aku bertemu dengan teman-teman terdekat dan teman-teman wanita terbaik. Aku mulai sedikit menabung. Aku menemukan rumah bagus dengan halaman luas yang disewakan. Aku membeli perabotan baru.

    Bulan April aku akan genap 6 tahun di sini, dan meskipun aku berjuang selama sekitar setahun serta meragukan keputusanku... yang kadang kulakukan tiap jam... sampai sejauh ini, pindah benar-benar hal terbaik yang pernah kulakukan untuk diri sendiri. Kutinggalkan keluarga yang toksik, beberapa teman yang kurang ideal, dan negara bagian yang kubenci. Sekarang, musim dinginku kuhabiskan dengan bermain di salju bersama anjing-anjingku, dan musim panasku kulewatkan dengan kerja keras dan bersenang-senang sama teman-temanku. Aku punya kerjaan yang kusukai. Aku senang telah bertahan dengan keputusanku, meskipun harus bekerja keras.
    © DisGirlCanCookBro / Reddit
  • Aku berasal dari Edmonton dan pindah ke London. Aku telah menemukan cinta dalam hidupku di sini dan suka kota ini serta tempat-tempat liburan ala Eropanya. Aku enggak yakin apa bisa kembali seperti dulu lagi, meskipun aku rindu haiking dan alamnya. Aku benar-benar bergaul dengan baik dengan orang Inggris, suka selera humor dan kecerdasan mereka yang tajam. Jangan lewatkan budaya mereka dalam memberi tip, pastinya! © ImpostersPosterior / Reddit
  • Aku pindah dari sebuah kota besar di Britania Raya ke Australia 9 tahun lalu. Aku benar-benar berjuang mencari uang sebelum pergi. Sekarang aku punya pekerjaan dengan gaji bagus dan keluargaku belum pernah sebahagia ini. Untuk memulainya, benar-benar dibutuhkan perjuangan, tapi itu enggak lebih buruk dari perjuangan yang telah kutinggalkan. Mobilitas sosial di sini jauh lebih mudah. Ini benar-benar negara keberuntungan. © Stuey_7787 / Reddit
  • Jadi, aku bercerai di tahun 2019 dan telah merencanakan serta menabung untuk pindah sejak saat itu. Akhirnya, aku pindah dari Denver Utara, Colorado ke Tuscon, Arizona tanggal 10 Januari tahun lalu. Inilah persisnya yang kubutuhkan. Uang sewa di Colorado setinggi langit. Di Tuscon, aku punya apartemen besar berkamar satu dengan perabotan baru dan lantai kayu di perumahan yang aman. Harga apartemen yang sama di Denver setidaknya $800 (sekitar Rp11,4 jutaan) lebih mahal daripada yang kubayarkan di sini. Orang-orang di sini benar-benar ramah. Pada awalnya agak kurang menyenangkan, karena aku sama sekali enggak terbiasa dengan itu. Di Colorado, orang enggak ngobrol satu sama lain dan kalau pun ngobrol, biasanya bertemperamen buruk. Akan tetapi, aku sudah ngobrol asyik dengan orang yang asing sama sekali di Tuscon. Aku juga sudah punya banyak teman dan berpacaran dengan wanita cantik yang juga baru pindah ke sini. Sejauh ini, sepertinya pindah ke Tuscon adalah hal yang kubutuhkan untuk menghidupkan lagi hidupku. © slappy_mcslapenstein / Reddit

Apa alasanmu mengambil keputusan untuk memulai dari nol? Seperti apa pengalamanmu? Apa kamu ingin melakukan hal-hal seperti ini atau malah ingin melakukannya lagi?

Kredit foto pratinjau DisGirlCanCookBro / Reddit
Sisi Terang/Aku & Kamu/17 Orang yang Memutuskan untuk Memperbaiki Hidup Mereka dan Memulai dari Nol
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya