Sisi Terang
Sisi Terang

Beginilah Perjalanan Mantan Pekerja dari Italia Ini Hingga Menjadi Sosok Paling Terkenal di TikTok

Cuma sedikit dari kita yang tahu nama orang ini, tapi hampir semua orang yang sering menghabiskan banyak waktu di internet akrab dengan wajahnya. Khaby Lame adalah orang yang merekam reaksinya terhadap kiat-kiat aneh tanpa pernah mengucapkan sepatah kata pun. Dalam rentang beberapa bulan, Khaby telah menjadi salah satu orang paling populer di internet. Tidak banyak orang yang bisa viral secepat dia.

Sisi Terang mencoba mencari tahu bagaimana seorang pekerja sederhana dari Italia ini berhasil menaklukkan TikTok dan membuat jutaan orang di seluruh dunia jatuh cinta pada karya-karyanya.

  • Khaby Lame lahir pada tanggal 9 Maret 2000, di Senegal. Saat usianya 1 tahun, keluarganya pindah ke Italia, ke kota Chivasso, tempat mereka diberi penampungan sosial.
  • Di sekolah, Khaby tertarik pada sepak bola dan bola basket. Setelah lulus, dia mulai bekerja sebagai operator mesin CNC (Computer Numerical Control) untuk perusahaan yang memproduksi peralatan digital. Secara keseluruhan, dia menjalani kehidupan yang biasa saja sampai saat dia dipecat pada Maret 2020.
  • Alih-alih mencari pekerjaan baru sesuai permintaan ayahnya, Khaby kembali ke apartemen orang tuanya dan memutuskan untuk membuat video TikTok.
  • Pada awal-awal penampilannya di internet, kontennya tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan kebanyakan blogger. Dalam videonya, Khaby bicara dalam bahasa Italia dengan tambahan subtitle.
  • Awalnya, Khaby merekam videonya di kamar tidur biasa, yang masih dia tempati bersama saudaranya. Kamar TikToker ini dihiasi bendera nasional Senegal dan syal klub sepak bola favoritnya, Juventus F.C.
  • Channel TikTok-nya terus berkembang dan dia sudah mengumpulkan lebih dari 2 juta follower. Tapi semuanya berubah secara drastis pada awal April 2021, ketika Khaby mulai merekam reaksinya terhadap kiat-kiat aneh dan percuma.
  • Para pengguna internet mulai membagikan video lucunya dan mem-follow-nya di TikTok. Pada akhir bulan itu, Khaby mengalahkan jumlah follower sang “jutawan menari”, seorang pria asal Italia bernama Gianluca Vacchi. Gianluca tadinya adalah orang paling populer di TikTok Italia (18,6 juta follower).
  • Kami ingin mengingatkan sekali lagi, Khaby hanya punya 2 juta follower pada awal April.
  • Saat ini, Khaby Lame sangat populer di TikTok. Jumlah follower-nya terus bertambah dengan pesat. Saat artikel ini dibuat (6 Juli 2021), dia punya 84,4 juta follower. Itu lebih banyak dibanding yang dimiliki Kylie Jenner (33,4 juta), Dwayne the Rock Johnson (37 juta), dan Will Smith (57,8 juta).
  • Pada tanggal 6 Juli 2021, Khaby Lame sudah merebut tempat kedua dalam hal jumlah follower di TikTok, padahal beberapa hari sebelumnya dia masih di tempat ketiga. Sepertinya dalam waktu dekat dia akan merebut tempat pertama, setelah melampaui Charli D’Amelio, seorang blogger dari AS yang punya 119,4 juta follower. The New York Times bahkan menyebutnya sebagai “Ratu Tiktok saat ini”.
  • Bukan cuma itu, Khaby juga punya banyak sekali follower di akun Instagram-nya, yaitu 27,7 juta.
  • Khaby menjadi terkenal hanya lewat rumahnya, tanpa bicara sedikit pun, dan tidak menggunakan apa-apa selain HP jadul dan berimprovisasi. Tidak adanya kata-kata dan fokus pada ekspresi wajah menjadi kunci keberhasilannya. Orang-orang suka menonton pria muda memodifikasi kiat-kiat yang biasanya cuma menawarkan solusi rumit dan aneh untuk masalah sederhana; dan di akhir videonya, Khaby memutar matanya dan merentangkan lengannya seolah bertanya kepada para pembuat kiat ini, “Kenapa kalian tidak melakukannya dengan cara seperti ini saja?”
  • Banyak selebritas dan orang penting ikut menonton Khaby Lame. Bahkan kepala eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, menyukai salah satu unggahannya di Instagram. Pada 19 Mei, Khaby bertemu dengan Alessandro Del Piero, pemain sepakbola legendaris dari Juventus.
  • Selain itu, Khaby Lame juga diminati oleh banyak perusahaan. Selain kontrak pemasaran (dengan produsen pasta, Barilla, misalnya), Khaby juga mendapat banyak tawaran berkolaborasi.
  • Anehnya, Khaby dikenal sebagai TikToker Italia di seluruh dunia meski secara resmi dia bukan orang Italia. Dia tidak punya kewarganegaraan Italia. Khaby mengatakan, tidak memiliki kewarganegaraan Italia tidak pernah menyebabkan masalah baginya. Namun, semuanya berubah saat dia menjadi populer dan mengetahui bahwa paspor Senegal mempersulit proses mendapatkan visa kunjungan ke AS. Dia masih dalam proses mengurus banyak dokumen untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia. Setelah semua selesai, dia berencana untuk pergi ke AS, tempat peluang besar menunggunya.
  • Sama seperti orang-orang populer lainnya, Khaby tidak suka berbagi detail kehidupan pribadinya. Tapi satu hal yang pasti, dia berpacaran dengan seorang gadis bernama Zaira Nucci. Khaby pernah mempublikasikan story yang didedikasikan untuk sang pacar tercinta di Instagram.
  • Khaby Lame sudah menghasilkan banyak uang, tapi itu masih belum cukup untuk membuat impian terbesarnya menjadi kenyataan, yaitu membeli rumah untuk ibunya. “Mungkin di masa mendatang,” ucapnya.

Itulah kisah perjalanan seorang pria biasa yang menjadi salah satu orang paling populer di internet tanpa menggunakan peralatan mahal, efek visual yang kompleks, maupun musik.

Apa kamu juga suka video-video lucu yang dibuat TikToker terkenal ini?

Sisi Terang/Aku & Kamu/Beginilah Perjalanan Mantan Pekerja dari Italia Ini Hingga Menjadi Sosok Paling Terkenal di TikTok
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya