Sisi Terang
Sisi Terang

Di Usia 94 Tahun, Supermodel Daphne Selfe Mengejutkan Industri Mode serta Mendobrak Standar Usia dan Kecantikan

Di bisnis model, kita bisa membayangkan gadis-gadis belia yang melakukan peragaan busana dan muncul di sampul majalah populer. Hal itu lumrah sebab batasan usia untuk model di kebanyakan agensi model adalah 16-21 tahun. Semakin muda citra yang bisa diciptakan model tersebut, semakin baik untuk agensi. Namun, supermodel Daphne Selfe, 94 tahun, yang menjadi supermodel paling awet di dunia, bisa mendobrak standar usia yang dimiliki industri kecantikan dan membuktikan bahwa semakin tua, manusia semakin elegan dan menarik.

Karier Daphne Selfe dimulai dulu sekali dan terinspirasi oleh kerajaan Inggris.

Model profesional tertua di dunia, Daphne Selfe, yang menginjak usia 94 tahun, berkata dia “tidak pensiun”. Wanita asal Inggris ini telah berkecimpung di dunia model selama 70 tahun. Dia pernah bekerja untuk banyak merek terkenal, seperti Dolce & Gabbana, berpose untuk berbagai seniman, muncul di TV, dan bahkan menulis sebuah memoar. Salah satu momen paling berharga dalam hidupnya adalah menjadi salah satu orang di daftar Kehormatan Tahun Baru Ratu, dan dia bahkan memiliki Medali Kerajaan Inggris.

Ikon gayanya adalah Ratu, dan dalam salah satu wawancaranya, Daphne berkata, “Menurutku, kita pasti selalu mengagumi kerajaan, Ratu muda sangat cantik. Mereka menjalani hidup glamor. Kira-kira begitu. Sementara itu, sekarang, orang-orang tidak mau berdandan lagi. Menurutku, itu sangat disayangkan karena aku suka berdandan!”

Model ini sudah berkecimpung di dunia mode dan kecantikan sejak lama.

Dunia mode menemukan Selfe pada tahun 1949 saat dia baru berusia 21 tahun. Dia mengingat momen itu, “Saat itu, aku sedang bekerja di sebuah toko di Reading, barat London. Mereka sedang mengadakan lomba peragaan busana. Semua wanita muda menginginkannya, dan hadiahnya adalah tampil di sampul Reading & Berkshire Review. Aku menang.”

Dunia model sendiri sangat berbeda pada masa itu. Sekarang, banyak model mewakili merek pribadi bernilai jutaan dan punya agen yang menegosiasi pekerjaan apa yang akan mereka lakukan atau tidak.

Namun, Selfe memulai kariernya di dunia yang benar-benar berbeda. Dia mengatakan, “Menjadi model pada saat itu sangat berbeda dengan sekarang. Fotografi warna baru muncul. Kami tidak punya Pekan Mode London yang baru lahir 25 tahun lalu. Kebanyakan peragaan busana diadakan di toko-toko besar di London, Northampton, dan Bournemouth. Hanya 1 atau 2 wanita yang pernah pergi ke Paris. Orang-orang tak akan pernah mendengar siapa pun yang menjadi model saat itu.”

Di usia 94 tahun, sang model masih penuh semangat dan lincah.

Menjadi orang yang aktif sepanjang hidupnya, wanita ini masih dipenuhi energi. Dia memang sudah tidak menyetir, tapi dia senang bepergian ke berbagai tempat dengan kereta dari rumahnya di Baldock, Hertfordshire. Dia memiliki tiga anak yang kini berusia 50 dan 60-an tahun. Dia juga dikaruniai empat cucu yang berusia 20-an tahun. Dia seorang janda, tapi terkadang berkencan dan bertemu orang baru di bioskop atau tempat lain.

Dia sangat sehat meskipun vaskulitis di kakinya membuatnya tidak bisa memakai sepatu hak tinggi lagi. Dan dia masih sangat cantik. Itu sebabnya, di usia 70 tahun, dia menjadi nenek semua tren mode yang kembali hadir dan menunjukkan dirinya kepada dunia sebagai supermodel yang mendobrak stereotipe untuk milenium baru.

Selfe menjadi simbol zaman baru dunia model.

Daphne terus mengejutkan dunia mode. Kemunculannya adalah simbol kekuatan wanita tua di dunia mode, masa dimulainya zaman spesial, yang kini disebut media sebagai “greynaisssance”. Dia memiliki saran untuk semua model baru, tapi ternyata bisa diamalkan oleh seluruh wanita di dunia.

Dia berkata, “Menjaga kesehatan adalah hal terpenting karena menjadi model adalah kerja keras jika kamu melakukannya dengan benar. Pekerjaan ini lama, banyak menunggu, banyak aktivitas fisik, dan kamu juga butuh etika kerja yang baik. Dengan kata lain, tepat waktu, jangan macam-macam begitu sukses, dan menjauh dari ponsel.”

Dia menambahkan beberapa detail tentang gaya hidupnya sekarang dengan menjelaskan, “Aku biasanya melakukan rangkaian olahraga, seperti yoga, balet, sedikit angkat beban, tapi juga sepeda statis. Tentu saja, aku tidak bisa melakukan semuanya setiap hari, tapi aku selalu melakukan peregangan.”

Apa yang paling membuatmu terkesan dan terinspirasi dari kisah Daphne Selfe? Kamu punya panutan yang energi dan semangatnya untuk hidup membuatmu terinspirasi?

Sisi Terang/Aku & Kamu/Di Usia 94 Tahun, Supermodel Daphne Selfe Mengejutkan Industri Mode serta Mendobrak Standar Usia dan Kecantikan
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya