Inilah 10 Lagu Populer yang Awalnya Digubah untuk Penyanyi Lain

Ada banyak lagu yang begitu ikonik, sehingga sulit dibayangkan dinyanyikan oleh artis lain. Tapi sebagian hits terbesar industri musik bisa saja hasilnya lain dari yang biasa kita dengar dan tirukan. Entah itu karena nasib, kebetulan, atau keberuntungan, para artis ini cukup beruntung akhirnya membawakan lagu-lagu ini, yang ternyata menjadi sangat terkenal.

Kami di Sisi Terang menemukan bahwa sebagian dari lagu-lagu favorit kami sebetulnya dimaksudkan bagi artis lain. Kamu mungkin akan terkejut seperti kami.

1. Shape of You

Dengan lebih dari 5 miliar kali ditonton di YouTube, lagu Ed Sheeran, Shape of You, merupakan lagu nomor 1 yang diputar di Spotify pada tahun 2019. Tapi, dalam sebuah wawancara dengan Radio BBC 1, sang penulis lagu mengungkapkan bahwa lagu hit ini awalnya dimaksudkan untuk Rihanna. Tapi karena sebagian liriknya seperti “...putting Van The Man on the jukebox...” kemudian diputuskan bahwa seharusnya dia menyanyikan lagu itu sebagai gantinya.

2. Rock Your Body

Rock Your Body adalah lagu yang membantu mengorbitkan Justin Timberlake menjadi artis solo pop R&B. Lagu itu ditulis oleh Chad Hugo dan Pharrell Williams, yang di tahun ’90-an dikenal sebagai The Neptunes. Duo itu awalnya menulis lagu tersebut untuk Raja Pop, Michael Jackson, yang tidak memakai lagu mereka, sehingga mereka putuskan untuk diberikan dan berkolaborasi dengan Justin Timberlake.

3. I Don’t Wanna Miss A Thing

Single hit yang dinyanyikan oleh Aerosmith ini awalnya dirilis dalam musik latar asli film Armageddon. Lagu itu ditulis oleh penulis lagu-lagu balada, Dianne Warren, yang mengungkapkan bahwa awalnya dia membayangkan Celine Dion akan menjadi penyanyinya.

4. Telephone

Stefani Germanotta, yang lebih dikenal umum sebagai Lady Gaga awalnya menulis lagu Telephone untuk Britney Spears. Tapi saat lagunya ditolak oleh artis pop itu, Gaga mengambil lagu tersebut dan bekerja sama dengan Beyonce untuk mengubahnya menjadi lagu hit yang dilihat oleh hampir 400 juta orang di YouTube.

5. Cheap Thrills

Ketika Sia berhenti menyanyi dan tampil, dia fokus menulis lagu untuk nama-nama besar seperti Madonna, Rihanna, dan Beyoncé. Sia awalnya menulis Cheap Thrills untuk Rihanna, yang tidak mengambil lagu itu. Kemudian dia berkolaborasi dengan Sean Paul pada lagu itu, yang memberinya 3 nominasi pada tahun 2016.

6. All About That Bass

Sebelum menjadi penyanyi pop, pemenang Grammy, Meghan Trainer adalah penulis lagu, yang menggubah lagu-lagu untuk banyak artis terkenal seperti Rascall Flatts, Fifth Harmony, dan JLo. Awalnya, dia memaksudkan All About That Bass untuk nama-nama besar seperti Beyoncé dan Adele tapi memutuskan untuk menampilkannya sendiri saat tidak ada seorang pun mengambilnya. Lagu ini berakhir sebagai single hit pertamanya dan membawanya memenangkan penghargaan Grammy.

7. Let’s Get Loud

Let’s Get Loud adalah salah satu lagu dan kinerja musik JLo yang sangat diakui. Meskipun populer, awalnya lagu itu dimaksudkan bagi rekan penggubahnya, Gloria Estefan. Tapi, Estefan merasa bahwa lagu itu terlalu mirip dengan lagu-lagunya yang lain dan memutuskan untuk memberikannya kepada Jennifer Lopez dengan harapan penyanyi Latin itu akan “membuatnya lebih seru” dan menambahkan ciri khasnya sendiri ke dalamnya.

8. Miss Independent

Lagu itu diberikan kepada Christina Aguilera yang menggarapnya untuk album Stripped-nya. Tapi lagu itu tidak pernah berhasil memasuki album tersebut dan diberikan kepada pemenang American Idol, Kelly Clarkson.

9. Halo

Lagu Halo memenangkan banyak penghargaan dan nominasi Grammy untuk Beyoncé pada tahun 2009 dan 2010. Ryan Tedder, penyanyi utama One Republic, dan salah satu penulis lagu itu, mengungkapkan bahwa lagu ini sebenarnya diperuntukkan bagi pemenang X factor, Leona Lewis, tapi berakhir dengan Queen B.

10. Umbrella

Lagu lain yang ditolak Britney Spears adalah lagu yang memungkinkan Rihanna memenangkan sebuah penghargaan Grammy pada tahun 2008. Awalnya, Umbrella diperuntukkan bagi Spears, yang memberikannya, lantas dijadikan single yang sukses besar oleh artis R&B itu.

Apa menurutmu lagu-lagu ini jatuh ke tangan artis yang tepat?

Bagikan Artikel Ini