Sisi Terang
Sisi Terang

Inilah 10 Seleb yang Benar-Benar Memilih Hidup Sederhana

“Kekayaan dan kesuksesan tidak membuatmu bahagia.” Ini bukan kutipan dari Dalai Lama, tapi Leonardo DiCaprio. Menyenangkan sekali melihat seleb menjalani kehidupan wajar dalam rumah sederhana, membagikan uang yang mereka dapat dengan orang-orang yang membutuhkan, dan tidak pamer. Menyenangkan ketika mengetahui bahwa menjadi orang kaya tidak membuat mereka manja.

Kami di Sisi Terang menghormati orang-orang rendah hati yang tahu bahwa uang bukan prioritas utama mereka dan ingin membagikan kisah beberapa selebritas yang mendukung filosofi ini.

1. Jennifer Lawrence

Jennifer Lawrence adalah aktris dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2015 dan 2016 dengan pendapatan tahunan sebesar ~Rp745 miliar dan ~Rp658 miliar. Meskipun pemasukannya besar, dia tidak menghambur-hamburkan uang dan disebut sebagai “panutan dalam keuangan”. Dalam satu wawancara, dia mengaku selalu hidup di apartemen kecil yang ada tikusnya di New York, atau sebuah kondominium kecil di LA, atau di rumah biasa di Kentucky.

Hidup sederhana diekspresikan bukan cuma dalam bentuk menabung, tapi dalam membantu orang dan mengumpulkan uang untuk berbagai organisasi nirlaba. Tahun 2016, dia mendonasikan ~Rp28,6 miliar kepada Rumah Sakit Anak Koisar di Louisville.

2. Keanu Reeves

Citra Reeves di mata publik sangat positif. Dia dikenal sebagai seorang yang gila kerja, menarik dan “luar biasa pemalu”. Setelah film The Matrix dirilis, dia memberikan ~Rp1,1 triliun dari pendapatannya sebesar ~Rp1,6 triliun untuk orang-orang yang bekerja di bagian efek khusus dan make-up. Dia bilang uang adalah hal terakhir yang dia pikirkan. “Aku bisa hidup dengan apa yang sudah kudapatkan selama beberapa abad mendatang.

Bahkan menjadi populer di seluruh dunia dan menghasilkan uang miliaran tidak merusak karakternya. Misalnya, di bulan Maret 2019, Keanu sedang terbang menuju Los Angeles, tapi penerbangan malah dibelokkan ke Bakersfield. Dia tidak menunggu pesawat diperbaiki, tapi justru mengatur sebuah mobil van untuk mengangkutnya dan penumpang lain ke kota tujuannya.

3. Elijah Wood

Elijah Wood sangat populer karena perannya sebagai Frodo dalam The Lord of the Rings. Pada tahun 2003, film ini meraup lebih dari ~Rp15,74 triliun di box office internasional. Aktor ini bisa saja terlena dengan ketenaran dan uang yang dia punya, tapi itu tidak terjadi. Dalam sebuah wawancara, dia bilang bahwa salah satu pelajaran hidup yang paling penting baginya adalah kesederhanaan dan salah satu benda termahal yang pernah dia beli adalah peralatan audio untuk rumahnya.

Aku selalu peduli akan orang lain, memikirkan perasaan mereka, dan bukan perasaanku sendiri,tutur Elijah. Dan itu bukan cuma sekadar kata-kata manisnya. Dia membuktikannya dengan melakukan kegiatan amal yang luar biasa dan tidak pernah lupa kepada orang-orang yang membutuhkan.

4. Sarah Michelle Gellar

Sarah Michelle Gellar memulai karier aktingnya di awal masa anak-anaknya. Meskipun merupakan selebritas terkenal, Gellar lebih suka menjalani kehidupan sederhana. Bersama Freddie Prinze Jr., yang telah dinikahinya sejak tahun 2002, mereka memiliki 2 anak yang manis. Pasangan itu tampak sangat bahagia dan selalu mengunggah foto-foto momen menyenangkan dalam kehidupan mereka yang tenang.

Aktris itu juga aktif menyuarakan berbagai kegiatan amal. Dia berkata, “Aku memulai segalanya, sebab ibuku dulu mengajariku bahwa ketika kamu tidak punya apa-apa, masih ada cara untuk memberi. Dan yang kami dapatkan sebagai balasan dari perbuatan itu adalah sepuluh kali lipat banyaknya. Tapi itu tidak selalu mudah, sebab aku tidak bisa berbuat banyak. Aku tidak bisa berbuat lebih dari sekadar memberikan donasi uang ketika aku di [Buffy], sebab aku tidak punya waktu. Dan sekarang, setelah aku ada waktu, segalanya terasa luar biasa.”

5. Robert Pattinson

Robert Pattinson dinyatakan sebagai salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di tahun 2010. Majalah Time juga menyebutnya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Dalam wawancaranya, dia mengakui bahwa selama 15 tahun, meskipun memiliki pemasukan yang besar, dia tetap sederhana dalam banyak hal. “Ini masih gaya berpakaianku,” katanya ketika dia menunjuk kaus skater yang dipakainya.

Di samping itu, dia tidak melupakan beramal dan membagikan hartanya yang banyak kepada orang lain. “Aku telah menjadi donor dan pendukung kegiatan kemanusiaan, dan sekarang aku ingin bergabung dengan mereka, sehingga bersama-sama kita bisa memberi peluang kepada lebih banyak anak dan remaja di seluruh dunia,” katanya dalam sebuah kampanye nirlaba.

6. Mark Zuckerberg

Sejak 2010, majalah Time telah menyebut Mark Zuckerberg sebagai salah satu orang terkaya dan paling berpengaruh di dunia. Tapi media masih melihatnya hidup sederhana. Misalnya, dia membeli mobil yang sangat sederhana seperti Honda Fit, dan sebuah Volkswagen Golf.

Alih-alih berpesta, dia memilih kehidupan keluarga dan menikah dengan Priscilla Chan di tahun 2012. Mereka memiliki 2 anak.

7. Blake Lively dan Ryan Reynolds

Pasangan manis ini bisa menjadi panutan bagi kita semua. Mereka telah menikah sejak tahun 2012 dan dikaruniai 3 anak. Mereka terkenal, sukses, dan memiliki akses terhadap kehidupan yang sangat mewah, tapi keluarga ini malah memilih tinggal di Pound Ridge, sebuah kota kecil di negara bagian New York. Blake bertutur tentang Ryan bahwa dia suka menghabiskan waktu bersama keluarga. Sang aktor juga mengakui bahwa kamu juga harus melakukan yang kotor-kotor, seperti mengganti popok serta hal-hal yang biasa dilakukan tengah malam.

8. Mick Jagger

Mick Jagger adalah legenda dan ketenarannya adalah hasil nyata dari kariernya selama 5 dekade. Tapi kehidupan pribadi juga sangat penting baginya. Dia memiliki 8 anak. Anak terakhirnya lahir pada tahun 2016 ketika Jagger sudah berumur 73 tahun. Penyanyi itu senang menikmati waktu bersama keluarga dan telah terlihat sedang bermain dengan bayi mereka bersama pasangannya.

9. Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio termasuk dalam daftar tahunan aktor dengan bayaran tertinggi versi majalah Forbes dari tahun 2010 sampai 2016, masing-masing dengan pendapatan ~Rp400 miliar, ~Rp1,1 triliun, ~Rp529 miliar, ~Rp557 miliar, ~Rp414,4 miliar, dan ~Rp385,8 miliar. Kelihatannya dia bisa membeli toilet emas dan rumah baru tiap bulan. Tapi dia malah memilih menjalani kehidupan yang biasa saja.

Selain itu, DiCaprio memahami kebutuhan orang tidak mampu dan membagikan uangnya kepada dunia. Di tahun 2020, yayasannya mendonasikan ~Rp42,9 miliar untuk upaya mengatasi kebakaran hutan di Australia.

10. Shailene Woodley

Shailene Woodley bukan cuma seorang aktris, tapi juga aktivis lingkungan dan sibuk melakukan advokasi iklim. Dia dan ibunya mendirikan sebuah organisasi nirlaba yang mengedukasi pemuda untuk mempraktikkan empati, belas kasih dan tanggung jawab.

Woodley tetap membumi dan tidak manja. “Aku pergi keluar entah ketika berada di kota besar maupun di dusun-dusun negara bagian mana pun. Aku berusaha terhubung dengan alam, pepohonan, cuma menghirup udara segar ketika jalan-jalan dan menemukan diriku hidup di dalam hatiku, bukan hanya di pikiranku, ” dia berujar. Woodley mencoba menjalani hidup alami dan lebih suka produk-produk dan make-up alami.

Menurutmu, siapa orang yang paling sederhana dari kalangan seleb sekarang ini? Apa kamu memiliki filosofi hidup sederhana yang sama seperti mereka?

Sisi Terang/Aku & Kamu/Inilah 10 Seleb yang Benar-Benar Memilih Hidup Sederhana
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya