Inilah Penampilan 20 Wanita yang Pernah Mendapat Gelar “Miss Universe” di Abad ke-20

“Miss Universe” adalah salah satu kontes kecantikan paling bergengsi di dunia. Acara ini telah diadakan sejak tahun 1952 dan merupakan satu bagian dari Empat Besar kontes kecantikan Internasional bersama “Miss World”, “Miss International”, dan “Miss Earth”.

Tim Sisi Terang terpesona oleh masing-masing pemenang kontes ini. Kami rasa, kamu juga akan mengapresiasi kecantikan ideal dari abad ke-20 ini.

1. Armi Kuusela (1952)

Armi Kuusela adalah seorang foto model dan aktris asal Finlandia. Dialah yang menjadi pemenang pertama kontes ini. Setelah kemenangannya, Finlandia memproduksi film The Most Beautiful Girl in the World, di mana wanita muda itu sendiri yang menjadi pemainnya.

2. Hillevi Rombin (1955)

Hillevi Rombin berasal dari Swedia. Dia merupakan seorang atlet profesional sebelum ambil bagian dalam berbagai kontes kecantikan. Setelah kemenangannya dalam kontes “Miss Universe,” dia pergi ke Hollywood untuk belajar akting. Dia berperan dalam dua episode sebelum menikah dan meninggalkan karier modeling serta akting. Foto di atas adalah Hillevi dan suaminya.

3. Luz Marina Zuluaga (1958)

Model ini lahir di Kolombia, dan sampai tahun 2014, dia adalah satu-satunya wanita Kolombia yang pernah mendapat gelar “Miss Universe”. Kedengarannya memang aneh, tapi wanita ini mengikuti kontes secara tidak sengaja. Dia menduduki urutan kedua dalam kontes “Miss Colombia”, tapi karena gadis yang menempati urutan pertama menikah, menurut aturan dia tidak bisa lagi mengikuti kontes “Miss Universe”. Jadi, Luz yang mengikuti lomba.

4. Marlene Schmidt (1961)

Sejauh ini, Marlene Schmidt adalah gadis Jerman pertama dan satu-satunya yang mendapat gelar “Miss Universe”. Setelah kemenangannya dalam kontes itu, dia memproduksi film, menulis naskah film, dan meniti karier sebagai seorang aktris. Sayang dia gagal meraih keberhasilan besar.

5. Apasra Hongsakula (1965)

Apasra Hongsakula adalah wanita pertama dari Thailand yang memenangkan kontes ini. Mungkin ini terjadi karena Ratu Thailand sendiri yang menyiapkan gadis ini untuk mengikuti kontes “Miss Universe”. Sang Ratu mengajari gadis itu cara memiliki postur yang bagus dan bergerak dengan benar.

6. Sylvia Hitchcock (1967)

Gadis ini mewakili Amerika Serikat dalam kontes tersebut. Setelah kemenangannya, dia mencoba membangun karier sebagai model di New York, tapi gagal meraih sukses dan kembali ke kota asalnya untuk bekerja di sebuah stasiun televisi.

7. Marisol Malaret (1970)

Takdir gadis ini cukup keras. Dia harus mulai bekerja di usia muda karena kematian ayahnya dan penyakit parah ibunya. Tapi ini tidak mencegah Marisol Malaret untuk menjadi sukses. Gadis itu menjadi wanita Puerto Riko pertama yang memenangkan gelar “Miss Universe”.

8. Amparo Muñoz (1974)

Setelah memenangkan kontes kecantikan itu, model Spanyol ini memutuskan untuk menjadi seorang aktris. Dia berhasil berakting dalam 20 film, dan yang terakhir dirilis tahun 2000.

9. Rina Mor (1976)

Tetangga Rina Mor memasukkan formulir untuk ikut serta dalam kontes kecantikan itu atas nama Rina. Pada saat itu, Rina sedang berdinas sebagai tentara. Meskipun begitu, dia bukan hanya berhasil memenangkan gelar “Miss Israel” tapi juga “Miss Universe.”

Bahkan 39 tahun kemudian, mantan model yang sekarang menjadi pengacara ini masih tampak sangat cantik.

10. Margaret Gardiner (1978)

Margaret Gardiner adalah wanita pertama dari Afrika Selatan yang pernah memenangkan kontes ini. Dia adalah jurnalis sukses serta penulis dua buku yang diperuntukkan bagi dunia kesehatan dan kecantikan.

Dilihat dari penampilannya, Margaret tahu cara merawat diri. Lihat betapa cantiknya dia di usia 59 tahun!

11. Shawn Weatherly (1980)

Shawn Weatherly adalah anak ketiga yang lahir dalam keluarga mantan model Christian Dior. Profesinya adalah sebagai perawat. Setelah memenangkan kontes itu, dia berakting dalam beberapa film dan serial TV. Dia memainkan Jill Riley dalam Baywatch.

12. Yvonne Ryding (1984)

Yvonne Ryding adalah presenter TV dan penari. Dia adalah wanita Swedia ketiga yang mendapatkan gelar “Miss Universe”. Saat itu, gadis tersebut berumur 21 tahun. Kemudian, dia mendirikan usaha kosmetik sendiri.

Yvonne berumur 45 tahun dalam foto ini.

13. Deborah Carthy-Deu (1985)

Deborah Carthy-Deu adalah gadis Puerto Riko kedua yang memenangkan gelar “Miss Universe”. Kini, dia adalah aktris dan presenter TV terkenal di negaranya.

14. Cecilia Bolocco (1987)

Cecilia Bolocco berakting dalam banyak film dan menjadi presenter berbagai acara TV. Dia adalah gadis pertama dari Chile yang memperoleh gelar “Miss Universe”.

15. Angela Visser (1989)

Pada tahun 1988, Angela Visser mengikuti kontes “Miss World”, tapi dia bahkan tidak berhasil masuk 10 besar. Setahun kemudian, usaha keduanya berhasil, dan gadis itu memperoleh gelar “Miss Universe”. Setelah kemenangannya, Angela memulai karier dalam dunia akting.

16. Lupita Jones (1991)

Lupita menjadi gadis Meksiko pertama yang mendapt gelar “Miss Universe”. Dia menjadi pengarah kontes kecantikan resmi Meksiko dan membantu 2 rekan senegaranya menang pada tahun 2010 dan 2020.

17. Dayanara Torres (1993)

Dayanara adalah model dan aktris Puerto Rico. Gadis itu memulai karier di bidang akting dan modeling setelah memenangkan kontes tersebut.

18. Alicia Machado (1996)

Alicia Machado Mewakili Venezuela dalam kontes itu dan menjadi pemenang keempat dari negara ini. Setelah kemenangannya, dia mulai membangun karier dalam bidang akting dan bahkan memenangkan penghargaan “Aktris Pendatang Baru Terbaik” pada tahun 1998.

Kini, Alicia memposisikan diri sebagai seorang artis. Dia memiliki akun Instagram dan sukses dengan 1,5 juta follower.

19. Brook Lee (1997)

Gadis ini memiliki darah campuran berbagai kebangsaan: Tiongkok, Korea, Hawaii, Denmark, Portugis, Prancis, dan Inggris. Brook berusia 26 tahun saat memenangkan gelar “Miss Universe”, umur yang cukup tua untuk peserta kontes kecantikan.

20. Mpule Kwelagobe (1999)

Gadis ini berasal dari Botswana. Setelah memenangkan kontes ini, dia mendaftar di perguruan tinggi dan berhasil lulus dengan gelar dalam bidang Ekonomi Politik Internasional (IPE). Mpule secara aktif membela hak-hak wanita dan berpartisipasi dalam berbagai kampanye yang bertujuan mencegah penyebaran HIV dan AIDS.

Apa menurutmu gadis-gadis ini akan menang seandainya mereka ikut serta dalam kontes ini sekarang? Apa menurutmu standar kecantikan telah berubah banyak sejak saat itu?

Bagikan Artikel Ini