Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Morgan Freeman Mengubah Peternakan Seluas 50 Hektare Lebih Menjadi Suaka Lebah Guna Menyelamatkan Bumi

Dalam beberapa dekade terakhir, para petani dan ilmuwan telah mengamati penurunan dramatis populasi lebah dunia. Di Amerika Serikat, jumlah koloni lebah pekerja per hektar telah berkurang sebanyak 90% sejak 1962. Kita kehilangan lebah karena perubahan iklim, pestisida, dan penurunan habitat alami secara menyeluruh. Ada beberapa orang yang tidak bisa diam begitu saja dan mereka memperjuangkan lebah serta mencoba memulihkannya dengan cara apa saja yang mungkin ditempuh. Aktor terkenal Morgan Freeman adalah salah satu dari orang-orang ini.

Di Sisi Terang, kami mengagumi cara aktor favorit kita mencoba menyelamatkan lebah-lebah itu, dan beginilah dia melakukannya.

Morgan Freeman sedang mencoba menghentikan penurunan populasi lebah dengan mengubah peternakannya di Mississippi menjadi surga lebah.

Morgan Freeman mulai tertarik pada budidaya lebah pada tahun 2014 saat dia menjadikan hal ini sebagai hobi, akibat kematian lebah massal yang terjadi di Amerika Serikat. Sejak saat itu, Morgan telah mendatangkan lebih dari 26 sarang lebah dari Arkansas ke peternakannya yang seluas 50 hektare lebih di Mississippi, yang telah berubah menjadi surganya lebah dengan tanaman klover, pohon magnolia, dan lavender yang mekar.

Morgan Freeman telah bergabung dengan gerakan global untuk mendukung pelestarian lebah, dan dia terus membangkitkan kesadaran, dengan memberi tahu banyak orang arti penting mempertahankan kehidupan lebah. “Ada upaya bersama untuk mengembalikan lebah ke planet ini... Kurasa, kita tidak sadar bahwa fondasi pertumbuhan planet ini adalah vegetasi,” kata Freeman dalam salah satu wawancaranya.

Kenapa menjaga kelangsungan hidup lebah penting sekali?

Lebah madu liar dan domestik melakukan sekitar 80% penyerbukan di dunia. Bayangkan saja: satu koloni lebah bisa menyerbuki sekitar 300 juta bunga sehari. Lebah menyerbuki sebagian besar buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayur-mayur yang kita makan, dan tanpa serangga luar biasa ini, manusia sebagai spesies akan terancam kepunahan. Penggunaan bahan kimia yang luas, perubahan iklim dan penurunan habitat alami lebah menyebabkan penurunan populasinya, dan ini saatnya kita mulai bertindak, baik bersama-sama maupun secara individu.

Masing-masing dari kita bisa mengambil bagian untuk menyelamatkan serangga berharga ini.

Langkah-langkah besar untuk melawan penurunan lebah global, seperti pelarangan pestisida pembunuh lebah, ditangani di tingkat tinggi, tapi ada hal-hal yang bisa dilakukan masing-masing dari kita. Cara efektif memulihkan populasi lebah lokal adalah dengan menanam bunga-bunga, terutama yang disukai lebah, seperti echinacea, crocus, hyacinth, calendula dan lain-lain di halaman dan kebunmu. Ide yang lebih inovatif adalah pemasangan “Batu Bata Lebah” yang berfungsi sebagai rumah lebah tersendiri di rumah, halaman, atau kebunmu. Kamu juga bisa mencoba membuat rumah lebah sendiri dari beberapa bahan dasar, seperti yang ditunjukkan dalam video ini.

Apa kamu tahu bahwa lebah berisiko terancam punah? Apa menurutmu kamu bisa melakukan sesuatu untuk membantu lebah bertahan hidup?

Bagikan Artikel Ini