Sisi Terang
Sisi Terang

Orang Tua 6 Seleb Ini Mengubah Sejarah Dunia sebelum Melahirkan Bintang

Orang tua kita punya banyak cerita menarik. Kamu mungkin ingat beberapa anekdot yang mereka ceritakan tentang pengalaman masa muda, petualangan aneh, pekerjaan, dan tentu saja “masa lalu yang indah”. Nah, para orang tua selebritas ini pun tidak mau ketinggalan. Sebelum membesarkan bintang Hollywood, mereka juga punya momen unik yang mencatat sejarah dengan melakukan apa yang paling mereka sukai.

Sisi Terang ingin mengenal lebih dekat beberapa orang tua ini. Mereka bukan cuma membesarkan seorang selebritas, tapi juga berhasil mengubah sejarah dunia selamanya dan menunjukkan kepada kita bahwa talenta datang dari gen.

1. Ibu Jack Black, Judith Love Cohen

Ibunya Jack Black adalah pahlawan masa kini dan kisahnya mengingatkan kita bahwa kita bisa menyelamatkan dunia pada hari yang sama ketika kita melahirkan seorang calon bintang besar Hollywood. Judith Love Cohen adalah seorang insinyur luar angkasa. Dengan kecintaan yang mendalam pada matematika dan sains, dia bekerja sebagai insinyur listrik untuk Teleskop Luar Angkasa Hubble dan perusahaan TRW untuk proyek-proyek luar angkasa.

Namun, kisahnya yang paling hebat datang ketika Jack Black lahir. Pada tanggal 28 Agustus 1969, Judith pergi dari kantornya menuju rumah sakit. Akan tetapi, saat mau keluar kantor, dia berhenti untuk mengambil dokumen yang sedang dia kerjakan. Kemudian, pada hari yang sama, dia memecahkan masalah terkait Abort-Guidance System, sebuah rencana utama penting yang digunakan untuk mengembalikan kru dengan aman dan menyelamatkan para astronaut Apollo 13. Semua ini dia lakukan sebelum melahirkan.

2. Ayah Glenn Close, Dokter William Close

Terkenal karena kemampuan aktingnya dan peran utamanya sebagai Cruella de Vil dalam film tahun 1996, 101 Dalmatians, Glenn Close adalah putri dari salah satu dokter paling penting dalam sejarah era 1970-an. Ayahnya, dr. William Taliaferro Close, menghentikan wabah demam berdarah Ebola di Afrika Tengah.

Pada tahun 1976, saat wabah ini mulai menyebar di wilayah Afrika, dia bertugas mengoordinasikan berbagai upaya untuk menahan dan menyusun rencana tindakan untuk mencegah penyebarannya yang masif demi menyelamatkan ribuan nyawa. Dokter Close juga menjabat sebagai dokter pribadi Presiden Zaire, Mobutu Sese Seko.

3. Ayah Kanye West, Ray West

Saat membicarakan ayahnya, penyanyi rap Kanye West lebih sering tertutup. Namun, dia pernah memberi tahu kita bahwa ayahnya adalah sahabatnya. Ray West adalah anggota organisasi Amerika yang didirikan untuk menyebarkan hak-hak manusia.

Selain itu, Ray West pernah menjadi jurnalis foto pertama di komunitasnya yang bekerja untuk Atlanta Constitution-Journal. Dia memotret tokoh-tokoh penting dalam dekade ini, seperti Presiden Ronald Reagan dan penulis terkenal, Maya Angelou.

4. Ibu Katharine Hepburn, Katharine Martha Houghton Hepburn

Katherine Hepburn dikenal sebagai ikon Hollywood klasik. Menjadi nomine untuk beberapa penghargaan Oscar dan pemenang empat Academy Awards, aktris tersohor ini menemukan inspirasinya dari ibunya. Katharine Martha Houghton Hepburn adalah panutan feminis, pejuang hak pilih, dan pemimpin gerakan pengendalian kelahiran di awal abad ke-20.

Sejak masih sangat muda, Katharine memegang teguh soal kesetaraan perempuan. Pada tahun 1899, ibu Hepburn lulus dengan gelar sarjana dalam bidang ilmu politik dan sejarah. Dia juga mengabdikan seluruh hidupnya untuk memperjuangkan hak-hak perempuan. Dia menjadi salah satu pejuang hak pilih Connecticut yang paling menginspirasi.

Bersama Margaret Sanger, dia mendirikan Birth Control League of America, sebuah organisasi yang kini dikenal sebagai Planned Parenthood, yang merupakan organisasi keluarga berencana sukarela tertua dan terbesar di Amerika Serikat.

5. Ibu Lenny Kravitz, Roxie Roker

Musisi dan produser berbakat, Lenny Kravitz, dibesarkan oleh seorang wanita kuat yang namanya mulai dikenal dunia saat rasisme sedang mencapai puncaknya di masyarakat dan industri hiburan. Roxie Rocker adalah seorang aktris Afrika-Bahama-Amerika. Dia merupakan orang pertama yang menggambarkan pasangan antarras di televisi dalam The Jeffersons bersama Franklin Cover.

Dia bukan hanya berhasil di Hollywood, tapi juga bekerja untuk komunitasnya. Dia berpartisipasi dalam gerakan yang mendukung hak-hak anak dan menunjukkan kepada seluruh negara bahwa bakat tidak punya hambatan ras.

6. Ayah Hugh Laurie, Ran Laurie

Dalam peran terbesarnya sebagai dr. House, Hugh Laurie memantapkan namanya di dunia akting. Kita bisa berspekulasi bahwa inspirasi terbesarnya dalam berperan sebagai dokter adalah ayahnya sendiri, Ran Laurie.

Ran bekerja sebagai dokter, tapi yang membuat namanya tercatat dalam buku sejarah adalah Ran pernah menjadi atlet dayung terkenal. Pada tahun 1930, dia memenangkan beberapa gelar dalam olahraga dayung. Pada tahun 1948, bersama dengan rekannya, Jack Wilson, mereka berkompetisi di Olimpiade London untuk memenangkan emas di negara asal mereka.

Apa orang tuamu juga punya kisah unik sebelum kamu lahir yang layak diceritakan? Tuliskan ceritanya di kolom komentar, ya!

Sisi Terang/Aku & Kamu/Orang Tua 6 Seleb Ini Mengubah Sejarah Dunia sebelum Melahirkan Bintang
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya