Sisi Terang
Sisi Terang

Perjuangan Macaulay Culkin Terlepas dari Ayahnya yang Mengekang, Mengalahkan Depresi, dan Kembali Tampil Memukau

Bagi banyak orang, Home Alone sangat dekat dengan liburan Natal. Kita semua pasti suka menonton anak pintar, yang diperankan oleh Macaulay Culkin, mengerjai orang-orang jahat berulang kali. Tapi kehidupan sang aktor sendiri tidak sebahagia kisah di film ini. Perannya sebagai Kevin memang menjadikannya populer, tapi juga membawa banyak masalah.

Artikel Sisi Terang kali ini akan menceritakan bagaimana Macaulay berhasil mengalahkan depresi dan kecanduannya, serta menjalani kehidupannya kembali secara utuh.

Masa anak-anak dan peran pertama

Macaulay Culkin dan ayahnya

  • Karier Macaulay tidak dimulai dari Home Alone. Bahkan, perannya sebagai Kevin bukan peran utama pertamanya: peran utama pertamanya adalah untuk film Uncle Buck saat dia baru berusia 8 tahun.
  • Dahulu, ayah Macaulay adalah seorang aktor Broadway, tapi saat anak-anaknya lahir, dia turun panggung. Ketika Macaulay masih bayi, keluarganya benar-benar miskin.
  • Peran Kevin hampir diberikan kepada anak lain. Jika anak itu yang mendapatkannya, Kevin akan punya rambut gelap (John Mulaney sempat diminta untuk mengikuti audisi), dan kehidupan Macaulay akan jauh berbeda. Tapi berkat pengalamannya di Uncle Buck, Culkin mendapatkan peran ini.
  • Film Home Alone pertama membuat Macaulay mendapatkan penghargaan Aktor Muda Terbaik yang Membintangi Film dan mendapatkan $110.000 (Rp1,5 miliar). Sebagai perbandingan: untuk sekuelnya, dia mendapatkan $4,5 juta (Rp65 miliar).
  • Tentu saja, ini tidak mudah bagi Macaulay. Dia mengatakan dirinya hanya ingin beristirahat. Di apartemen orang tuanya, dia bahkan tidak punya tempat tidur, apalagi kamar sendiri.

Macaulay dalam sebuah wawancara

  • Culkin adalah salah satu anak paling terkenal di dunia, dia berada di posisi kedua dalam daftar 100 Greatest Kid Stars (Bintang Anak-Anak Terhebat).
  • Ayahnya benar-benar gila kendali. Ibunya tinggal di rumah bersama saudara-saudara Macaulay, sementara ayahnya pergi bersama Macaulay untuk syuting. Dia benar-benar mengendalikan karier bintang muda ini. Selama prosesnya, ucap Macaulay, ayahnya tak membiarkannya tidur dan memaksanya berlatih dialog.

Macaulay Culkin berusia 13 tahun di sini. Ini adalah salah satu peran terakhirnya sebagai anak-anak dalam Getting Even With Dad.

  • Pada tahun 1994, Macaulay Culkin melakoni film terakhirnya, lalu berhenti dari industri film. Dia terus belajar di sekolah sejak saat itu, meski sebelumnya dia harus berhenti untuk bekerja. Pada saat itu, dia sudah muncul dalam 15 film hanya dalam waktu 7 tahun, sementara aktor dewasa belum tentu bisa bekerja sekeras ini. Dan film-film yang dirilis setelah Home Alone mendapatkan kritik yang sangat pedas, terutama film The Good Son.
  • Segera setelah Macaulay berhenti berakting, orang tuanya bercerai dan mulai saling menuntut demi hak asuh. Macaulay memutuskan untuk mencoret nama orang tuanya dari hak perwalian akan dirinya dan menemukan seorang eksekutor yang akan memastikan mereka berdua takkan mengambil uangnya.
  • Sebelum memasuki usia dewasa, Macaulay bahkan tidak tahu berapa banyak uang yang telah dia dapatkan. Orang tuanya memastikan dia tidak tahu sama sekali tentang detail kontraknya. Macaulay berkata, “Saat menginjak usia 18 tahun, aku duduk di kantor akuntanku, pada dasarnya, itu adalah hari saat dia menaruh selembar kertas di depanku dan mengatakan inilah nilai kekayaanku. Kejadian itu sangat menarik karena merupakan salah satu momen ketika aku merasa ’anak kecil ini’ sudah bekerja sangat keras dan aku mewarisi semua uangnya. Aku merasa mewarisi uang ini dengan cara yang aneh.”

Macaulay dengan istri pertamanya, Rachel Miner

  • Macaulay menikah untuk pertama kali pada tahun 1998. Dia dan istrinya masih sama-sama berusia 18 tahun. Rachel Miner juga seorang aktris. Pernikahan itu tidak berlangsung lama dan pada tahun 2000, mereka berpisah. Dua tahun berselang, mereka resmi bercerai.
  • Pada tahun 2002, Macaulay mulai berkencan dengan Mila Kunis. Hubungan mereka berlangsung selama 8 tahun dan mereka berdua sama-sama tidak membukanya ke publik. Mila kemudian berkata bahwa sangat sulit untuk merahasiakan hubungan mereka karena penggemar Macaulay benar-benar kaget saat mereka melihatnya dengan perempuan di jalan. Putusnya hubungan mereka juga merupakan pukulan berat bagi mereka berdua.
  • Pada tahun 2000, Macaulay berusaha kembali meniti karier aktingnya dengan tampil dalam drama dan film sebagai peran pembantu. Beberapa karyanya mendapatkan ulasan yang baik, tapi terlepas dari bakatnya, karyanya tak ada yang sepopuler Home Alone. Dari 2000 hingga 2019, dia hanya muncul dalam 6 film.
  • Di pertengahan 2000-an, dia bermasalah dengan hukum, tapi lolos dengan denda dan hukuman yang ditangguhkan. Pada tahun 2000, kakak tirinya meninggal dan beberapa tahun kemudian, kakak kandungnya juga meninggal.

Foto di kiri diambil di kantor polisi saat aktor ini berusia 24 tahun. Foto di kanan diambil sekitar 6 bulan kemudian.

  • Sang aktor masih tidak suka diwawancara atau membahas kehidupan pribadinya. Hal ini wajar karena hidupnya sudah dipenuhi oleh hal-hal seperti ini sejak dia masih kecil. Dia mencoba untuk fokus kepada apa yang dia alami saat ini dan terkadang membahas hal-hal baik dalam hidupnya.
  • Pada 2013, dia memulai band parodi rock bernama The Pizza Underground, tapi karier musiknya tidak terlalu sukses, bahkan pada salah satu pertunjukannya, para penontonnya merasa kecewa.
  • Pada tahun 2018, sang aktor muncul di iklan Google Assistant. Dalam iklan ini dia mengulangi perannya di Home Alone dengan beberapa adegan ikonik. Iklan ini pun viral dan hampir 5 juta kali ditonton di YouTube.
  • Meski sang aktor tidak membahas tentang kehidupannya saat ini, kita bisa melihat dengan jelas bahwa dia baik-baik saja sekarang. Kini, dia tinggal dengan pasangannya, Brenda Song. Mereka punya seekor kucing, mengenakan piama kembar, dan punya seorang putra pada tahun 2021.
  • “Orang-orang tidak menyadari betapa baik, setia, manis, dan pintarnya dia,” ucap Brenda. “Yang membuat Mack begitu istimewa adalah dia tidak pernah menyesal. Dia tahu siapa dirinya, dan dia sama sekali tidak menyembunyikannya. Dia bekerja sangat keras untuk menjadi dirinya saat ini.”
  • Pada tahun 2021, Macaulay ambil bagian dalam American Horror Story. Dia memainkan salah satu peran utama di musim 10 dan aktingnya mendapatkan banyak ulasan yang sangat positif.

Macaulay dalam American Horror Story

  • Dalam beberapa tahun terakhir, Macaulay tidak terlalu banyak mendapatkan sorotan. Tapi dia membuat kehebohan saat muncul di acara Gucci. Dia terlihat menawan pada usia 41 tahun dan akhirnya merasa bahagia.
  • “Ya, aku orang rumahan,” ucapnya. “Di sanalah 2 mantan bintang cilik tinggal, yang satu masih bekerja semampu yang dia bisa, sementara yang lainnya tidak begitu yakin, dan hanya ingin berusaha. Mereka melakukan apa pun bersama-sama.”

Kami turut senang melihat Macaulay. Sekarang, dia terlihat sudah benar-benar menemukan kebahagiaan. Kami merasa dia layak mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian bersama keluarganya, sama seperti orang lain.

Apa kamu penggemar Macaulay Culkin? Apa kamu pernah menonton filmnya yang lain selain Home Alone?

Sisi Terang/Aku & Kamu/Perjuangan Macaulay Culkin Terlepas dari Ayahnya yang Mengekang, Mengalahkan Depresi, dan Kembali Tampil Memukau
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya