Sisi Terang
Sisi Terang

Pria Berumur 50 Tahun Ini Terlihat Masih 20 Tahun, Beginilah Kehidupan dan Pola Makannya

Chuando Tan adalah seorang fotografer asal Singapura yang menarik perhatian seluruh dunia ke dirinya sendiri dengan bukan hanya memotret orang lain, tapi juga memotret dirinya sendiri. Kenapa fotonya bisa sangat menarik, ya? Chuando lahir pada tahun 1967, berarti umurnya 54 tahun saat ini, tapi dia terlihat seperti masih berusia 20 tahun. Jadi, apa rahasianya?

Sisi Terang memutuskan untuk mencari tahu semua informasi tentangnya dan mempelajari cara hidupnya, apa saja kegiatannya, dan apa yang dia makan. Mungkin kita akan menemukan rahasia awet muda dari “Dorian Gray” versi dunia nyata ini?

Bagaimana semua ini dimulai?

Pria asal Singapura ini diketahui pernah bekerja sebagai model pada tahun 1980-an; dia bahkan berhasil menjadi penyanyi pop di tahun ’90-an. Tapi karier bernyanyinya tidak bertahan lama dan itulah sebabnya Tan memilih pekerjaan lain, yaitu fotografi. Alih-alih mengunggah karyanya, dia pernah sekali mencoba mengunggah foto dirinya sendiri, dan saat itulah semuanya dimulai.

Sang fotografer bercerita dalam salah satu wawancaranya, “Aku membuka akun Instagram karena beberapa temanku bilang klien masa kini ingin tahu seberapa besar pengikut media sosial seorang fotografer. Untuk meramaikan postingan akunku, aku mengunggah sejumlah foto diriku sendiri untuk berbagi pemikiranku lewat keterangan di foto.”

Warganet secara instan melihat bahwa Tan tidak berubah sama sekali dan tidak terlihat sudah berusia 51 tahun. Beberapa orang berpikir ini semua karena gen-nya, sementara yang lain berkata rahasianya ada di tempat tinggalnya karena Singapura memiliki udara bersih, obat yang baik, dan produk-produk berkualitas tinggi. Tapi untuk memastikan semua dugaan ini, mari kita lihat bagaimana sang fotografer menjalani harinya.

Dia makan 6 butir telur untuk sarapan.

Tan memegang prinsip bahwa kamu adalah apa yang kamu makan dan yakin kondisi kesehatan seseorang, serta penampilannya, 70%-nya bergantung pada makanan, sementara 30%-nya pada olahraga. Itu sebabnya dia makan 6 telur rebus saat sarapan dengan hanya 2 kuning telur (karena mempertimbangkan kolesterol). Selain itu, dia minum segelas susu dan terkadang menambah alpukat dengan buah beri ke dalam sarapannya. Ini adalah jumlah protein dan energi yang baik untuk memulai hari.

Selain telur, dia makan ayam dengan nasi, sayuran bakar, dan sup ikan di siang hari. Sang fotografer mengakui bahwa es krim adalah kelemahannya, jadi, itu sebabnya dia terkadang memakannya, tapi hanya di paruh pertama hari. Dia juga menghindari kopi dan teh, tapi sering minum air. Dia tidak merokok, tidak minum alkohol, dan sering makan salad yang terbuat dari sayuran segar untuk makan malam.

Dalam sehari, dia menghabiskan sekitar 90 menit untuk berolahraga.

Tan melakukan latihan kekuatan 4 kali seminggu, atau setidaknya 3 kali, jika dia terlalu sibuk. Dia menghabiskan tidak lebih dari 30 menit untuk melakukannya. Latihan kekuatan selalu diikuti oleh latihan kardio; namun, karena cedera lutut, dia tidak berjoging, melainkan berjalan cepat di atas treadmill. Bukan cuma itu, dia juga mencoba berenang setiap hari, dia mampir ke kolam renang pada malam hari dan berenang di sana selama sekitar satu jam.

Dia hanya melakukan apa yang dia suka.

Mungkin ini terdengar sepele, tapi berapa banyak dari kita yang melakukan apa yang benar-benar kita sukai dan ingin dilakukan? Mungkin inilah rahasia awet muda? Alasannya? Karena semua kegiatan kita memengaruhi jiwa dan raga.

Tan berkata, “Aku sudah mencoba banyak pekerjaan dan berhenti di pekerjaan yang aku suka. Aku suka bertemu orang, berkomunikasi, mengatur sesi foto, dan memotret. Jika kamu melakukan apa yang tidak kamu suka, kamu akan merasa tidak puas dan, tentu saja, tidak akan menunjang kesehatanmu.”

Dia tidak menggunakan produk perawatan kulit.

Beberapa orang meyakini Tan melakukan operasi plastik dan menggunakan beberapa produk kosmetik khusus. Tapi inilah yang dia katakan, “Aku punya kulit yang sensitif, jadi, hanya ada 2 produk yang aku gunakan setiap hari: sabun cuci muka gel dan krim pelembap.”

Dia pernah diberikan hadiah operasi botoks. Dia mencobanya, tapi tidak suka efeknya. Dia tidak mengunjungi ahli kosmetik lagi sejak saat itu. Namun, Tan mengaku bahwa dia menggunakan pewarna rambut karena rambutnya sudah beruban.

Dia tidak mandi larut malam.

Bahkan, dia mencoba untuk tidak tidur di atas jam 11 malam dan bangun lebih awal setiap harinya. Menurut Tan, bekerja pada malam hari dan menonton film setelah tengah malam tidak baik untuk kesehatan. Agar bisa tidur nyenyak, dia berhenti makan 5-6 jam sebelum tidur.

Chuando mengatakan, “Percayalah, tidur lebih awal membawa banyak manfaat. Dengan tidur cukup, kamu akan bisa melakukan lebih banyak kegiatan sepanjang hari dibanding jika kamu bekerja pada malam hari.”

Jadi, apa rahasianya?

Seperti biasa, semuanya sangat simpel: kerjakan yang kamu sukai, diet sehat, tidur nyenyak, dan berolahraga. Jared Leto, Chris Evans, Margot Robbie, dan banyak selebritas lainnya juga menjalani gaya hidup serupa. Apa kamu setuju bahwa mereka semua terlihat lebih muda dibanding usia aslinya? Selain itu, mereka mengklaim bahwa mereka tidak pernah melakukan operasi plastik.

Gaya hidup seperti apa yang kamu jalani? Silakan ceritakan di kolom komentar, ya!

Sisi Terang/Aku & Kamu/Pria Berumur 50 Tahun Ini Terlihat Masih 20 Tahun, Beginilah Kehidupan dan Pola Makannya
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya