Transformasi 14 Tokoh Film “Harry Potter” dan Penampilan Para Aktornya Sekarang

Sudah 20 tahun sejak saga Harry Potter pertama kali dirilis. Bersama dengan film ini, baik para aktor yang memerankan tokoh-tokoh favorit kita maupun para penontonnya tumbuh bersama. Kita benar-benar terbiasa melihat mereka tumbuh besar sehingga perubahan fisiknya tidak lagi kita perhatikan. Oleh sebab itu, akan seru untuk mengenang kembali perkembangan peran mereka dalam kisah ini, karena mereka adalah bagian dari masa kecil kita dan mendapatkan tempat tersendiri di hati kita.

Sisi Terang ingin menunjukkan perbandingan penampilan beberapa aktor film Harry Potter dengan penampilan mereka sekarang.

1. Harry Potter

Harry adalah tokoh utama dari keseluruhan serial. Dia tinggal bersama bibi dan pamannya, keluarga Dursley. Namun, meskipun mereka kerabat, bukannya bersikap suportif, keluarga Dursley berusaha keras untuk membuat hidupnya merana. Untungnya, pada hari ulang tahunnya yang ke-11, Harry diterima di Sekolah Sihir Hogwarts. Sang aktor yang memainkan peran ini adalah Daniel Radcliffe. Ketika mereka baru mulai syuting film pertama, Radcliffe berusia sama, yaitu 11 tahun, dan ketika Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 pertama kali dirilis, Radcliffe sudah berusia 21 tahun. Itu artinya dia menghabiskan 10 tahun hidupnya memainkan peran yang sama dan menghadirkan sihir ke dalam hidup kita.

2. Hermione Granger

Segera setelah memasuki Hogwarts, Hermione menjadi teman dekat Harry dan Ron. Dia juga langsung berubah menjadi populer di Hogwarts karenanya. Dia selalu ada untuk membantu memecahkan segala masalah, dan berkat kepintaran, ketekunan, dan keberaniannya, dia menjadi salah satu penyihir terbaik di sekolah. Emma Watson adalah aktris yang bertanggung jawab untuk memerankan tokoh ini di layar lebar. Pada perilisan Harry Potter and The Philosopher’s Stone, seri pertama dari saga film ini, dia baru berusia 10 tahun. Dia berusia 20 tahun saat kontraknya berakhir, menyelesaikan film terakhirnya di tahun 2011.

3. Ron Weasley

Ron adalah putra keenam keluarga Weasley. Seperti kelima abangnya, dia mendaftar ke Hogwarts. Dia adalah sahabat Harry dan memiliki sifat yang agak pemalu dan canggung. Namun, meski dia bukan anak yang paling pemberani, dia selalu rela menolong teman-temannya. Sang aktor yang menghidupkan tokoh ini adalah Rupert Grint. Dia mulai syuting di usia 12 tahun, dan di akhir serial, dia berusia 23 tahun, yang artinya dia adalah aktor tertua di antara tiga protagonis kita.

4. Draco Malfoy

Draco adalah putra bungsu keluarga Malfoy. Seperti yang sudah kamu ketahui, dia adalah murid asrama Slytherin. Tokoh ini dikenal dengan sifatnya yang nakal, suka menggerutu, dan manja. Bersama dua pengikut setianya, Crabbe dan Goyle, dia membuat kehidupan Harry dan teman-temannya di sekolah makin sulit. Tom Felton adalah aktor di balik tokoh Draco. Felton membintangi musuh Harry di film pertama ketika berusia 14 tahun hingga film terakhir di usia 24 tahun.

5. Severus Snape

Severus seorang profesor yang mengajar kelas Ramuan dan Pertahanan Terhadap Sihir Hitam. Dia juga bekerja sebagai pengawas Hogwarts di beberapa film. Dia, seperti Draco, merupakan anggota asrama Slytherin, dan dikenal sebagai profesor yang sangat ketat, khususnya terhadap Harry dan siswa asrama Gryffindor. Alan Rickman adalah pemeran yang membawa tokoh ini ke layar lebar. Di film pertama, Rickman berusia 55 tahun; dan mengakhiri kontraknya di usia 65 tahun ketika memainkan peran terakhirnya di film Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2.

6. Rubeus Hagrid

Hagrid adalah penyihir setengah raksasa, penjaga Hogwarts, dan pemegang kunci sekolah dan sekitarnya. Dia diberikan tugas untuk memperkenalkan Harry Potter kepada dunia sihir dan menjadi teman baiknya. Aktor Robbie Coltrane, di usianya yang ke-51 tahun, membuat penampilan pertamanya di saga ini dan menutup keterlibatannya dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 di usia 61 tahun.

7. Neville Longbottom

Neville Longbottom adalah siswa Hogwarts. Dia dipilih untuk menjadi bagian dari asrama Gryffindor dan dicirikan sebagai penyihir dengan kepribadian yang sangat pemalu dan introver, tetapi sifat ini tidak menghalanginya untuk membuktikan bahwa dia adalah penyihir yang hebat. Longbottom juga merupakan teman setia Potter dan kawan-kawan. Matthew Lewis mulai memerankan tokoh ini saat usianya 12 tahun, dan di akhir saga, dia berusia 22 tahun.

8. Ginny Weasley

Ginny adalah adik perempuan Weasley dan satu-satunya perempuan di keluarga ini, selain ibu Ron. Dia bersekolah di Hogwarts, tempat dia menjadi bagian dari asrama Gryffindor, seperti Ron dan kelima abangnya. Bonnie Wright tampil di film pertama saat berusia 9 tahun di Harry Potter and the Philosopher’s Stone, dan saat film terakhir di tahun 2011, dia berusia 20 tahun. Dengan begitu, dia menjadi pemeran termuda di film seri ini.

9. Minerva McGonagall

Minerva adalah profesor yang “dapat berubah bentuk”, seorang animagus, dan juga merupakan kepala asrama Gryffindor. Meskipun dia dikenal sebagai pengajar yang dingin, dia selalu bersemangat untuk mendidik dan melindungi siswa dan staf sekolah. Maggie Smith memerankan tokoh ini di usianya yang ke-67 tahun di film pertama, dan pada film terakhir, dia sudah berusia 77 tahun.

10. Albus Dumbledore

Profesor Albus Dumbledore adalah kepala Sekolah Sihir Hogwarts. Dia juga seorang teman baik dan pelindung Harry Potter, yang merupakan hal menguntungkan karena dia ternyata salah satu penyihir terkuat di sepanjang saga. Di film pertama dan kedua, sang aktor yang memainkan tokoh Dumbledore adalah Richard Harris. Dia berusia 72 tahun pada saat perilisan film pertama. Namun, mulai dari film ketiga hingga Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2, Michael Gambon-lah yang memerankan tokoh ini. Dia terlibat dalam film seri ini di usia 64 tahun dan tetap bermain hingga usianya 71 tahun.

11. Fred dan George Weasley

Fred dan George adalah saudara kembar. Mereka juga abang dari Ron Weasley, dan seperti semua keluarga Weasley, mereka merupakan anggota asrama Gryffindor. Mereka terkenal pintar berkelakar dan juga merupakan anggota tim Quidditch. James dan Oliver Phelps membawakan tokoh menarik ini ke layar lebar. Di film pertama, usia mereka 15 tahun, dan di film terakhir 25 tahun.

12. Dudley Dursley

Dudley adalah sepupu Harry, putra dari Vernon dan Petunia Dursley. Dia adalah anak yang sangat dimanja dan selalu melakukan hal sesukanya tanpa mendengarkan ucapan orang lain. Bersama orang tuanya, sepertinya kegiatan favorit keluarga Dudley adalah membuat hidup Harry merana. Aktor yang memerankan tokoh ini adalah Harry Melling. Dia mulai terlibat dalam film seri ini di usia 11 tahun, dan saat pembuatan film Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2, usianya 20 tahun. Fakta menarik: tokoh ini hanya tampil di 5 dari 8 film saga ini.

13. Molly Weasley

Julie Walters adalah nama dari aktris yang memerankan Molly Weasley, ibu Ron. Tidak seperti Dudley, dia tampak muncul di seluruh seri. Tokohnya dikenal dengan sifatnya yang tegas, tetapi juga penyayang. Dia selalu mengkhawatirkan kesejahteraan anak-anaknya dan teman keluarganya, termasuk Harry. Di film pertama tahun 2001, sang aktris berusia 51 tahun, dan ketika pembuatan film terakhir, Walters berusia 61 tahun.

14. Argus Filch

Filch adalah penjaga gedung Hogwarts, pria paruh baya yang suka berdebat dan selalu membawa kucingnya, Mrs. Norris, bersamanya. Salah satu tugasnya adalah menjaga keamanan koridor sekolah dan memastikan bahwa semua siswa tidak berbuat nakal. Di film pertama, Harry Potter and the Philosopher’s Stone, yang dirilis tahun 2001, sang aktor, David John Bradley, berusia 59 tahun; dan di akhir saga Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2, dia sudah 69 tahun.

Bagian mana dari film seri ini yang menjadi favoritmu? Akhir cerita alternatif apa yang ingin kamu tuliskan untuk kisah ini?

Bagikan Artikel Ini