10 Jawaban atas Pertanyaan yang Malas Kamu Cari di Google

Kadang saat kita sudah mematikan lampu, meletakkan kepala di atas bantal, dan berpikir bahwa kita butuh tidur karena besok akan sangat sibuk, melintaslah berbagai pikiran dan pertanyaan aneh di benak kita. Misalnya: kenapa merpati menggerakkan kepalanya saat berjalan, kenapa kucing selalu mendarat kaki dulu, dan kenapa warna-warna dalam pasta gigi tidak pernah bercampur.

Sisi Terang ingin membantumu lebih cepat tidur, karena itu kami telah menyiapkan beberapa jawaban dari pertanyaan ini dan berbagai pertanyaan populer lainnya.

1. Kenapa ular menjulurkan lidahnya?

Lidah ular bukan hanya bantu mengecap, tapi juga punya peran tambahan bagi indra penciumannya. Itu alasan kenapa reptil ini menjulurkan lidahnya—agar bisa bergerak dengan lebih baik dan lebih cepat menemukan makanan.

2. Kenapa buku-buku pada awalnya dicetak bersampul tebal dan baru kemudian dengan sampul tipis?

Buku bersampul tebal tampak lebih bagus, sehingga harganya lebih mahal. Ketika suatu karya masih baru dan sangat dinanti-nanti, orang siap membayar lebih mahal untuk sampulnya, cuma agar bisa membaca novelnya lebih dulu. Berkat ini, penerbit mendapat lebih banyak keuntungan dari penjualan. Untuk mendapatkan kelompok pembeli baru dan memperluas permintaan akan karya itu, buku dicetak dengan sampul tipis tahun berikutnya dan dijual dengan harga lebih murah.

3. Kenapa burung merpati menggerakkan kepalanya saat berjalan?

Dengan melakukannya, penglihatan merpati menjadi lebih tajam, karena ini menstabilkan gambar pada retinanya. Ketika berjalan, merpati menggerakkan kepalanya ke depan sejajar dengan tubuhnya, lalu tubuhnya mengikuti gerakan kepalanya. Ini menandakan burung itu sedang mengamati dunia dari sudut tertentu.

4. Kenapa terkadang mata kita tampak merah dalam foto?

Efek mata merah muncul karena kamera menangkap pantulan lampu blitz dalam fundus mata ketika keadaan gelap atau sedikit cahaya. Warna merah muncul berkat pembuluh darah dalam retina.

5. Kenapa berbagai warna pasta gigi tidak pernah bercampur dalam tubenya?

Untuk mengisi tube dengan pasta gigi, sebuah dispenser khusus menuangkan pasta gigi dalam lapisan berbagai warna secara bersamaan. Pasta putih dan yang berwarna berbeda dari segi kekentalan dan komposisi kimianya. Itulah sebabnya lapisan-lapisan tersebut tidak bercampur.

6. Bagaimana merpati pos tahu harus terbang ke mana?

Rahasianya adalah merpati itu terbiasa terbang hanya ke satu tujuan—menuju rumahnya. Merpati dilatih khusus di rumah merpati: burung itu dibawa pergi dari sarangnya sejauh jarak tertentu, lalu dilepas supaya bisa kembali ke sarangnya. Sistem merpati pos didasarkan pada insting alaminya, sedang medan magnet Bumi dan lingkungan infrasonik berfungsi sebagai petunjuk bagi mereka.

7. Kenapa rakun mencuci semuanya?

Ketika di alam liar, hewan berbulu ini mencari makanan mereka terutama di air atau di dekat kolam. Makanan mereka (tumbuhan, moluska, dan serangga) sering ditemukan di pasir dan kotoran, karena itu banyak orang mengira rakun mencuci makanan untuk membersihkannya. Tapi, para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa proses ini tidak berhubungan dengan kerapian. Kaki rakun sensitif dan ia mengandalkan perasaannya ketika menyentuh makanan, sedangkan air berfungsi sebagai semacam aktivator bagi ujung-ujung sarafnya.

8. Kenapa pil beraneka warna?

Produsenlah yang memilih warna pil. Pewarnaan pil tidak berpengaruh terhadap efisiensi obat, tapi dipakai untuk memberikan dampak pemasaran dan kejiwaan terhadap manusia. Jadi misalnya, telah terbukti dalam salah satu eksperimen bahwa konsumen menganggap pil dengan warna gelap sebagai obat yang efektif.

9. Kenapa kucing selalu mendarat pada keempat kakinya?

Rahasianya ada pada kemampuan tulang belakang kucing, yang memungkinkan untuk memutar tubuh bagian atasnya ke satu sisi, lalu bagian bawahnya ke sisi lain. Berkat bagian vestibular yang berkembang baik, hewan ini tahu cara memutar tubuhnya agar jatuh seaman mungkin, yaitu mengarahkan kakinya di ke tanah.

10. Kenapa burung tidak tersengat listrik saat hinggap di kabel listrik?

Masalahnya adalah tidak adanya perbedaan tegangan antara burung dengan kabel. Burung tidak menyentuh tanah, hanya menyentuh kawat, sehingga tegangan tubuhnya sama dengan tegangan kawat.

Yuk, kita adakan permainan di kolom komentar: ajukan sebuah pertanyaan luar biasa atau bahkan aneh, dan yang lain akan coba memberikan jawaban logisnya yang tampak paling masuk akal. Atau mereka bisa menjawab langsung kalau tahu jawabannya.

Bagikan Artikel Ini