10 Wanita yang Mengubah Hidup Kita Menjadi Lebih Baik tapi Tidak Tercatat dalam Sejarah

Hampir 5 miliar orang di dunia memiliki komputer, tapi mungkin kamu tidak tahu ada 6 wanita di balik pembuatan komputer pertama. Sayangnya, seperti enam wanita ini, para wanita penemu sering kali terabaikan dalam sejarah. Banyak barang rumah tangga sehari-hari kita yang diciptakan oleh wanita, dari alat pelurus rambut sampai popok, tapi kita tidak mengetahuinya. Yuk, kita ubah hal itu.

Sisi Terang menghargai para wanita berbakat yang telah membuktikan bahwa apa pun bisa dicapai dengan karya dan penemuan inovatif mereka.

1. Obat kusta

Ditemukan oleh: Alice Ball

Ahli kimia muda ini menemukan obat kusta dengan menyuntikkan minyak chaulmoogra kepada pasiennya. Ini membuat manusia terbebas dari koloni penderita kusta, tapi sayang dia tidak bisa melihat dampak dari hasil kerjanya. Pada tahun 1916, dia meninggal mendadak karena sakit dalam usia muda, 24 tahun.

Setelah kematiannya, rektor universitasnya meneruskan penelitiannya dan menjadi orang yang mendapatkan pengakuan, karena kini, dialah yang sering diingat sebagai orang yang pertama kali menyembuhkan kusta.

2. Dokter kandungan pertama di dunia

Siapa: Trotula dari Salerno

Dokter wanita dari abad ke-11 ini tinggal di Italia dan menyusun beberapa buku tentang kondisi kesehatan dan penyakit wanita. Karyanya sangat penting selama berabad-abad, tetapi banyak orang mengatakan bahwa itu diterbitkan oleh pria, bukan Trotula dari Solerno. Sebagian orang bahkan berpendapat bahwa buku-bukunya ditulis oleh beberapa orang dan Trotula hanya tokoh fiktif, karena dia seorang dokter wanita.

3. Popok anti air dan sekali pakai

Ditemukan oleh: Marion Donovan

Ibu yang berbakat ini dengan sukses menemukan ide popok anti air, yang dipatenkan pada tahun 1951. Popok ini sangat populer di masanya, tapi ketika dia menciptakan versi sekali pakai, semua pabrik menolak desain barunya.

Pada tahun 1961, Victor Millis mendirikan perusahaan Pampers. Dia berhasil memproduksi popok sekali pakai secara massal dan Marion telah lama terlupakan saat Pampers menjadi wajah dari popok modern.

4. Penyanyi asli lagu “Hound Dog

Dinyanyikan oleh: Willie Mae Thornton

Mungkin ini salah satu lagu paling terkenal yang dinyanyikan oleh Elvis Presley, tapi Elvis bukan yang pertama menyanyikannya. Lagu ini awalnya dinyanyikan oleh penyanyi dan penulis lagu blues, Willie Mae “Big Mama” Thornton. Lagu ini naik ke puncak tangga R&B di tahun 1953, dengan penjualan 2 juta keping. Tapi dia hanya mendapat sekitar Rp7,3 juta dari lagu hits ini.

Beberapa tahun kemudian, Elvis mengambil lagunya dan menyesuaikannya dengan audiens yang lebih umum. Dengan segera, lagu ini menjadi hits dan membantunya menjadi bintang, serta mendatangkan cukup banyak uang baginya. Sementara Willie Mae meninggal di tahun 1984 dalam kemiskinan.

5. Alat pelurus rambut

Ditemukan oleh: Ada Harris

Pelurus rambut pertama kali diciptakan pada tahun 1890-an. Ada Harris mematenkan temuannya tahun 1893, tapi malah Marcel Grateau yang sering diakui atas penemuan ini. Ini mungkin karena Marcel Grateau terkenal lebih dulu dengan temuannya, alat pengeriting rambut, di tahun 1852.

Ada Harris tidak pernah begitu sukses atau diakui atas temuannya, terutama setelah Madam C.J. Walker menemukan sisir panas, yang cara kerjanya mirip pelurus rambut.

6. Fiksi hiperteks

Ditemukan oleh: Judy Malloy

Fiksi hiperteks adalah buku daring di mana pembaca bisa mengeklik bagian-bagian cerita sesuai urutan yang dikehendakinya untuk membentuk ulang narasinya. Judy Malloy menerbitkan cerita jenis ini yang pertama di tahun 1986, yang dikenal dengan judul Uncle Roger.

Namun, novelis bernama Michael Joyce dikenang banyak orang sebagai penemu fiksi hiperteks dengan ceritanya afternoon, a story, yang diterbitkan lebih dari 5 tahun kemudian di tahun 1990. Di tahun 1992, seorang kritikus buku dari The New York Times menyebut Michael Joyce sebagai “kakek” fiksi hiperteks, mengukuhkannya sebagai penemunya dalam sejarah dan benar-benar mengabaikan Judy.

7. Fotografi time-lapse botani

Ditemukan oleh: Henderina Scott

Ahli botani ini adalah salah satu di antara mereka yang menggunakan fotografi untuk mencatat gerakan tumbuhan dalam penelitiannya. Sekitar tahun 1903, dia membuat sebuah film pendek yang menunjukkan perkembangan bunga Sparmannia africana, yang dia tunjukkan kepada Royal Horticultural Society. Hanya inilah pengakuan yang dia peroleh untuk penggunaan fotografi dalam pembuatan film.

Fotografi botani tumbuhan diakui sebagai temuan F. Percy Smith, bukan Henderina. Dari 1911-1912, dia menggunakan fotografi time-lapse untuk merekam pergerakan bunga di taman Yosemite. Ini memberinya gelar sebagai pelopor foto time-lapse untuk penyelidikan ilmiah tumbuhan.

8. Mamalia kerdil yang punah

Ditemukan oleh: Dorothea Bate

Ahli paleontologi ini membuat beberapa penemuan terbesar tentang kehidupan prasejarah berkat penelitiannya terhadap fosil di awal abad ke-20. Sebagai salah seorang wanita yang pertama kali dipekerjakan di Museum Sejarah Alam London, dia menemukan beberapa spesies punah, juga bukti gigantisme dan dwarfisme mamalia.

Karena berjalannya waktu, hasil temuan terobosan luar biasanya tidak dikenal luas. Dia tetap tidak dikenal dan mendapat sedikit pengakuan, meskipun penemuannya masih relevan bagi para arkeolog dan palaentolog saat ini.

9. Suar

Ditemukan oleh: Martha Coston

Penemu ini memberikan kontribusi penting dengan suar Coston, yang digunakan untuk berkomunikasi saat berada di laut. Dia berhasil mematenkan desainnya pada 1859 setelah kematian suaminya. Dengan buku catatan suaminya, dia menyelesaikan penelitian dan memberi kita suar.

Tapi di masa itu, dia tidak diberi penghargaan yang layak, sehingga menjual murah paten dan jasa lainnya dengan harga sekitar jutaan rupiah saja.

10. Komputer elektronik pertama

Diprogram oleh: 6 wanita

Komputer ENIAC adalah komputer elektronik pertama, dan dibuat antara tahun 1943 dan 1945. Enam orang wanita menghidupkan mesin itu sebagai programer utama: Kay McNulty, Betty Jennings, Betty Snyder, Marlyn Wescoff, Fran Bilas, dan Ruth Lichterman. Meskipun begitu, John Mauchly sangat sering dianggap sebagai penemu komputer yang telah mengubah hidup kita.

Siapa wanita yang menjadi tokoh panutanmu? Apa alasannya?

Bagikan Artikel Ini