11 Barang Biasa Ini Bisa Bikin Kamu Didenda di Beberapa Negara

Aturan aneh, dekret janggal — ada banyak sekali contohnya di seluruh dunia. Beberapa undang-undang legislatif adalah peninggalan masa lalu dan masih ada sampai sekarang hanya karena seseorang lupa menghapusnya, tapi ada juga hukum modern yang mungkin awalnya terdengar absurd. Kenapa sesuatu bisa legal di satu negara, tapi dilarang di negara lain?

Sisi Terang telah meneliti berbagai situs untuk menemukan larangan yang awalnya terdengar agak kurang masuk akal. Ketika melihatnya untuk kali pertama, kami sudah hampir mentertawakannya, tapi makin dalam kami kaji, kami makin sadar bahwa banyak di antaranya memiliki penjelasan yang logis. Di bagian bonus, kamu akan melihat cerita tentang bagaimana salah satu larangan paling disorot di dunia akhirnya diperlembut oleh otoritas Singapura.

Barang bekas

Kalau kamu ingin menjual barang bekas di Kanada, sebaiknya berhati-hatilah dan pelajari baik-baik daftar larangan dan rekomendasi yang panjang di sana. Beberapa contoh barang yang tidak melulu dilarang, tapi masih dapat menyebabkan masalah besar antara lain meliputi: kereta bayi, lampu taman, tirai kasar, helm hoki, pemutar mp3, dan masih banyak lagi. Kamu punya boneka mainan yang hidungnya lepas? Kamu dilarang menjualnya. Buku panduan cara menggunakan mainan futbol mini anak hilang? Kamu juga tidak bisa menjualnya.

Film tentang perjalanan waktu

Pada April tahun 2011, larangan merekam dan mendistribusikan film bertopik perjalanan waktu diberlakukan di Tiongkok. Otoritas pengawas di sana mendasarkan keputusan mereka karena para penulis naskah terlalu menganggap enteng sejarah, menganggap kejadian dan orang-orang di dunia nyata dengan terlalu enteng, sehingga sebaiknya tidak didukung. Selain itu, film seperti ini juga dinyatakan mendorong pandangan “feodalisme, takhayul, fatalisme, dan reinkarnasi.”

Tabir surya

Berbagai larangan telah dibuat oleh Hawaii tentang bahan kimia yang terkandung di dalam tabir surya. Oksibenzon dan Oktil metoksisinamat telah dilarang sejak tahun 2018, sementara Avobenson dan Oktokrilen dilarang pada tahun 2021. Semua bahan kimia ini diyakini menjadi salah satu faktor yang berkontribusi pada penghancuran terumbu karang. Produk berisi kandungan minyak jeli dan titanium dioksida, yang berbahaya bagi kehidupan dan organisme laut, masih termasuk dalam daftar bahan yang tidak dianjurkan pemakaiannya.

Balon dengan stik

Balon dengan stik kini dilarang di semua negara Uni Eropa sejak Juli tahun 2021. Larangan ini lumayan logis karena komposisinya tidak berbeda dengan barang plastik kecil lainnya. Meski dapat didaur ulang, barang ini jarang dimasukkan ke dalam tempat yang semestinya. Tak banyak yang protes dengan larangan ini karena mau bagaimanapun, kita lebih menyukai balon yang diikatkan ke benang dibanding ke stik.

Anjing

Sejak tahun 1984, memiliki anjing yang melahirkan anjing gembala Islandia dilarang di negara itu. Bahkan saat ini, seorang warga Reykjavík harus mendapatkan izin khusus dari kota madya untuk memelihara anjing ini. Bukan cuma itu, izin dari setidaknya 2/3 tetangga di blok tempat seseorang tinggal diperlukan jika seseorang tinggal di gedung multi-apartemen.

Berbagai negara di dunia juga melarang ras-ras anjing tertentu yang dianggap berbahaya atau yang jumlahnya berada di bawah pengendalian ketat. Biasanya, di daftar ini terdapat pit bull, mastiff, dan bull terrier. Meski ini masih masuk akal, banyak orang mungkin terkejut ketika mendengar bahwa di Denmark dan Malaysia, warganya dilarang memelihara ras anjing gembala tertentu.

Kenop pintu

Mulai Maret tahun 2014, memasang kenop pintu bundar dilarang di Vancouver, Kanada, di pintu depan rumah. Undang-undang ini bertujuan untuk melindungi hak-hak lansia dan penyandang cacat karena mereka mungkin kesulitan menggenggam dan memutar kenop semacam ini. Jauh lebih mudah untuk menggunakan mekanisme bertuas seperti biasa.

Kapsul kopi dari plastik

Pihak berwenang di Kota Hamburg, Jerman, adalah yang pertama memutuskan bahwa kerusakan lingkungan yang disebabkan kapsul kopi sekali pakai tidak sepadan dengan kenyamanan yang kita dapatkan saat menggunakannya. Warga di sana diizinkan untuk menggunakan kapsul-kapsul ini di mesin kopi rumah masing-masing, tapi penggunaannya di kalangan organisasi telah dilarang sejak tahun 2016 di Jerman.

Peluit

Guatemala telah melarang pemakaian peluit yang bentuknya mirip peluit yang digunakan polisi. Meski peluit ini hanya untuk anak-anak, sebaiknya kamu tidak membawanya ke negara yang satu ini. Ini adalah cara pemerintah mencegah seseorang berpura-pura menjadi perwakilan penegak hukum.

Produk kosmetik dengan butiran mikro

Manik-manik plastik kecil dapat ditemukan di dalam berbagai jenis produk kosmetik: mulai dari scrub dan gel mandi, hingga pasta gigi. Butiran-butiran ini akan terbawa oleh air dan memasuki sistem limbah. Dari sana, semua akan masuk ke sungai, danau, dan samudra tanpa tersaring karena ukurannya terlalu kecil, setelahnya, butiran ini masuk ke dalam tubuh ikan, kura-kura, dan burung camar bersama makanan yang dikonsumsi hewan-hewan itu. Pelarangan butiran mikro ini sudah diberlakukan di sejumlah negara, termasuk Kanada, Inggris, Italia, dan Swedia.

Sikat cukur

Sikat cukur telah dilarang di negara bagian Pulau Saint Lucia. Meski begitu, hanya sikat cukur yang diproduksi di Jepang yang berada dalam pembatasan. Alasannya, pada awal abad ke-20, spora antraks masuk ke banyak negara lewat sikat palsu yang diduga terbuat dari bulu luak. Meski sudah sekitar satu abad berlalu, pihak berwenang masih belum mau mempertimbangkan kembali keputusan mereka.

Wadah makanan plastik

Pemerintah Australia membuat keputusan sejak tahun 2021 yang melarang penjualan makanan pesan-antar atau pesan-bawa dalam wadah plastik yang terbuat dari expanded polystyrene (EPS). Alasannya sama — untuk melindungi ekosistem Bumi. Anggota parlemen Australia memperingatkan bahwa ini hanya langkah pertama dan mereka akan segera mulai mengembangkan peraturan yang melarang gelas sekali pakai dengan tutup, kantong plastik, dan kapas pembersih kuping (cotton bud).

Bonus

Mengunyah permen karet telah dilarang di Singapura sejak 1992 untuk menjaga jalanan tetap bersih. Akan tetapi, pada tahun 2004, dibuatlah beberapa amandemen: permen karet bebas gula dengan kandungan tertentu silitol dan kalsium laktat, serta beberapa kandungan lainnya, diakui sebagai produk kesehatan. Produk semacam ini dapat dibeli di apotek atau dokter gigi yang punya izin khusus untuk menjual permen karet dan yang dapat secara ketat mengawasi pembelinya.

Dari semua daftar di atas, larangan mana saja yang menurutmu paling logis? Apa kamu tahu undang-undang lain yang awalnya terdengar aneh, tapi ternyata punya penjelasan logis di baliknya?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini