11 Ide yang Tampak Gila Tapi Berhasil

Konon, orang genius dan orang gila itu hampir sama. Beberapa ide dan penemuan yang tampak terlalu aneh sering kali berhasil.

Sisi Terang mengumpulkan 11 ide yang berhasil meskipun orang lain skeptis dan meragukannya.

11. Televisi

Transmisi jarak jauh gambar bergerak ditemukan pada awal abad ke-20, tapi televisi baru muncul puluhan tahun berikutnya. Kenapa? Karena tidak ada investor yang percaya pada keberhasilan komersial “kotak dengan gambar hidup”. Pada tahun 1926, penemu Lee de Forest menulis: “Secara teori dan teknis, televisi memang praktis, tapi secara komersial dan finansial, itu mustahil.”

10. Ponsel

Ponsel, berdasarkan ide sarang madu, ditemukan oleh Martin Cooper. Orang-orang memberitahunya bahwa permainan itu tidak sepadan dengan risikonya. Namun, mereka mengantre di toko pada hari pertama penjualan! Alat ini memiliki memori 30 nomor, bisa berfungsi selama satu jam, dan perlu dicas selama sepuluh jam.

9. Emoji

Emoji diciptakan pada tahun 1963 oleh seniman Amerika Harvey Ball. Dia hanya menerima 45 dolar atau sekitar Rp642 ribu untuk penemuannya. Beberapa tahun kemudian, pengusaha Bernard dan Murray Spain mulai menjual dan memberikan lisensi pada “senyuman” kuning itu, sehingga memberi mereka lebih dari Rp713 miliar.

8. Superkomputer

Saat Gaurav Khanna mempelajari lubang hitam, laboratoriumnya membutuhkan superkomputer mahal. Gaurav punya ide lain: dia membeli 412 konsol PlayStation 3 yang cukup murah dan memasang sistem operasi lain pada konsol itu. Hasilnya jauh lebih kuat dan efisien daripada superkomputer mahal.

7. The Million Dollar Homepage

Pada tahun 2005, seorang mahasiswa Inggris bernama Alex Tew memutuskan menghasilkan uang untuk pendidikannya. Dia meluncurkan situs web, tiap piksel seharga Rp14.000. Siapa pun bisa membeli bagian situs dan mengunggah tautan pada laman web mereka. Kurang dari enam bulan, Alex mendapat Rp14 miliar.

6. Broken Hearts Bar

Pengusaha dari wilayah Nanjiang Tiongkok membuat bar tempat orang yang mengalami putus cinta bisa menangis tanpa merasa malu. Saat membahas konsep ini, orang bilang tak ada yang membutuhkan bar seperti itu. Tapi “Broken Hearts Bar” dengan cepat menjadi institusi paling populer di kota itu, dan analognya bisa ditemukan di setiap negara.

5. Sedotan gila

Menurut legenda, kreatornya hanya ingin membuat anak memilih susu daripada soda. Sedotan berbentuk gila ini muncul, dan masih sukses besar di antara anak-anak dan orang dewasa.

4. Hula-Hoop

Kamu bisa mendapat banyak manfaat dengan menciptakan ulang roda. Richard Kneer, penemu hoop gimnastik, membuktikannya. Meskipun tidak ada yang percaya dalam keberhasilan komersialnya, sebulan setelah percobaan selesai, orang-orang mengantre untuk mendapatkan lingkaran plastik ini.

3. Semut bedah

Para leluhur kita memiliki ide ini pada Milenium ke-1 SM. Pada saat itu, tidak ada alat untuk menjahit luka. Jadi, orang-orang menggunakan semut yang mengencangkan ujung luka dengan rahangnya yang kuat. Mengejutkannya, teknik aneh ini populer sampai abad ke-7.

2. Bola melawan polusi

Reservoir Los Angeles berisiko tercemar parah: cahaya matahari yang bergabung dengan klorin dan bromin bisa membuat air karsinogenik. Keputusan tak biasa diambil untuk mengisi hampir seluruh reservoir dengan bola plastik mengapung. Bola itu mencegah munculnya alga dan pemanasan air, yang tak lama menjadi bersih lagi.

1. Fidget spinner

Mainan paling trendi tahun 2017 adalah versi upgrade dari kincir kertas. Sekarang, kita punya mainan yang membuat separuh manusia tergila-gila. Dalam seminggu saja, aplikasi video untuk fidget spinner mengumpulkan 7 juta subscriber, dan bisnis ini meraup ratusan triliun rupiah.

Kredit foto pratinjau Eastnews
Bagikan Artikel Ini