11 Misteri Mengejutkan yang Belum Bisa Dijelaskan Ilmuwan

Sepertinya para ilmuwan telah mempelajari semua yang ada di planet kita, tapi sebenarnya belum.

Sisi Terang mengumpulkan 11 fakta menarik yang belum ada penjelasan rasionalnya.

1. Bagaimana kucing mendengkur?

Kucing mendengkur saat merasa senang, tapi belum ada seorang pun yang tahu bagaimana caranya. Saat kucing mendengkur, kamu bahkan tidak mendengar jantungnya berdetak!

Para ilmuwan berkata, kucing membuat bunyi getaran dengan pita suaranya. Frekuensinya mempercepat pemulihan dan mengurangi rasa sakit, itulah sebabnya kucing mendengkur saat tertekan atau terluka.

2. Dari mana asal beberapa makhluk?

Banyak spesies tidak punya nenek moyang. Tidak seorang pun yang tahu persis kapan amfibi berevolusi dari ikan sebab anggota badan dan kepala hewan-hewan darat pertama telah berkembang sepenuhnya.

Juga dikatakan bahwa dinosaurus menjadi punah setelah bencana alam 65 juta tahun lalu. Di saat yang sama, berbagai spesies mamalia muncul entah dari mana.

3. Apa sapi punya kompas magnetik?

Dengan menggunakan Google Earth, para ilmuwan mempelajari citra ribuan sapi yang sedang merumput dan menemukan pola aneh. 70% sapi menghadapkan kepala mereka ke Utara atau Selatan ketika makan atau minum. Ini teramati di semua benua, bagaimana pun lahan, atau cuacanya, dan juga berbagai faktor lainnya.

4. Apa itu hujan “agar-agar”?

Sebuah fenomena tidak biasa terjadi di Oakville, Washington, pada bulan Agustus 1994. Alih-alih air hujan, zat seperti jeli atau agar-agar jatuh dari langit. Hari berikutnya, lusinan orang menderita berbagai gejala seperti sakit flu.

Para ilmuwan menganalisis zat itu: jeli tersebut mengandung dua macam bakteri, salah satunya biasa ditemukan dalam sistem pencernaan manusia. Mereka tidak bisa menemukan hubungan antara bakteri dan epidemi misterius itu.

5. Apa itu materi gelap?

Sekitar 27% penyusun Alam Semesta adalah materi gelap. Materi ini tidak memancarkan atau berinteraksi dengan radiasi elektromagnetik, jadi tidak mungkin dideteksi.

Teori tentang materi gelap pertama muncul sekitar 60 tahun lalu, tapi para ilmuwan belum memberikan bukti langsung tentang keberadaannya.

6. Ada berapa planet dalam Tata Surya?

Sejak Pluto secara resmi dinyatakan tidak termasuk planet, dipercaya ada delapan planet dalam Tata Surya kita. Sabuk Kuiper di luar Pluto tersusun atas objek-objek ber-es. Para ilmuwan menemukan ribuan objek di area itu yang ukurannya bahkan lebih besar dari Pluto.

Mereka juga melihat sebuah celah besar dalam Sabuk Kuiper - sebuah planet tak dikenal sebesar Bumi menarik semua bebatuan dari sabuk itu ke arahnya.

7. Kenapa ada orang kinan dan kidal?

Kebanyakan manusia (70% sampai 95%) kinan, dan sebagian kecil (5% sampai 30%) kidal. Orang yang bisa menggunakan tangan kanan dan kiri dengan sama baiknya menempati angka yang tidak pasti.

Gen ada pengaruhnya, tapi “gen kidal” tidak teridentifikasi. Lingkungan sosial juga berpengaruh: ketika anak-anak kidal disuruh menulis dengan tangan kanan, sebagian dari mereka menjadi pengguna tangan kanan.

8. Kenapa megafauna menjadi punah?

Hewan-hewan raksasa, yang dikenal sebagai megafauna, punah sekitar 10.000 tahun lalu.

Sebagian orang percaya perubahan iklim telah membunuh megafauna, tapi tidak ada bukti kuat. Menurut sebuah teori lain, hewan-hewan itu mati karena kelaparan. Para ilmuwan di Alaska menemukan sejumlah mamut terawetkan dengan perut penuh tumbuhan hijau yang belum dicerna.

9. Kenapa kita bermimpi?

Sebagian orang percaya bahwa mimpi adalah citra acak dari gelombang otak. Yang lain menganggapnya sebagai keinginan bawah sadar, masalah yang tak terpecahkan, dan pengalaman.

Ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut oneirologi. Para ilmuwan mengklaim bahwa mimpi adalah simbol sesuatu yang tersembunyi jauh dalam kejiwaan manusia, tapi tidak ada yang tahu pasti.

10. Apa itu “raungan ruang angkasa?”

Ketika mempelajari bintang-bintang muda pada tahun 2006, mendadak para ilmuwan mendengar raungan misterius. Meskipun bunyi tidak bisa merambat di ruang angkasa, tapi gelombang radio bisa. Lantas dari mana asalnya? Para peneliti hanya tahu bahwa gelombang itu bukan bagian dari bintang atau fenomena kosmik yang sudah dikenal.

11. Kenapa golongan darah kita berbeda-beda?

Golongan darah memiliki antigen berbeda dalam sel-sel darahnya. Antigen adalah sinyal antibodi yang menghancurkan sel-sel asing dalam tubuh. Tapi ilmuwan belum punya jawaban kenapa golongan darah berbeda-beda.

Ada pendapat bahwa hal ini terkait penyakit dan imunitas. Misalnya, orang dengan golongan darah O memiliki risiko kematian lebih rendah karena malaria.

Bagikan Artikel Ini