Sisi Terang
Sisi Terang

12 Detail Gaun Pengantin Kerajaan yang Bikin Kita Terkagum-kagum

Pernikahan kerajaan merupakan acara besar dan, tanpa diragukan lagi, salah satu momen yang paling dinantikan sebenarnya adalah penampakan gaun. Saat pengantin wanita keluar dari mobil, semua mata tertuju kepadanya. Itu membuat kita membayangkan kisah dongeng yang kita dengar di kala kecil. Meskipun momen tersebut bagaikan dalam mimpi, ternyata ada banyak detail yang luput dari perhatian publik.

Sisi Terang ingin menunjukkan kepadamu bagaimana proses beberapa gaun pengantin impian dibuat, bersamaan dengan detail aneh yang tersembunyi pada gaun tersebut.

1. Kate Middleton

Gaun Duchess of Cambridge, Kate, dirancang oleh Sarah Burton di tempat Alexander McQueen. Gaun yang dibuat atas permintaan sang pengantin wanita tersebut memadukan gaya tradisional dan modernitas di mana Kate juga ikut andil untuk berkolaborasi dalam pembuatan desainnya. Renda bunga pada gaun tersebut merupakan buatan tangan yang ditambahkan tersendiri ke gaun itu. Selain itu, Kate juga mengenakan “sesuatu yang dipinjam”, yaitu tiara milik Ratu Elizabeth. Gaun tersebut berharga lebih dari Rp4,2 miliar.

2. Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II beralih dari warna putih tradisional dengan memilih gaun berwarna sutra gading sebagai gantinya. Gaun tersebut dihiasi dengan kristal dan 10.000 mutiara kecil. Gaun yang disulam dengan corak bintang tersebut melambangkan kelahiran kembali dan pertumbuhan setelah perang. Pada saat itu, negara tunduk pada penjatahan sehingga sang ratu harus menggunakan kupon pakaian untuk membayar pakaian.

3. Grace Kelly, Putri Monako

Sebagai aktris Hollywood, gaya anggun Grace Kelly menjadi inspirasi banyak orang, tak terkecuali gaun pengantinnya. Butuh waktu berbulan-bulan untuk membuat dan menonjolkan mutiara yang dijahit tangan dan ekor gaun sepanjang 91 sentimeternya. Harga gaun tersebut Rp103 juta, belum termasuk biaya desainernya.

4. Putri Eugenie dari York

Putri Eugenie mengenakan gaun berekor panjang dengan garis leher yang terlipat di bahunya. Atas permintaannya, bagian punggungnya didesain agak rendah untuk memamerkan bekas luka operasi yang dia jalani saat masih kecil. Dia berkata kalau dia selalu menginginkan gaun yang menunjukkan bekas tersebut karena itu menceritakan kisah tentang masa lalu dan masa depannya. Gaun tersebut berharga sekitar Rp1,9 miliar lebih.

5. Putri Charlene

Putri Charlene kelihatan seperti bidadari dalam balutan gaun putih yang dirancang khusus oleh Armani. Gaun tersebut memiliki ekor sepanjang 5 meter, dihiasi dengan 40.000 kristal Swarovski dan 20.000 butir mutiara. Butuh waktu 2.500 jam dalam pengerjaannya dan mereka bahkan membuat gaun kedua sebagai persiapan jika terjadi sesuatu pada gaun pertama.

6. Putri Hajah Hafizah Sururul Bolkiah

Pernikahan sang putri yang merupakan anak Sultan Brunei berlangsung pada bulan September 2012. Sang putri mengenakan gaun perak berkilauan yang dihiasi manik-manik kristal, zamrud, dan tiara besar.

7. Ratu Letizia dari Spanyol

Permaisuri Spanyol membuat sejarah dengan mengenakan gaun pengantin termahal dalam sejarah. Gaun ini menonjolkan bagian ekor sepanjang 4,5 meter dan bordir yang ditenun dengan benang emas. Gaun pengantin yang awalnya senilai Rp85,6 miliar ini sekarang bernilai lebih dari Rp114,1 miliar.

8. Ratu Rania

Ratu Yordania terkenal karena keanggunan dan seleranya yang luar biasa. Untuk acara pernikahannya pada tahun 1993, ia mengenakan gaun rancangan desainer Inggris, Bruce Oldfield, yang dibuat khusus untuknya. Gaun ini menampilkan sulaman emas rumit yang akhirnya menginspirasi banyak calon pengantin.

9. Putri Beatrice dari York

Tahun 2020 merupakan momen berlangsungnya acara pernikahan Putri Beatrice dari York. Gaun anggun yang dia kenakan untuk acara besar tersebut dipinjam dari neneknya, Ratu Elizabeth. Gaun ini punya hiasan berlian yang ditata ulang untuk sang pengantin wanita. Tiara berlian kepunyaan sang ratu juga dia kenakan di hari pernikahannya. Tidak diragukan lagi kalau Beatrice tahu bagaimana caranya memberikan penghormatan kepada neneknya.

10. Putri Margaret

Pernikahan Putri Margaret merupakan pernikahan kerajaan pertama yang disiarkan televisi. Alih-alih memakai dekorasi mewah, dia lebih memilih untuk menonjolkan sosoknya dengan desain yang memamerkan garis leher V, pinggang pas, dan rok lebar dalam kesempatan itu. Gaun tersebut dikenal sebagai gaun yang paling sederhana dalam sejarah, tetapi ia berhasil memberikan sentuhan khusus yang menjadi inspirasi bagi banyak pengantin.

11. Meghan Markle

Meghan mempertahankan gayanya yang minimalis dan klasik dengan mengenakan gaun pengantin sederhana dengan detail kecil yang sarat makna. Tudungnya yang panjangnya nyaris 5 meter dihiasi dengan bunga-bunga yang mewakili 53 negara Persemakmuran. Tudung tersebut juga dilengkapi dengan tiara yang dipinjam dari Ratu Elizabeth. Gaun yang dirancang oleh Clare Waight Keller di bawah merek Givenchy ini harganya lebih dari Rp1,9 miliar.

12. Diana dari Wales

Tidak diragukan lagi kalau gaun ikonis yang dikenakan Putri Diana di pernikahannya adalah salah satu gaun yang paling diingat. Gaun yang satu ini memiliki detail yang berbeda, seperti bordir payet, renda ruffle, dan 10.000 mutiara. Saking meriahnya, kain itu harus dilipat berulang kali agar Diana bisa masuk ke dalam kereta. Diperkirakan biaya gaun tersebut lebih dari Rp2,8 miliar.

Gaun pengantin terkenal mana yang menjadi favoritmu? Seperti apa kira-kira desain gaun pengantin yang ideal bagimu?

Sisi Terang/Fakta Menarik/12 Detail Gaun Pengantin Kerajaan yang Bikin Kita Terkagum-kagum
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya