Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

12 Lubang di Planet Kita yang Akan Membuat Kamu Terkejut

----
703

Kemampuan peradaban manusia dan alam sendiri benar-benar tak ada batasnya. Berkat kedua hal ini, kita memilki berbagai macam lansekap dan bangunan yang luar biasa di seluruh dunia.

Sisi Terang telah mendalami salah satu fenomena paling menakjubkan di planet kita: lubang-lubang terbesar yang ada di permukaan Bumi.

Lubang Deluxe Mystery

Asal-usul Deluxe Mystery Hole ini masih belum diketahui. Berbagai macam metode modern yang ada tak mampu mengukur kedalaman lubang ini secara akurat. Lubang ini sekarang menjadi daya tarik wisatawan.

Hole of Glory

Hole of Glory berada di Bendungan Monticello. Sekilas, lubang ini tampak seperti lorong menuju lapisan Bumi yang paling dalam, tapi ternyata lubang ini hanya untuk mengalirkan air keluar dari bendungan. Kami menyarankan kamu melihatnya sehabis hujan karena airnya akan mengalir dengan sangat cepat.

Muara Sawmill

Muara Sawmill merupakan lubang biru terang yang terletak di Bahama, tempat ini dulunya merupakan situs investigasi arkeologi. Lubang ini membantu para ilmuwan untuk memahami bagaimana kondisi Bumi ribuan tahun lalu.

Dolina Devil

Dolina Devil merupakan gua bawah tanah, wisatawan atau warga dilarang keras memasukinya. Meski begitu, pada musim panas, kita bisa menyaksikan 3 juta kelelewar berterbangan keluar dari lubang ini.

Great Blue Hole

Lubang ini terletak di tengah Lighthouse Reef, tepatnya di lautan Karibia. Tempat ini awalnya merupakan jaringan gua yang terbentuk pada Zaman Es terakhir. Great Blue Hole dianggap sebagai salah satu tempat terbaik bagi para pencinta selam.

Lubang Dean’s Blue

Lubang Dean’s Blue merupakan lubang biru yang paling dalam di dunia. Lubang ini terletak di Bahama dan dulunya digunakan sebagai tempat latihan bagi para penyelam bebas.

Lubang Harwoods

Lubang Harwoods merupakan gua yang berada di Selandia Baru. Ini adalah gua vertikal yang paling dalam di Bumi.

Tambang Mir

Tambang Mir merupakan salah satu tambang berlian terbesar di Rusia. Berlian-berlian yang tersisa kini diambil dari tanah yang dalam.

Pipa Udachnaya

Pipa Udachnaya merupakan tambang berlian yang terletak di Yakutia, Rusia. Tempat ini berjarak 20 km dari Lingkar Arktik.

Lubang Surgawi

Dolina “Lubang Surgawi” terbentuk sekitar 128.000 tahun lalu. Tempat ini merupakan dolina terdalam dan menjadi salah satu tempat favorit bagi para pencinta terjun payung.

Ngarai Bingham

Ngarai Bingham merupakan tambang tembaga terbuka di negara bagian Utah, Amerika Serikat.

Dolina Kota Guatemala 2010

Pada tahun 2010, lubang berdiameter 20 meter ini terbentuk di Kota Guatemala. Dolina ini menghancurkan sebuah jalan persimpangan dan menelan gedung perusahaan tiga lantai. Penyebab dari dolina ini didasari oleh beberapa alasan, termasuk Badai Tropis Agatha, meletusnya Gunung Berapi Pacaya, dan kebocoran dari pipa saluran pembuangan.

Kredit foto pratinjau REUTERS / Casa Presidencial
----
703
Bagikan Artikel Ini