Sisi Terang
Sisi Terang

12 Peralatan Rumah Tangga yang Diciptakan oleh Wanita

Kita rutin memakai benda-benda yang merupakan bagian dari tugas rumah tangga. Benda-benda tersebut telah menjadi begitu umum, sehingga kita cenderung berpikir memang tercipta begitu adanya. Tapi kenyataannya bahwa 100 tahun sebelumnya atau bahkan mungkin lebih, seseorang harus membayangkan untuk mewujudkannya. Namun, temuan yang paling menarik ternyata sosok “seseorang” di balik ini semua merupakan seorang wanita.

Sisi Terang membagikan daftar 12 peralatan rumah tangga yang diciptakan oleh wanita hingga membuat rutinitas kehidupan kita lebih praktis dan mudah.

1. Lupe Hernández — hand sanitizer

Pada tahun 1966, di kota Bakersfield, California, seorang mahasiswi keperawatan muda menciptakan cara untuk membersihkan tangannya saat tidak ada akses ke sabun dan air. Namanya Lupe Hernández dan dialah yang mematenkan ide zat dengan kandungan alkohol 60-65%, yang mampu membunuh dan mengurangi bakteri.

2. Amanda Jones — metode pengalengan vakum

Pada tahun 1872, penulis dan peneliti, Amanda Jones, menciptakan metode vakum untuk pengalengan, yang disebut “proses Jones”. Metode ini terdiri dari pengawetan makanan, yang isinya diproses dan disegel dalam wadah kedap udara. Dia memperoleh 5 paten atas penemuannya tersebut. Pada tahun 1880, ia mendirikan Perusahaan Women’s Canning and Preserving di Chicago, yang sangat mendukung hak asasi perempuan dan hak pemungutan suara bagi perempuan.

3. Rachel Fuller Brown — antibiotik antijamur

Rachel Fuller Brown adalah seorang ahli kimia Amerika yang mengembangkan antibiotik antijamur pertama yang efektif. Penemuannya merupakan hasil kolaborasi jarak jauh dengan ahli mikrobiologi Elizabeth Lee Hazen. Berkat para wanita ini, fungisida manusia sekarang dijual di apotek dan toko-toko komersial sebagai obat yang efektif, misalnya untuk kaki atlet.

4. Florence Lawrence — lampu sein mekanis pertama

Aktris dan penemu Florence Lawrence menginovasi industri otomotif dengan lampu sein mekanis dan lampu rem mekanis pertama. Variasinya yaitu berupa lengan sinyal yang ditempatkan di bumper belakang mobil, yang dapat diaktifkan dengan menekan tombol yang terletak di kursi pengemudi, dan akan memberi tahu pengemudi lain ke mana arah mobil selanjutnya. Namun, dia gagal mematenkan ciptaan ini.

5. Bette Nesmith Graham — penghapus cair

Bette Nesmith Graham merupakan seorang juru ketik yang menjadi penemu berkat penciptaan penghapus cair (tipe-x) yang terkenal itu. Untuk menghasilkan uang tambahan, Bette menghias jendela di bank untuk nuansa liburan. Dia menyadari seorang seniman tidak pernah memperbaiki kesalahan mereka dengan menghapus, melainkan hanya melukis di atasnya, dan begitulah dia mendapat ide untuk membuat cairan penghapus. Selama bertahun-tahun, dia menyempurnakan formula kimia cairan dengan bantuan dari guru kimia putranya, dan pada tahun 1956 dia mulai memasarkan tipe-x mesin tiknya dengan merek “Mistake Out.”

6. Marie Van Brittan Brown — kamera keamanan

Lahir di Queens, New York, Marie Van Brittan Brown menciptakan sistem keamanan rumah pada tahun 1966. Sistem ini terdiri dari kamera luar ruangan yang mengirimkan sinyal ke monitor di dalam rumah, sehingga penghuni dapat melihat siapa saja yang berada di luar pintu, mendengarkan suara mereka, dan membuka pintu dengan remote kontrol. Marie menerima penghargaan dari Komite Sains Nasional untuk penemuan ini, yang setelahnya tidak hanya melayani rumah, tetapi juga merambah ke dunia bisnis.

7. Ángela Ruíz Robles — buku elektronik

Ángela Ruiz Robles merupakan seorang guru, penulis, dan penemu Spanyol yang, jauh melampaui zamannya, menciptakan pendahulu mekanis untuk buku elektronik. Pada tahun 1949, Ruiz dianugerahi paten Spanyol berkat “Ensiklopedia Mekanik.” Tujuannya adalah membawa pengetahuan lebih dekat kepada siswa dengan cara yang lebih interaktif. Buku tersebut merupakan perangkat mekanik dan listrik, dengan tombol, gulungan, lampu, dan halaman yang dapat digulir dan memungkinkan siswa mengurangi beban bawaan. Itu sudah termasuk buku alfabet otomatis dalam semua bahasa.

8. Margaret Knight — mesin kantong kertas beralas datar

Margaret Eloise Knight adalah seorang penemu Amerika yang membantu merevolusi industri kantong kertas. Pada tahun 1867, terdapat Columbia Paper Bag Company, sebuah pabrik yang membuat 2 jenis kantong: beralas datar dan tidak beralas datar. Tas beralas datar lebih berguna, karena punya kapasitas lebih besar dan dapat didirikan, tetapi harus diproduksi, membuatnya lebih mahal dan membatasi penggunaannya. Margaret bekerja untuk perusahaan tersebut dan, selama setahun, membantu menyempurnakan mesin yang melipat dan merekatkan kertas untuk membentuk tas dengan alas datar.

9. Mary Phelps Jacob — bra modern

Mary Phelps Jacob, juga dikenal sebagai Caresse Crosby, merupakan penyokong seni Amerika, penerbit, dan promotor generasi penulis asing di Paris: Ernest Hemingway, Archibald MacLeish, Henry Miller, Anaïs Nin, Kay Boyle, Charles Bukowski, Hart Crane, dan Robert Duncan, selain itu, dia menciptakan bra pertama. Suatu malam di tahun 1910, saat bersiap-siap untuk pergi ke pesta dansa, Mary mengenakan korset yang selain tidak nyaman, juga tidak sesuai dengan pakaian yang dikenakannya. Sehingga dia memanggil pelayan pribadinya dan menyuruhnya untuk mengambil 2 saputangan dari sakunya, satu pita merah muda, dan sebuah jarum serta benang. Beginilah cara dia membuat lapisan dan tali bra, meresmikan bentuk pakaian dalam yang baru.

10. Margaret Wilcox — pemanas mobil pertama

Margaret A. Wilcox adalah seorang insinyur mesin Amerika yang menciptakan pemanas mobil pertama. Pada tahun 1893, Margaret memperoleh paten untuk pemanas mobil, yang terdiri dari ruang bakar di bawah mobil dan pipa yang mengalirkan air panas. Sistem tersebut mengarahkan udara dari mesin ke dalam mobil, untuk membuat penumpang tetap hangat. Inilah sistem dasar yang sama dan terus dipakai pada pemanas modern.

11. Alice H. Parker — tungku pemanas

Alice H. Parker merupakan seorang penemu Afrika-Amerika yang, pada tahun 1919, menciptakan boiler yang berfungsi sebagai pemanas sentral untuk rumah dan seluruh bangunan. Penemuannya merupakan sebuah terobosan, karena menjadi alternatif teraman bagi orang-orang yang memakai oven kayu bakar. Desainnya terdapat saluran yang dilalui udara dan menyebarkan panas ke seluruh struktur dengan gas alam.

12. Sarah Guppy — pemanggang roti

Sarah Guppy merupakan seorang penemu Inggris yang berkontribusi pada proyek-proyek besar di Inggris. Dia mengembangkan beberapa peralatan untuk keperluan rumah tangga. Di antaranya, nenek moyang pemanggang roti hari ini, yang terdiri dari piring kecil yang membuat roti tetap hangat. Dia dan keluarganya bahkan mendaftarkan 10 paten pada paruh pertama abad ke-19 saja. Selain itu, Sarah Guppy menulis buku untuk anak-anak dan mendirikan sekolah amal untuk anak-anak perempuan.

Apa kamu tahu sejarah benda-benda yang ada di rumahmu? Kamu tahu penemuan lain yang diciptakan oleh seorang wanita? Kami akan senang melihat komentarmu.

Sisi Terang/Fakta Menarik/12 Peralatan Rumah Tangga yang Diciptakan oleh Wanita
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya