13 Fakta yang Tidak Diketahui Banyak Orang Ini Bisa Menyelamatkanmu Suatu Saat

Banyak cedera dan bahkan kematian dapat dihindari jika orang tahu bagaimana bersikap tepat dalam situasi kritis. Terkadang, mengetahui fakta sederhana dapat meningkatkan peluangmu untuk bertahan hidup atau membantu menyelamatkan hidup seseorang. Seorang pengguna Reddit menanyakan pertanyaan ini, “Apa fakta ’tidak diketahui’ yang dapat menyelamatkan hidupmu?” Dan jawaban orang-orang menginspirasi kami untuk menyiapkan artikel yang bermanfaat ini.

Kami di Sisi Terang menganalisis situasi saat hidup seseorang bergantung pada tindakan mereka, dan kami ingin menyuguhkan rencana tindakan yang dapat membantumu bertahan hidup.

1. Bertemu dengan beruang agresif

Tentu saja, kamu sebaiknya menghindari beruang di alam liar, tetapi jika bertemu beruang, kamu harus tahu bahwa kelemahan hewan ini adalah kemampuan manuvernya. Beruang berlari sangat cepat dan merangkak dengan sangat baik—tetapi bergerak cepat di sekitar objek seperti mobil atau pohon jauh lebih sulit bagi hewan besar ini. Cepat atau lambat, beruang itu akan menyerah dalam usahanya menangkapmu, dan menyadari bahwa makanan pintar ini (kamu) tidak sebanding dengan energinya.

Namun, jangan panik sebelum beruang mulai bertindak agresif. Jika hewan itu hanya melihatmu, jangan bergerak. Ada kemungkinan si beruang bahkan tidak akan mengerti siapa kamu dan apa yang akan kamu lakukan. Jika beruang mulai berjalan ke arahmu perlahan, kamu bisa berjalan mundur pelan-pelan. Beruang jarang menyerang manusia. Kemungkinan besar, hewan itu akan mundur setelah menyadari bahwa kamu adalah manusia.

2. Bau amis atau pesing di rumah tanpa alasan apa pun

Kalau kamu tidak dapat mendeteksi sumber baunya, kemungkinan itu adalah kabel listrik yang meleleh. Situasi ini dapat menyebabkan kebakaran atau bahkan ledakan. Pilihan terbaik adalah memutuskan aliran listrik sampai penyebabnya ditemukan dengan jelas.

3. Arus pecah

Kalau kamu secara tidak sengaja terperangkap di dalam arus pecah, percuma saja berusaha melawan arus untuk berenang ke pantai—kamu hanya akan membuang energi. Cobalah untuk berenang sejajar dengan pantai sampai kamu keluar dari arus pecah, kemudian berenanglah ke arah pantai.

4. Aspirin saat serangan jantung

Satu pil aspirin saja bisa benar-benar meningkatkan keadaanmu. Orang yang mengalami serangan jantung harus segera berbaring, lalu letakkan sesuatu di bawah kepalanya, atau duduk, kemudian minum aspirin. Agar bekerja lebih cepat, obat ini harus dikunyah halus.

5. Mendiagnosis strok bahang

Gejala strok bahang alias sengatan panas yang paling jelas adalah pusing dan mual, tetapi strok bahang bisa juga muncul karena alasan lain. Untuk mengetahuinya secara pasti, sebaiknya kamu makan yang manis-manis, seperti permen. Jika rasanya tidak enak, berarti kamu mengalami strok bahang. Bagi orang yang memiliki gangguan kardiovaskular, sangat penting untuk menentukan alasannya sesegera mungkin dan mendapatkan bantuan yang tepat.

6. Manuver sederhana yang akan menyadarkan kembali orang yang pingsan

Kalau kamu benar-benar perlu menyadarkan seseorang, kamu harus membaringkannya dan mendorong lututnya ke dada. Ini akan membuat darah mengalir ke otak orang itu dan dia akan bangun. Tetapi pertama-tama, pastikan dia tidak mengalami cedera kaki atau tubuh, jika tidak, situasinya hanya akan bertambah buruk.

7. Bantuan jika tergigit ular berbisa

Tidak seperti miskonsepsi umum, kamu tidak boleh menyedot racun, mengoleskan sesuatu yang dingin, memasang perban, atau membakar luka gigitan ular. Sebelum para ahli kesehatan datang, korban harus banyak minum dan mengonsumsi antihistamin. Area di sekitar gigitan tidak boleh disentuh karena jika tidak, racunnya hanya akan menyebar ke seluruh tubuh lebih cepat.

8. Menyelamatkan orang yang tenggelam

Kalau kamu berhasil menyelamatkan orang yang tenggelam, bukan berarti orang itu sudah keluar dari bahaya. Kamu harus segera membawa korban ke rumah sakit, jika tidak dia bisa meninggal dalam beberapa hari jika ada sisa air di paru-parunya.

9. Cara memecahkan kaca mobil jika terjadi kecelakaan

Kalau kamu terperangkap dalam situasi di mana kamu hanya bisa keluar dari mobil melalui jendela, sementara pintu tidak bisa dibuka, ingatlah bahwa jauh lebih mudah untuk memecahkan jendela dengan memukulnya di bagian tepinya. Omong-omong, jika kamu dapat melepas sandaran kepala dari kursi, kamu bisa menggunakannya untuk memecahkan jendela. Sandaran kepala akan berbeda-beda di jenis mobil yang berbeda pula. Jadi, pastikan kamu tahu cara melepas sandaran kepala di mobilmu.

10. Kebakaran karena botol minum

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi sinar matahari bisa benar-benar menyebabkan kebakaran jika langsung mengenai botol. Dalam hal ini, botol akan berfungsi sebagai lensa dan memusatkan panas di satu tempat. Jadi, sebaiknya jauhkan botol-botol ini dari jendela dan jangan pernah meninggalkannya di dalam mobil.

11. Kamu harus selalu membawa antihistamin ke mana saja

Bisa jadi kamu alergi terhadap sesuatu yang belum pernah kamu rasakan. Dan itu bisa menjadi reaksi alergi yang parah hingga bisa mematikan, kecuali kamu mendapatkan bantuan yang tepat. Ini sangat penting, terutama saat kamu sedang bepergian dan mencoba makanan baru, melihat tanaman baru, dan pergi ke tempat yang benar-benar baru.

12. Air di pantai terlalu jauh dari garis pantai

Saat air tiba-tiba menjauhi pantai, ini adalah tanda tsunami. Jika kamu melihat ini di suatu tempat, kamu harus memperingatkan semua orang di sekitar dan lari.

Sayangnya, pada tahun 2004, orang tidak memperhatikan pertanda ini sebelum tsunami di Samudra Hindia. Hampir seluruh area pantai terekspos dan orang-orang keluar untuk mengumpulkan ikan dan kerang. Anak-anak yang paling antusias. Namun, ada orang-orang di 2 pantai berbeda yang mengetahui fakta ini: seorang gadis berkebangsaan Inggris berusia 10 tahun bernama Tilly Smith dan guru biologi, John Chroston. Mereka berhasil menyelamatkan nyawa banyak orang hari itu.

13. Aturan 3 hal

Kalau kamu pernah mendapati dirimu terjebak dalam situasi kritis, kamu harus mengingat angka-angka yang dapat digunakan untuk menggambarkan kemampuan bertahan hidup rata-rata orang:

  • 3 menit tanpa udara;
  • 3 jam dalam suhu ekstrem;
  • 3 hari tanpa air;
  • 3 minggu tanpa makanan.

Jadi, kalau kamu tidak dapat menentukan prioritas dengan benar, peluangmu untuk bertahan hidup akan berkurang.

Apa kamu pernah menghadapi situasi seperti ini dan apa kamu bereaksi menghadapi situasi ini dengan benar? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah.

Bagikan Artikel Ini