Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

14 Benda Keren yang Bisa Kamu Buat Tanpa Harus ke Toko

Menurut peneliti Bank Dunia, penduduk Bumi menghasilkan 3,5 juta ton sampah padat per harinya. Kalau kita tidak berubah, menurut para ahli, pada akhir abad ini jumlahnya akan mencapai 11 juta ton. Penyebabnya adalah gaya konsumsi kita. Berita baiknya adalah semakin banyak orang dan berbagai perusahaan mulai menyadari besarnya masalah ini dan mencoba untuk mengurangi jumlah limbah mereka. Alih-alih membuang benda-benda yang tidak terpakai begitu saja, mereka memanfaatkannya kembali serta berhenti menggunakan plastik dan benda sekali pakai.

Kami di Sisi Terang terinspirasi oleh pengguna internet yang menunjukkan kalau kita semua bisa berperan dalam menjaga alam ini.

“Istriku mengubah pengaduk bekas dari kawat untuk mixer industri menjadi lampu di dapur kami.”

“Tahun ini aku memutuskan untuk tidak membeli pohon Natal yang harganya Rp 1 juta, melainkan membuatnya sendiri memakai dahan pohon dari halaman belakang rumah.”

“Aku baru saja membuat tas duffle SUPER BESAR menggunakan celana jeans tuaku.”

Orang yang mengambil foto ini datang ke kafe membawa sedotan miliknya sendiri yang digunakan berulang kali.

“Aku menemukan rak buku bekas di tempat sampah. Aku melapisinya dengan cat tak beracun, sedikit tanah, benih tanaman, dan tongkat cat bekas untuk labelnya. Sekarang aku punya taman sayuran di terasku.”

“Aku baru saja selesai membuat kapas wajah yang bisa dipakai ulang, karena terinspirasi oleh seseorang. Bahannya dari piama bekas anak-anakku. Tidak kusangka kalau aku bakal sangat suka menggunakannya!”

“Aku mengganti ’handuk kertas’ dengan handuk katun.”

“Ini tahun kedua, aku membungkus semua kado dengan kain bekas.”

“Aku menyulap tas tangan bekas milikku menjadi sepatu anak balitaku!”

“Kotak kardus bekas perhiasan kumanfaatkan sebagai organizer manik-manik. Aku benar-benar tak ingin beli organizer plastik.”

“Wadah garam dari batok kelapa yang sudah dipakai keluargaku lebih dari 20 tahun”

“Untungnya ibuku menyakinkanku kalau dia bisa mengubah lemari tua bergaya gotik milik nenek jadi perabot yang lebih modern dan fungsional.”

“Ibuku mendapat 2 kaca berwarna ini dari rumah orang tuanya. Terlalu cantik untuk dibuang!”

“Aku suka sekali suvenir seharga Rp 34.000 dari Cadaques, Spanyol ini. Botol air minum kaca Font Vella ini kusimpan saat makan malam waktu liburan. Aku terbang ribuan km pulang ke rumah dengan membawa botol ini, yang kemudian kumanfaatkan jadi dispenser sabun cuci tangan di kamar mandiku.”

Yuk, tunjukan kepada kami benda keren apa yang berhasil kamu daur ulang!

Kredit foto pratinjau MarsNirgal / reddit
Bagikan Artikel Ini