15 Barang Gratis yang Bisa Kamu Ambil dari Hotel

Botol sampo kecil, krim, dan sabun — siapa sih yang tidak suka menyimpan memori perjalanan yang menarik dengan mengambil beberapa barang berguna dari hotel tempat kita menginap? Ternyata ada banyak barang menarik dan berguna yang boleh kamu bawa pulang dari kamar hotelmu, loh. Meski begitu, pastikan dirimu tidak kalap.

Sisi Terang tidak pernah bosan mencari hal-hal yang bisa membawa manfaat bagi kehidupan kita, dan kali ini, kami sudah membuat daftar barang-barang apa saja yang boleh dibawa pulang oleh para tamu hotel. Yang pasti, semuanya sangat berguna!

1. Sabun, sampo, dan kondisioner.

Barang-barang seperti sampo, kondisioner, dan sabun mandi cair di botol kecil, serta sabun tangan batangan adalah barang-barang klasik. Tidak ada salahnya mengantongi barang-barang ini! Ukurannya yang kecil sangat pas bagi wisatawan dan bisa dibawa di tas tanganmu selama penerbangan pulang tanpa terhalang peraturan apa pun. Deodoran juga bisa dimasukkan ke tas tanganmu dan yap, juga bisa diambil secara cuma-cuma.

2. Losion dan krim.

Hotelmu mungkin juga menyediakan losion badan atau krim tangan dalam botol-botol kecil untukmu. Silakan dibawa pulang. Kamu bisa menyimpannya di tas tangan dan memakainya saat kulitmu terasa kering.

3. Pasta gigi, obat kumur, dan sikat gigi.

Meski kamu membawa perlengkapan perawatan mulut sendiri, tidak ada salahnya mengambil pasta gigi atau obat kumur tambahan yang sudah disediakan hotelmu. Sikat gigi yang mereka berikan biasanya juga hadir dalam ukuran kecil, sehingga pasti berguna jika selalu tersedia di tasmu. Kamu bisa menyimpannya untuk tamasya selanjutnya atau sekadar menyimpannya di tas kalau-kalau kamu perlu menyegarkan napas.

4. Pisau cukur dan krim cukur.

Meski kamu membawa pisau cukur listrik sendiri, bukan berarti kamu tidak bisa memanfaatkan pisau cukur gratis sekali pakai yang staf hotel sediakan untukmu. Saat kamu lupa mengisi baterai pisau cukur listrikmu, pisau cukur dari hotel siap membantu kapan saja! Krim cukur juga biasanya disediakan sebagai pendampingnya, jadi, jangan ditinggal, ya.

5. Peralatan jahit.

Perlengkapan jahit yang disediakan hotel adalah penyelamat bagi banyak wisatawan. Peralatan ini biasanya disediakan dalam ukuran yang ringkas, sehingga cocok untuk dibawa di tasmu. Kalau kurang yakin, kamu selalu bisa bertanya kepada staf hotel apakah kamu diizinkan untuk mengambilnya dan biasanya mereka tidak akan keberatan.

6. Perlengkapan semir sepatu.

Ini adalah barang berguna lain yang terkadang bisa ditemukan di kamar hotel dan telah sangat membantu banyak wisatawan. Kalau tidak disediakan sejak awal, kamu bisa memintanya di resepsionis hotel. Kebanyakan hotel akan menyediakan spons semir sepatu, serbet, atau bahkan satu set peralatan lengkap yang bisa bisa disimpan para tamu.

7. Sendok sepatu.

Di beberapa hotel, bahkan sendok sepatu sudah dimasukkan ke tagihan. Sendok sepatu portabel murah ini bebas dibawa oleh para tamu. Selain itu, di beberapa hotel, kamu bisa menukarnya dengan yang baru secara gratis, seandainya yang kamu punya sebelumnya rusak. Kalau di kamarmu tidak tersedia, kamu selalu bisa meminta resepsionis untuk menyediakannya.

8. Sisir dan sikat rambut.

Beberapa hotel juga menaruh sisir dan sikat rambut sekali pakai di kamar untuk para tamu. Setelah kamu pergi, sisir dan sikat rambut bekas akan dibuang. Jadi, kamu dapat memilih untuk menyimpan kedua barang gratis ini untuk diri sendiri dan perjalananmu selanjutnya!

9. Pulpen, pensil, dan amplop.

Hotel pun rela jika kamu mengambil alat tulis atau amplop mereka. Barang-barang ini biasanya diberi logo hotel dan bisa berfungsi sebagai iklan yang bagus. Sementara untukmu, barang-barang ini gratis dan berguna. Jadi, pada akhirnya, semua senang.

10. Kopi, teh, dan gula.

Kamu bisa menemukan bersaset-saset kopi dan teh di hampir semua kamar hotel. Semuanya boleh diambil para tamu tanpa biaya tambahan. Nantinya, kamu bisa menyeduhnya di rumah sambil mengingat pelayanan hotel yang baik.

11. Mug.

Biasanya, kamu tidak boleh membawa pulang peralatan makan dari kamar hotel. Meski begitu, kalau memang ingin sekali, kamu bisa bertanya ke resepsionis apakah kamu boleh menyimpan mug mereka. Biasanya, mereka tidak akan keberatan. Lalu, setelah staf hotel setuju, kamu tidak perlu khawatir akan dicap sebagai pencuri.

12. Air dalam kemasan.

Pastikan dulu kalau air dalam kemasan yang mau kamu bawa bukan berasal dari minibar. Silakan tanya dulu kepada staf hotel, dan kalau bukan, berarti kamu bisa membawanya secara gratis.

13. Jubah mandi.

Di hotel-hotel murah, jubah mandi tidak boleh dibawa pulang. Kalau kamu mencoba mengambilnya, mereka akan memasukkannya ke tagihanmu. Tapi di beberapa hotel mahal, jubah mandi sudah termasuk dalam harga kamarmu. Bahkan, beberapa hotel mungkin menyulam inisial namamu atau logo hotel mereka. Artinya, jubah mandi ini adalah milikmu dan hanya milikmu seorang, sehingga kamu bebas membawanya.

14. Sandal.

Umumnya, sandal yang disediakan hotel bersifat sekali pakai. Kalau kamu meninggalkan sandal yang sudah terpakai di kamar, staf hotel akan membuangnya setelah kamu pergi. Jadi, tidak ada salahnya membawanya pulang. Tapi ini hanya berlaku untuk produk sekali pakai yang harganya murah. Di hotel-hotel mewah, terkadang sandal yang disediakan adalah sandal berharga mahal yang dibersihkan dan disanitasi setelah tamu pergi — dan sandal seperti ini tidak boleh diambil.

15. Payung.

Kamu bisa menemukan payung di meja resepsionis beberapa hotel. Meski begitu, tidak semuanya boleh dibawa tanpa dipungut biaya, kamu bisa bicara dengan resepsionis dan bertanya apakah kamu boleh memilikinya. Terkadang, mereka mengizinkan. Lagi pula, payung juga dibubuhi logo hotel dan bisa berfungsi sebagai iklan yang baik.

Apa kamu sering menginap di hotel? Barang mana saja yang ditawarkan secara cuma-cuma di hotel tempatmu menginap? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau depositphotos.com, depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini