15 Benda Sehari-hari yang Memiliki Fungsi Tersembunyi

Benda yang kita gunakan setiap hari menjadi bagian penting dari rutinitas, sehingga kita jarang memperhatikan fitur-fitur paling sederhananya. Namun, coba perhatikan baik-baik dan kamu mungkin bisa melihat bahwa barang-barang favoritmu dirancang dengan fungsi melebihi yang kamu kira. Sebagai contoh, sikat-sikat kecil di sisi eskalator bukan untuk menyemir sepatumu tapi sebenarnya merupakan fitur keselamatan yang menarik.

Sisi Terang telah menemukan benda sehari-hari dengan fitur tersembunyi yang mungkin tidak kita tahu.

1. Kancing kecil di celana jeans tak pernah benar-benar diperhatikan.

Kancing kecil ini disebut rivet dan diletakkan di bagian celana jeans yang paling mudah robek karena regangan atau gerakan. Sekarang kamu tahu apa yang membuat awet celana jeans-mu.

2. Angka “57” yang timbul di tengah-tengah botol saus tomat Heinz.

Angka ini sudah lama ada di hadapan kita, tapi berdasarkan Heinz, hanya 11% orang tahu bahwa itu tak ada hubungannya dengan label produk. Itu adalah tempat paling bagus untuk ditepuk saat menuangkan saus. Jadi, lain kali saat kamu menggunakan saus botolan, berhenti menepuk bagian bawahnya dan coba tepuk bagian ini.

3. Lekukan di bawah cangkir.

Lekukan kecil di bawah cangkir ini dirancang untuk memudahkannya dicuci di mesin pencuci piring. Saat dibalikkan, lekukan itu memungkinkan air mengalir, bukan menggenang dan menetes ke kakimu saat kamu mengambilnya.

Lekukan itu juga memungkinkan udara mengalir ke bagian bawah cangkir dan mencegahnya pecah saat berisi minuman panas.

4. Lubang di gagang panci atau wajan bukan hanya untuk menggantungnya.

Kebanyakan dari kamu mungkin menggantung panci atau wajan lewat lubang kecil di gagangnya. Namun, ini juga bisa digunakan untuk menaruh sudip saat memasak agar alat masak kamu tidak kotor.

5. Lubang di tutup pulpen tidak ada hubungannya dengan pulpen atau tinta.

Siapa yang tak pernah menggigit pulpen ketika mengantuk saat kuliah? Pantas saja kebanyakan kasus tutup pulpen tertelan terjadi pada anak-anak antara umur 6-15 tahun.

Tutup pulpen memiliki lubang agar udara bisa mengalir untuk mencegah tersedak jika tutup pulpen ini tertelan.

6. Pompom kecil di kupluk bukan hanya agar terlihat lebih menggemaskan.

Gaya ini diperkenalkan kepada pelaut Prancis agar kepala mereka tidak terbentur langit-langit kapal yang terlalu rendah. Selanjutnya, desain ini diadaptasi oleh pasukan tentara dan begitulah pompom itu akhirnya ada di kupluk menggemaskan kita!

7. Lubang kecil di ujung meteran.

Sebagian besar meteran memiliki ujung logam dengan lubang kecil. Lubang ini bisa digantung di paku saat mengukur tanpa membutuhkan bantuan orang lain. Perhatikan baik-baik dan kamu akan melihat bagian ujungnya itu bergerigi di satu sisi. Ini bisa digunakan untuk menandai tanpa menggunakan pensil.

8. Sebagian besar botol obat dengan pengaman untuk anak bisa diubah.

Sebagian besar botol obat plastik memiliki tutup yang aman bagi anak-anak. Namun, tak banyak orang tahu bahwa kamu hanya perlu membalikkannya dan anak-anak bisa membukanya.

Kamu perlu memastikan ini dilakukan hanya saat botol obat dirancang untuk tujuan ini dan kamu yakin tidak ada anak-anak di sekitarmu.

9. Penanda timbul di tombol “F” dan “J” pada keyboard.

Pernah penasaran bagaimana kamu bisa mengetik dengan mudah tanpa melihat keyboard? Berkat penanda timbul di huruf “F” dan “J”, telunjukmu bisa menemukan tombol lain dengan memori otot.

10. Sikat-sikat di sisi eskalator bukan untuk menyemir sepatumu.

Kamu mungkin pernah menggunakan sikat eskalator ini untuk membersihkan sepatumu, tapi sebenarnya sikat ini adalah fitur keselamatan penting. Salah satu penyebab terbesar kecelakaan eskalator adalah pakaian dan tas yang tersangkut di dalam eskalator saat orang berdiri terlalu dekat ke samping.

Bulu nilon ini memainkan pikiranmu dan membuatmu menjauhkan kaki dari panel tepi eskalator, sehingga bisa menghindari kecelakaan.

11. Kamu bisa menggunakan obeng sebagai kunci pas juga.

Banyak obeng bisa dengan mudah masuk ke lubang kunci pas dan digunakan untuk menciptakan torsi lebih besar. Fitur ini sangat membantu pada ketinggian dan sudut yang rumit.

12. Panah di samping lambang tangki bahan bakar pada indikator bahan bakar.

Panah kecil di samping lambang tangki bahan bakar pada indikator bahan bakar menunjukkan ada di sisi mana tangki bahan bakarmu.

Fitur ini sangat berguna saat kamu mengemudikan mobil sewaan.

13. Sayap kecil pada pengisi daya Apple.

Sayap pada pengisi daya laptopmu bisa dibalik untuk melilit kabel agar tidak kusut di tasmu.

14. Titik kecil di samping kamera pada iPhone bukan flash.

Titik kecil ini bukan flash, melainkan mikrofon untuk merekam saat kamu menggunakan kamera belakang.

15. Kebanyakan gembok memiliki lubang kecil di samping lubang kunci.

Lubang kecil ini membantu mengeluarkan air dari kunci saat digunakan di luar ruangan agar tidak menyumbat dan membuatnya berkarat. Lubang ini juga digunakan untuk melumasi engsel kunci.

Menurutmu, apakah fitur-fitur tersembunyi ini berguna? Beri tahu kami di kolom komentar!

Kredit foto pratinjau unknown / reddit, unknown / reddit
Bagikan Artikel Ini