Sisi Terang
Sisi Terang

15 Hal Lazim yang Biasanya Jarang Mengundang Pertanyaan di Benak Kita

Kita mendapati banyak hal dalam kehidupan sehari-hari tanpa benar-benar menganggapnya penting. Misalnya, keberadaan lubang di tutup pulpen ternyata berguna untuk menghindari insiden ketika tersedak. Hal-hal biasa di sekitar kita sering kali memiliki penjelasan ilmiah di baliknya, meskipun tidak semenarik meluncurkan roket ke angkasa luar, sih.

Sisi Terang menggali beberapa fakta mengejutkan tentang hal-hal yang kita temui setiap hari, hanya untuk membekali pikiranmu dengan dosis pengetahuan yang sudah seharusnya kamu dapatkan.

1. Sebagian manusia mampu mencium bau badai.

Sebagian dari kita ternyata mampu merasakan bau selepas hujan dengan lebih baik. Sains mengungkapkan alasannya terletak pada kemampuan manusia dalam mencium petrikor, aroma yang dikeluarkan saat hujan turun di tanah yang kering. Hidung manusia bisa mencium salah satu komponennya, yang disebut geosmin, pada 5-10 bagian per triliun, atau setara setetes air di kolam ukuran Olimpiade yang dipenuhi air.

Alasan lain bisa juga karena campuran minyak yang diproduksi oleh beberapa tanaman yang melindungi diri selama musim kemarau. Ditambah lagi, muatan listrik di udara sering memaksa molekul oksigen untuk berubah menjadi ozon. Alhasil, sebagian dari kita mampu mencium baunya.

2. Ayam jago memiliki penyumbat telinga bawaan.

Ayam jago mampu berkokok pada intensitas suara 100 desibel atau bahkan lebih keras. Bunyi ini setara dengan suara gergaji mesin, tetapi sama sekali tidak membuat si ayam tuli. Pasalnya, separuh gendang telinga unggas tersebut ditutupi oleh jaringan lunak untuk meredam suara yang masuk. Ketika ayam jantan memiringkan kepalanya ke belakang untuk berkokok, bagian lain dari jaringan lunak tersebut menutupi saluran telinga dengan sempurna layaknya penyumbat telinga otomatis.

3. Pemanggang roti diciptakan sebelum adanya roti iris.

Pemanggang roti listrik pertama diciptakan oleh Alan MacMasters dari Skotlandia pada tahun 1893 yang dinamakan Eclipse Toaster. Pemanggang roti tersebut hanya bisa memanggang satu sisi roti dan harus dibalik secara manual. Perusahaan General Electric meluncurkan pemanggang roti listrik pertamanya pada tahun 1909. Sementara itu, roti iris yang biasanya kamu panggang baru bisa dinikmati belasan tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1928 yang diciptakan oleh Otto Frederick Rohwedder.

4. Webcam pertama di dunia dipakai untuk mengawasi kopi.

Ketika para ilmuwan di bidang ilmu komputer dari University of Cambridge mulai membuat terobosan di dunia komputer, mereka membutuhkan kopi dalam jumlah besar untuk melakukan misi tersebut. Hanya saja, percolator (cerek penyeduh kopi) mereka berada di ruangan lain dan ketika mereka pergi untuk mengisi cangkir mereka, ternyata cereknya malah kosong. Alhasil, pada tahun 1993, mereka memasang kamera dan menulis beberapa baris kode pemrograman, menghasilkan webcam pertama yang merekam alat pembuat kopi.

5. Segumpal pasta gigi memiliki nama.

Gumpalan pasta gigi bergelombang yang kamu pencet ke sikat gigi ternyata memiliki nama. Ia disebut nurdle dan, tampaknya, Colgate dan Glaxo Smithkline sempat berurusan dengan pengadilan karena perselisihan dalam penggunaan nama tersebut.

6. Nasi merupakan salah satu makanan tertua yang kita makan hingga sekarang.

Nasi bisa jadi adalah salah satu makanan tertua yang kita makan sampai hari ini, dengan tanda-tanda awal budidaya terbukti berasal dari tahun 11.500 SM di Cina. Jenis beras dan pertanian yang meliputinya mungkin telah dimodernisasi, tetapi santapan yang mendasar seperti puding beras bahkan sudah ada sejak tahun 6.000 SM, meskipun menurut resep yang tercatat berasal dari Eropa di abad ke-14.

7. Bubble Wrap seharusnya menjadi wallpaper.

Pada tahun 1957, Al Fielding dan Marc Chavannes mencoba membuat wallpaper bertekstur dengan menyegel dua tirai kamar mandi hingga menyatu, dengan cara menjebak gelembung udara di dalamnya. Sayangnya, tidak ada satu orang pun yang mau memasangnya di dinding mereka, sehingga Al dan Marc mencoba menggunakan benda tersebut menjadi insulasi rumah kaca. Usaha itu juga berakhir dengan kegagalan, hingga akhirnya IBM mulai menggunakan Bubble Wrap yang dibuat oleh perusahaan Sealed Air untuk membungkus komponen komputer mereka, menjadikan benda itu dikenal seperti sekarang.

8. Kulkas menjadi aman berkat Albert Einstein.

Pada tahun 1926, Albert Einstein dan mantan muridnya Leo Szilard merancang kulkas yang tidak memerlukan bagian yang bergerak. Dia terinspirasi untuk membuat kulkas yang aman setelah sebuah kecelakaan yang disebabkan oleh bocornya zat pendingin beracun, seperti amonia, metil klorida, dan belerang dioksida. Konon, seiring berkembangnya teknologi kulkas, desain Einstein pun mulai terlupakan.

9. Orang-orang menghabiskan 6 bulan dari hidup mereka menunggu di lampu lalu lintas.

Setiap momen dalam hidup itu berharga. Namun, karena kebutuhan manusia akan tidur, kita menghabiskan sepertiga dari hidup kita di tempat tidur. Lebih parahnya lagi, kita juga menghabiskan lebih dari 6 bulan hidup kita di lampu lalu lintas, menunggu lampu merah berubah menjadi hijau.

10. Keyboard QWERTY tidak dirancang untuk mengetik lambat.

Orang-orang percaya bahwa tata letak keyboard QWERTY muncul untuk memperlambat pengetikan di mesin tik untuk mengindari macetnya mesin tik. Mesin tik Remington membuat tata letak ini menjadi populer, dan perusahaan ini juga membuat pelatihan dengan biaya tertentu demi meraup keuntungan. Akan tetapi, sebenarnya tata letak ini berasal dari kode Morse dan masukan dari para telegrafer yang menerjemahkan pesan.

11. Permen kapas diciptakan oleh seorang dokter gigi.

Ironisnya, orang yang pertama kali menciptakan permen kapas adalah seorang dokter gigi. Dokter gigi William Morrison membuat permen kapas pertama pada tahun 1897, bersama dengan pembuat manisan, John C. Warton. Mereka menjual kotak pertama permen ini pada tahun 1904 seharga 25 sen (setara Rp3.700) per pak dan menyebutnya benang peri.

12. Tanggal kedaluwarsa botol air ada untuk menandai plastiknya.

Tanggal kedaluwarsa pada botol air minum plastik tidak dimaksudkan untuk airnya, melainkan untuk plastiknya, mengingat air tidak bisa kedaluwarsa. Setelah kedaluwarsa, plastik bisa larut ke dalam air yang membuat rasanya berubah meskipun tidak beracun. Selain itu, semua botol air diproduksi di pabrik yang sama dengan botol plastik lain yang menampung cola atau soda, jadi lebih mudah melabeli semua botolnya.

13. Sepatu hak tinggi awalnya diciptakan untuk pria.

Sepatu hak tinggi pertama kali dibuat untuk pria. Tentara Persia di abad ke-10 memakainya untuk ketinggian dan stabilitas selama memanah. Kemudian, bangsawan Eropa mengadopsi sepatu ini sebagai mode sekaligus taktik militer untuk tampak lebih tinggi. Louis XIV terkenal sebagai raja sepatu hak. Kala itu, makin tinggi dan merah tumitnya, makin baik pula posisimu.

14. Kartu remi memiliki hal bersejarah di baliknya.

Kartu remi lebih dari sekadar permainan. Kartu remi menjadi berarti karena masing-masing Raja dalam kartu mewakili karakter sejarah. Raja Sekop bernama David, Raja Israel, sedangkan Raja Keriting adalah Alexander Agung. Raja Hati bernama Charlemagne, Raja Prancis, dan Raja Berlian atau Wajik adalah Kaisar Romawi Caesar Augustus, atau ayahnya, Julius Caesar.

15. Ranjang yang tidak menempel dengan lantai dapat menghilangkan panas.

Ada dua alasan tempat tidur dibuat menggantung dari lantai dengan beberapa kaki. Salah satunya karena kasur yang berada di lantai memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilewati hewan melata yang menyeramkan, dan tempat tidur yang lebih tinggi melindungimu dari serangga maupun hewan pengerat. Kedua, tempat tidur yang menempel dengan lantai akan sulit menjaga kehangatan selama musim dingin. Jadi, alasan lain tempat tidur dibuat lebih tinggi adalah untuk membuatmu merasa lebih hangat.

Apakah kamu tahu fakta menarik tentang hal-hal biasa yang jarang terlintas di pikiran orang? Manakah dari fakta-fakta ini yang mengejutkanmu?

Sisi Terang/Fakta Menarik/15 Hal Lazim yang Biasanya Jarang Mengundang Pertanyaan di Benak Kita
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya