Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

15+ Objek yang Banyak Berubah Seiring Waktu, Hingga Kita Tak Tahu Lagi Kegunaannya

Di saat para wanita modern protes tentang saku yang terlalu kecil, mereka bisa tenang mengetahui fakta bahwa di masa lalu, saku tidak dibuat menyatu dengan pakaian wanita. Misalnya, di abad ke-18, saku dijahit terpisah dan tampak seperti dompet kecil yang diikat ke rok atau di balik rok. Banyak objek lain dari masa lalu yang juga tampak sangat berbeda dari versi modernnya.

Sisi Terang mengumpulkan benda-benda yang kita gunakan hampir setiap hari, namun berubah drastis seiring waktu.

1. Kacamata

Kacamata paling kuno di dunia ternyata bukan dimaksudkan untuk menunjang penglihatanmu. Benda yang disebut “kacamata salju” ini diciptakan oleh suku pribumi Inuit dan Yupik untuk melindungi mata mereka dari salju. Kacamata ini dibuat dengan memberi celah kecil untuk mata pada tulang, kayu, atau material lainnya.

2. Penutup tas

Ini tidak sama dengan ritsleting seperti yang kita punya sekarang, namun tetap merupakan pengencang untuk dompet atau tas tangan kecil. Benda ini terdiri dari bingkai yang dapat dilebarkan dan lubang, melebar ketika kamu membuka dompetmu dan menciut saat kamu menutupnya.

3. Penggiling (burr grinder)

Coba bayangkan ada pisau blender di dalamnya dan gagang di bagian atas burr grinder ini. Kamu akan mendapatkan penggiling modern yang sempurna untuk kopi atau lada.

4. Wadah kartu nama

Inilah tampilan wadah kartu nama di masa lalu. Secarik kertas diletakkan di antara dua kayu berbentuk tabung tersebut, yang berlaku sebagai pemberat agar kartu tetap di tempatnya.

5. Pemadam api

Benda ini jauh lebih berbahaya daripada pemadam modern. Tabung berbahan kacanya berisi gas pemadam, dan dimaksudkan untuk dilemparkan ke dalam kobaran api untuk memadamkannya. Namun, asap yang dilepaskan sangatlah beracun bagi manusia.

6. Mikrocip komputer

Bahkan benda modern seperti bagian komputer berubah drastis seiring waktu. Ini adalah cip data 8 bit, yang berfungsi sebagai memori komputer.

7. Patri

Bagian ujung yang dipegang dengan tangan sebenarnya bagian kepala patri dan biasanya terbuat dari tembaga. Ujung lainnya biasanya memiliki pegangan berbahan kayu. Model lama mengalirkan panas lebih tinggi dibandingkan yang modern.

8. Proyektor

Kotak abu-abu ini dilengkapi lensa kaca dan kabel listrik di dalamnya. Ini adalah proyektor model lama dengan slide yang diletakkan di depan lampu di antara braket. Kombinasi lensa dan sumber cahaya digunakan untuk memperbesar gambar pada slide kaca dan memancarkannya ke dinding atau layar.

9. Wadah penghemat sabun

Potongan kecil sabun dimasukkan ke wadah dan dikocok di dalam air panas yang mengalir ketika mencuci piring dengan tangan. Wadah penghemat sabun ini dimasukkan ke air cuci agar menghasilkan buih. Cocok untuk mencuci piring, mencuci pakaian dalam, atau bahkan berendam.

10. Pengaduk mentega

Alat pengaduk mentega kayu tua ini membantu mengubah krim mentah menjadi mentega. Listrik dan mesin membuat benda ini tidak diperlukan lagi, tapi alat ini masih dipakai di wilayah pedesaan yang terpencil. Alat ini dipasangkan dengan dinding dan penyangga besi.

11. Kalender

Ini adalah kalender Himalaya kuno, yang memiliki cara kerja sendiri. Cincin yang paling besar dengan 12 biji adalah bulan, setelahnya adalah hari dalam sebulan (3 dan 9 biji), dan empat terakhir adalah tahun dalam empat digit.

12. Penyangga daging

Ini adalah pemanggang atau penyangga daging yang dipasangkan ke talenan. Talenannya sendiri memiliki paku untuk menjaga daging tetap di tempatnya dari bawah, sementara ujung-ujung runcing logamnya menahan dari atas.

13. Asuransi kebakaran

Simbol kebakaran dipasang di dekat pintu depan rumah untuk menunjukkan bahwa kamu sudah membayar asuransi kebakaran. Dengan begitu, pemadam kebakaran (perusahaan asuransi kebakaran pertama) akan memadamkan api yang berkobar di rumahmu.

14. Penyangga telepon

Pada penyangga telepon seperti ini, telepon putar diletakkan di atas permukaan yang datar. Rongga terbuka di bawahnya dipakai untuk meletakkan buku telepon dan gagang di atasnya dipakai untuk memindahkannya, agar saat ingin mengobrol panjang dengan lawan bicaramu, kamu bisa membawanya ke samping sofa favoritmu.

15. Tas wanita

Cermin, model tutup yang berbahan logam, dan tas berbahan kainnya, menandakan bahwa ini tas reticule, yaitu tas tangan kecil berantai yang populer pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Penutupnya berada di bagian atas, disertai cermin kecil di baliknya karena tentunya tas ini tidak muat untuk wadah cermin.

16. Saringan rempah

Penyaring teh besar ini sebenarnya adalah saringan bola rempah. Masukkan rempah dan herba, lalu letakkan di dalam panci untuk memasak tanpa menyisakan ampas. Alat ini juga bisa digunakan untuk membuat kaldu sup, memanaskan minuman, atau memasak seporsi kecil nasi dan sayuran.

Bonus: Sepatu ski koboi

Kita pasti sudah tahu cara memakainya, tapi membayangkan koboi bermain ski tetaplah seru.

Benda apa yang ada di rumahmu, tapi tidak lagi dijual di toko?

Bagikan Artikel Ini